Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kemenag Bojonegoro Gelar Bimtek untuk KUA

blokbojonegoro.com | Tuesday, 15 June 2021 12:00

Kemenag Bojonegoro Gelar Bimtek untuk KUA

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro melalui Seksi Bimas Islam menggelar bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan mutu layanan Kantor Urusan Agama (KUA), Selasa (15/6/2021).

Hadir narasumber dari Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Kepala Seksi Pemberdayaan Kantor Urusan Agama Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, H. Farmadi.

H. Farmadi menyampaikan, Bimtek ini dilakukan untuk meningkatkan mutu kualitas layanan KUA sebagai upaya dalam meningkatkan peran, kinerja, layanan dan instansi KUA terhadap masyarakat.

Dalam Undang-Undang No. 25 Tahun 2019 dan 2009 menerangkan, bahwa pemerintah telah mengamanatkan semua komponen dan jaringan masyarakat termasuk KUA sebagai instansi pemerintah dalam melakukan pelayanan dengan sebaik-baiknya, terutama pada pelayan publik dan prima.

"Semua pelayanan di sektor Kantor KUA harus sesuai dengan SOP sesuai amanat PMA Nomor 1 tahun 2008, sehingga pelayanan yang diberikan dapat terukur sekaligus ada kepastian hukum," tegas H. Farmadi.

Ia juga mengatakan, bahwa pelayanan akan bermutu dan berkualitas apabila pemahaman terhadap tugas dan fungsi dapat dilakukan dengan baik. "Dengan memahami peraturan yang berlaku serta item yang harus dilakukan dalam melaksanakan tugas, maka pelayanan terhadap masyarakat dapat terlaksana dengan baik," sambungnya.

Terpisah, Ketua Panitia Bimtek Peningkatan Mutu Layanan KUA, Moh. Abdulloh Hafith yang juga menjabat sebagai Kasi Bimas Islam menyampaikan, jumlah peserta bimtek peningkatan kualitas KUA dihadiri 60 peserta, yang terdiri dari 24 Kepala KUA dan 36 Penghulu atau JFU se-Kabupaten Bojonegoro.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan acuan serta memotivasi pada peningkatan kinerja di KUA Kecamatan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. "Sekaligus memberikan bimtek terkait tata kelola administrasi perkantoran KUA, sehingga mampu mewujudkan masyarakat yang cerdas, rukun, damai, berdasarkan moral dan etika spiritual agama," pungkasnya. [liz/mu]

Tag : bimtek, kua, kemenag bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini