16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Latih Kecerdasan Emosional dan Sosial Anak, Yuk Ajarkan Empati Sejak Dini

blokbojonegoro.com | Tuesday, 30 March 2021 07:00

Latih Kecerdasan Emosional dan Sosial Anak, Yuk Ajarkan Empati Sejak Dini

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Selain kecerdasan intelektual, anak perlu juga memiliki kecerdasan emosional dan sosial.

Psikolog mengatakan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengajarkan empati.

Menurut Psikolog Anak Fathya Artha Utami, MPsi. aktivitas sederhana namun berdampak besar tersebut, akan berkontribusi terhadap perkembangan sosial emosional anak.

"Melatih empati adalah proses panjang untuk membesarkan anak yang memiliki kebaikan hati. Meski begitu, ada cara-cara sederhana yang dapat orang tua lakukan dalam keseharian. Misalnya mengajak anak untuk bersyukur, bercerita tentang pentingnya membantu sesama, serta mengekspresikan kepedulian mereka terhadap orang lain maupun lingkungan," ujarnya, dalam konferensi pers virual Bebelac #AnakHebatBerbagi.

Salah satu aktris yang juga seorang Ibu, Syahnaz Sadiqah, juga memiliki perhatian besar terhadap perkembangan sosial emosional anak.

"Sebagai orang tua, aku ingin sekali Zayn dan Zunaira bisa tumbuh menyeluruh, bukan cuma pintar, berani, tetapi juga punya kebaikan hati. Aku sadar aku perlu memberi contoh baik dan juga melibatkan mereka dalam kegiatan yang edukatif tetapi tetap menarik. Karena itu, kegiatan seperti #AnakHebatBerbagi ini bisa jadi wadah yang baik banget menurutku. Aku bisa berdonasi, melibatkan Zayn dan Zunay untuk kasih pesan kebaikan, dan bonusnya bisa ikutan mencukupi kebutuhan gizi anak yatim piatu di bulan Ramadan ini. Semoga banyak orang tua lain yang tergerak untuk berpartisipasi di kegiatan #AnakHebatBerbagi,” ungkap Syahnaz.

Salah satu permasalahan sosial yang dapat menjadi area anak untuk belajar berbuat kebaikan adalah tingginya tantangan ekonomi yang dihadapi penduduk Indonesia. Data gabungan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2017 menunjukkan bahwa 1 dari 4 anak-anak di Indonesia dengan anggota keluarga lebih dari 7 orang menghadapi tantangan ekonomi.

Secara lebih umum, di 2020 BPS juga melaporkan bahwa jumlah penduduk yang menghadapi tantangan ekonomi meningkat cukup signifikan di masa pandemi yaitu 10,19 persen dari total penduduk di Indonesia. Angka ini masih melampaui level yang diharapkan oleh pemerintah Indonesia yaitu di bawah 10 persen dari total penduduk.

"Dari jumlah anak-anak yang menghadapi tantangan ekonomi tersebut, anak yatim di panti asuhan mengalami kondisi yang paling mengkhawatirkan. Oleh karena itu, dalam nuansa bulan Ramadan, kami mencoba memberi wadah bagi orang tua untuk berdonasi dan mengajak anak hebat mereka untuk menyebarkan kebaikan bersama kami. Dengan semakin banyak orang tua dan anak-anak yang terlibat dalam tujuan sosial ini, kami berharap lebih banyak anak Indonesia yang tercukupi kebutuhan nutrisinya dan bisa merayakan Idul Fitri dengan sehat dan ceria," ujar VP Marketing SN Indonesia Sri Widowati.

Kegiatan #AnakHebatBerbagi merupakan bagian dari kampanye Bebelac Tunjukkan Hebatmu. Melalui kampanye jangka panjang ini, Bebelac bertujuan memberi wadah bagi orang tua dalam membesarkan anak yang tidak hanya pintar, tetapi juga memiliki empati dan kebaikan hati.

Kampanye ini meliputi kegiatan untuk orang tua dan anak, talk show edukatif bersama para pakar, serta konten inspiratif yang bisa orang tua akses di bit.ly/TunjukkanHebatmu, akun Facebook, dan Instagram resmi Bebelac.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan, anak, sosial anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat