18:00 . Disdik Ajak Seluruh Satuan Pendidikan Mengembangkan E-Library   |   17:00 . Pengurus AMSI Jatim Periode 2020-2023 Dilantik   |   16:00 . Satgas Covid-19 Minta Pemda Segera Tindaklanjuti Inmendagri Terbaru   |   15:00 . Berbekal KIS BPJS Kesehatan, Melahirkan Jadi Mudah   |   14:00 . Peringati Hari Kartini, Bupati Hingga OPD Wanita Tampil Cantik Berkebaya dan Bermasker   |   13:00 . Pemprov Jatim Beri Diskon Pengurangan Pokok PKB Hingga Undian Berhadiah   |   12:00 . Bupati Ajak Perempuan Berkontribusi Dalam Pembangunan Negeri   |   11:00 . Pemda Harus Optimalkan Peran Posko Agar Kualitas Penanganan Semakin Meningkat   |   10:00 . Berbagai Kebijakan Terkait Ramadan dan Idul Fitri Tahun ini Demi Mencapai Hasil Signifikan   |   09:00 . 6 Situs Film Online Gratis, Gantinya IndoXXI, Rebahin Hingga Lk21   |   08:00 . 40 Kata-Kata Selamat Hari Kartini Buat Status WA dan IG   |   07:00 . Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Ini 4 Langkah yang Bisa Dicoba   |   21:00 . Jumlah Penerima BPNT Turun, Minggu Ini Dicairkan   |   19:00 . PAC Fatayat Temayang Peringati Harlah dengan Bagi Takjil   |   18:00 . Armand Maulana, Cak Lontong, dan Nia Dinata Sambut Baik Vaksinasi Pekerja Seni dan Kreatif   |  
Wed, 21 April 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Musim Tanam Penjualan 'Wineh' Padi Laris

blokbojonegoro.com | Saturday, 27 March 2021 11:00

Musim Tanam Penjualan 'Wineh' Padi Laris

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Musim tanam tiba penjualan bibit padi (wineh) ramai di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Bojonegoro, pasalnya harga bibit padi siap tanam masih terbilang cukup stabil dan tidak mengalami lonjakan signifikan.

M. Yazid pemilik usaha pembibitan padi (wineh) asal Desa Sumodikaran, Kecamatan Dander mengatakan, penjualan bibit padi saat musim tanam terbilang cukup ramai.

Dari pantauan blokBojonegoro.com di lokasi pembibitan wineh, setiap pagi beberapa truk dari dalam Bojonegoro maupun luar hilir mudik bergantian untuk mengangkut bibit wineh siap tanam.

Pasalnya, bibit padi menjadi pilihan petani karena lebih praktis dan cepat saat memulai musim tanam. Disamping waktu tidak terbuang untuk pembenihan, harga bibit juga cukup terjangkau.

"Selama musim tanam penjualan wineh padi kelarisan, selain praktis juga terjangkau harganya,"ungkap M. Yazid.

Penjualan bibit wineh yang telah ia lakoni selama sepuluh tahun terakhir merupakan hasil persemaian sendiri, dengan memanfaatkan lahan persawahan seluas 2 hektar yang berada di sepanjang Desa Sumodikaran.

Pembenihan wineh menuju masa panen membutuhkan waktu sekitar umur 25 hingga 30 hari, dengan tinggi bibit 45 hingga 75 centimeter siap dipanen.

"Luas area persawahan 2 hektar saya manfaatkan untuk pembenihan bibit, waktunya juga cukup singkat 25 hari siap panen," imbuh pria asal Desa Sumodikaran.

Setiap harinya, ia mampu melayani para petani yang membawa hingga ribuan bibit wineh siap tanam, baik di sekitar wilayah Bojonegoro maupun luar Bojonegoro. Dengan harga jual relatif murah, yakni per ikat Rp4.000 dan per lajur seharga Rp300.000.

"Kalau beli lebih dari 100 ikat saya kasih bonus 10 ikat bibit wineh," ucapnya.

Terkait penjualan bibit wineh sendiri, ia memanfaatkan sosial media sebagai ajang promosi atau penjualan dan sebagian telah berlangganan. Nyatanya hasil dari penjualan bibit wineh selain praktis ternyata omzet yang diperoleh setiap bulannya cukup lumayan hingga puluhan juta rupiah.

"Penjualan saya manfaat sosial media dan sebagian memang sudah berlangganan. selain praktis, omzetnya juga menggiurkan dalam sebulan," pungkasnya. [liz/mu]

Tag : Wineh, bibit padi, petani, padi


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat