Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mulai 1 April DP3AKB Akan Lakukan Pendataan Keluarga

blokbojonegoro.com | Friday, 02 April 2021 08:00

Mulai 1 April DP3AKB Akan Lakukan Pendataan Keluarga

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak Keluarga Berencana (DP3AKB) Bojonegoro akan memulai program pendataan keluarga (PK) per 1 April hingga 31 Mei 2021.

Hasil dari pendataan yang dimulai per 1 April tersebut nantinya akan dijadikan dasar untuk rencana tindaklanjut program strategis pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (KB) serta program strategis lainnya.

"Pendataan yang dimulai per 1 April ini akan jadi dasar terhadap tindaklanjut program pembangunan keluarga berencana," ungkap Kadis DP3AK Bojonegoro, Anik Yuliarsih.

Pelaksanaan pendataan dilakukan dengan cara mengunjungi setiap keluarga melalui metode wawancara dan observasi oleh kader dibawah koordinasi Penyuluh Keluarga Berencana dan perangkat desa/kelurahan, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam pencegahan penularan Covid-19.

Dari data tersebut nantinya dihasilkan PK 21 yakni data demografi jumlah penduduk, jenis kelamin, data Keluarga Berencana Peserta KB, potensi pasangan usia subur, serta jumlah anak per keluarga.

Hingga data pembangunan keluarga tentang kualitas keluarga, yang terdiri dari 8 aspek baik itu fungsi keluarga untuk dijadikan dasar dalam menghitung indeks pembangunan keluarga dan data potensi kasus stunting hingga ibu hamil.

"Pendataan ini para kader akan mengunjungi masing-masing KK," imbuhnya.

Di hari pertama pendataan PK 21 yang berlangsung di seluruh Indonesia telah diawali dengan mendata Kepala Daerah, pejabat pemerintah, ketua DPRD hingga pimpinan pondok pesantren.

Terkait pendataan tersebut, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk mempersiapkan jawaban dari pertanyaan yang telah diajukan oleh petugas, dan mempersiapkan kartu keluarga (KK).

"Hari pertama telah diawali oleh Kepala Daerah dan Pejabat Pemerintah, kami menghimbau kepada masyarakat untuk mempersiapkan KK dan jawaban dari pertanyaan yang diajukan petugas," pungkasnya. [liz/mu]

Tag : keluarga berencana, keluarga, kk, pendataan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini