18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |   22:00 . Kolaborasi Pemkab dan Media, Membangun City Branding Kabupaten Bojonegoro   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ladu, Jajanan Tempo Dulu Saat Lebaran di Kanor

blokbojonegoro.com | Monday, 17 May 2021 14:00

Ladu, Jajanan Tempo Dulu Saat Lebaran di Kanor

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Seiring berkembangnya zaman, keberadaan Ladu semakin jarang kita temui. Jajan jadul khas Jawa Timur ini memang tak banyak diketahui oleh masyarakat sekarang atau biasa disebut kaum milenial.

Pada zaman dulu, jajanan yang terbuat dari bahan beras ketan tersebut sempat eksis menjadi primadona. Khususnya menjelang datangnya bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, hampir setiap meja terdapat jajan Ladu yang ditaruh dalam toples kaca.

Di Kabupaten Bojonegoro sendiri keberadaan Ladu sudah nyaris tenggelam. Hanya beberapa wilayah Kecamatan saja yang masih lestari, salah satunya Kecamatan Kanor.

Maryam (71) mungkin satu-satunya warga di Kecamatan Kanor yang masih mempertahankan produksi Ladu buatan tangannya sejak 51 silam.

Wanita paruh baya yang tinggal di Desa Cangaan itu menceritakan, awal mula dirinya lihai membuat jajanan jadul ladu didapat dari almarhum bibinya.

Menurutnya, resep pembuatan Ladu ia juga dapat secara turun-temurun. Baik bahan baku maupun teknik pembuatan tidak banyak yang diubah.

"Bahan bakunya hanya terbuat dari beras ketan dan gula. Meski sederhana, namun membutuhkan waktu yang cukup lama," kata Maryam.

Tidak hanya saat momen menjelang Lebaran saja, Maryam juga memproduksi Ladu di hari-hari biasa, karena Ladu buatannya sudah banyak memiliki pelanggan yang tetap.

Pada saat hari-hari biasa, dirinya memproduksi Ladu sebanyak enam kilogram. Namun saat Ramdhan, dirinya dapat memproduksi sebanyak sepuluh kilogram, bahkan bisa lebih.

Sementara untuk pemasaran Ladu, Maryam mengaku tidak pernah berkeliling pasar atau toko-toko untuk menjualnya. Ia hanya cukup memproduksi di rumah sedangkan pembeli atau langganannya sudah datang menghampiri.

"Karena sudah punya pelanggan tetap sejak dulu, jadi tidak perlu keliling memasarkan," imbuhnya.

Kini Ladu buatannya tidak hanya terpasarkan di dalam kota saja, namun ada yang sudah mencapai luar daerah, bahkan ada juga yang sampai luar pulau. [lin/ito]

Tag : ladu, khas, bojonegoro, lebaran, kanor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat