16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kolaborasi Bersama 1.018 Komunitas, Deklarasikan Program TAGANA KITA

blokbojonegoro.com | Thursday, 06 May 2021 14:00

Kolaborasi Bersama 1.018  Komunitas, Deklarasikan Program TAGANA KITA

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Kolaborasi komunitas yang tergabung dalam Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) Senin (3/5/2021) mendeklarasikan program Tanggap Bencana (TAGANA) KITA. Deklarasi diikuti 1.018 komunitas dari berbagai latar belakang dan profesi melalui zoom meeting di 64 kota dan daerah di wilayah Indonesia Timur. Tiga gabungan komunitas besar seperti Bold Riders, SuperFriends dan Heppiii Community menjadi bagian utama dari program TAGANA KITA.

Edward Rustanto, salah satu penggagas lahirnya TAGANA KITA menjelaskan, program TAGANA KITA merupakan langkah lanjutan dari berbagai program sosial yang telah dilakukan dengan melibatkan kolaborasi seribuan komunitas di berbagai kota/kabupaten di Indonesia Timur. Solidaritas dan jiwa kemanusiaan dari para komunitas ini merupakan energi positif yang diharapkan dapat menjadi penggerak bagi program-program TAGANA KITA ke depan.

"Kami menyampaikan apresiasi tinggi terhadap seluruh komunitas yang selalu mengambil inisiatif dalam berbagai aksi kemanusian. Lahirnya program TAGANA KITA ini juga didorong oleh jiwa-jiwa solidaritas dan totalitas dari para komunitas yang bergerak nyata dalam setiap peristiwa bencana. Terima kasih
untuk jiwa sosial dan kemanusiaan teman-teman komunitas semua," jelas Edward dalam acara Deklarasi TAGANA KITA melalui daring di Surabaya.

Bapak Komunitas Indonesia, Suharto menyampaikan dukungannya atas lahirnya program TAGANA KITA. Kegiatan ini semakin menunjukkan pentingnya kehadiran komunitas dalam kehidupan bermasyarakat.

Apalagi banyak kegiatan komunitas yang melibatkan kolaborasi komunitas Indonesia Timur mampu meringankan beban masyarakat.

"Masih teringat akhir tahun lalu, kita buat program donor darah yang melibatkan ratusan komunitas dan berhasil mengumpulkan ribuan kantong darah untuk PMI. Saya bangga bahwa KITA selalu berada di depan dalam banyak kegiatan kemanusiaan. Selamat dan sukses untuk TAGANA KITA," kata Suharto.

Bayu Surya Pamugar Sugeng, CEO PT Inspirasi Indonesia Maju (Inspire), salah satu inisiator TAGANA KITA mengatakan, ada tiga program utama yang menjadi fokus dari TAGANA KITA. Pertama adalah KITA Peduli. Di mana komunitas di dorong membangun kepedulian jika ada peristiwa bencana. Misalnya melalui pengiriman relawan ke lokasi bencana atau penggalangan dana kemanusiaan dan lainnya.

Fokus kedua kata dia adalah, KITA Berbagi. Program ini adalah salah satu cara komunitas di berbagai daerah di Indonesia Timur untuk dapat berbagi dengan memberikan donasi ataupun bantuan lainnya ke lokasi bencana. Ketiga, KITA Bangkit. Program ini lebih fokus pada aktivitas recovery di daerah bencana.

Seperti bantuan psikiater bagi anak-anak korban bencana, hingga kegiatan lain yang mendorong korban bencana dapat menjalani kehidupannya normal kembali.

"Tiga program kegiatan itu sesungguhnya sudah biasa dilakukan oleh rekan-rekan komunitas. Dengan TAGANA KITA kami berharap kegiatan itu akan membawa dampak yang lebih luas karena melibatkan
lebih banyak komunitas di banyak daerah," kata Bayu.

Pangarso Suryotomo dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyambut positif hadirnya program TAGANA KITA. Program berbasis komunitas di Indonesia Timur ini dapat menjadi contoh peran penting masyarakat dalam menanggulangi kebencanaan di Indonesia. "Secara geografis Indonesia ini rawan bencana. Dengan semakih banyak yang terlibat untuk membantu, berarti kita semakin kuat. Selamat TAGANA KITA," ujarnya saat menjadi pembicara dalam Deklarasi TAGANA KITA.

Eko Fuji Rahman dari komunitas motor Vixion Independent Bali (VIB) mengatakan selama ini berbagai komunitas anak motor yang tergabung dalam Bold Riders Bali selalu bergerak ketika ada bencana.
Terbaru saat ada bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT) kolaborasi Bold Riders menggelar donasi dalam dua gelombang. Pertama mengumpulkan sembako, obat-obatan, dan pakaian layak pakai. Kedua, menggalang donasi.

“Kami menyambut positif dan mendukung hadirnya program TAGANA KITA. Harapan kami dengan berkolaborasi kita akan lebih kuat dan cepat dalam membantu sesama yang terkena bencana,” urainya.

Ahmad Sholikhin dari Bold Riders Banjarmasin mengatakan contoh aksi nyata yang dilakukan Bold Riders Banjarmasin adalah saat terjadi bencana banjir di Kalimantan Selatan Januari lalu. “Saat itu, kami menggalang donasi dan mendapat dukungan juga dari Bold Riders Jayapura, Tulungagung, serta Pangkalan Bun. Semoga dengan lahirnya TAGANA KITA, kolaborasi antar komunitas di Indonesia Timur semakin kuat,” harapnya.

“Kita semua tentu tidak berharap adanya bencana. Tapi kenyataannya, negara kita ini memang rawan bencana. Kami sangat siap berkolaborasi dengan berbagai komunitas di Indonesia Timur yang tergabung dalam TAGANA KITA,” ujar Muhamad Faqih, Ketua Karang Taruna (Karta) Brumbungan Lor Probolinggo.

Akbar Gobel dari Bold Riders Manado menegaskan TAGANA KITA bisa menjadi payung bersama dari komunitas di Indonesia Timur saat terjadi bencana. “Bold Riders Manado bangga menjadi
bagian dari TAGANA KITA. Kami siap untuk berkolaborasi dengan rekan-rekan komunitas di Indonesia Timur dalam setiap aksi kemanusiaan,” tegasnya.

Tag : deklarasi, tagana, kita, komunitas, kolaborasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat