13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ika Arlina Safitri, Peraih Nilai Tertinggi Seleksi Perades di Kecamatan Kapas

Belajar dari Pengalaman, Kerjakan Soal Teori Dulu

blokbojonegoro.com | Wednesday, 07 July 2021 12:00

Belajar dari Pengalaman, Kerjakan Soal Teori Dulu

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Terkadang orang hanya melihat apa yang dicapai orang lain, tanpa tahu bagaimana proses untuk mendapatkan hasil. Seperti apa yang dicapai oleh Kasi Pemerintahan Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Ika Arlina Safitri yang baru saja dilantik Rabu (7/7/2021). Di balik nilai tertinggi se Kecamatan Kapas yang diraih pada seleksi perangkat desa (Perades) pada Rabu (23/6/2021) lalu dengan nilai 96, ada proses yang tidak banyak orang ketahui.

[Baca juga: Terapkan Prokes, Kasi Pemerintahan Kalianyar Dilantik ]

Ika Arlina Safitri, mulai menjadi staff di Desa Kalianyar sejak Desember 2016 lalu saat masih duduk di semester 4 bangku kuliah Universitas Terbuka (UT) Bojonegoro. Pada tahun 2017 sempat mengikuti seleksi perades di Desa Kalianyar, waktu itu jabatan Sekretaris Desa.

"Dulu saat tes 2017 kegagalan saya mungkin karena mengerjakan hitung-hitungan dulu baru teori. Dari pengalaman itu, pada tes 2021 kemarin saya kerjakan dulu soal-soal teori, baru kemudian matematika. Alhamdulillah bisa berhasil," ucap dara kelahiran Bojonegoro, 20 April 1995 tersebut.

Setelah gagal pada seleksi 2017, tak membuat Lina patah semangat. Saat masih menjadi staff di desa, dirinya juga mencoba peruntungan dengan mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2019 di Lombok sebagai guru IPA. Namun, hasilnya belum memuaskan. Sebab dirinya lolos nilai minimum standar namun berada di rangking 20. Sedangkan diambil 3 besar.

Pada bulan Juni 2021, dibuka lowongan perangkat desa untuk Kasi Pemerintahan di Desa Kalianyar. Tak ingin melewatkan kesempatan, dengan niat dan tekad yang kuat, putri dari pasangan Sukri dan Siti Nur Fadhilah itu mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengikuti seleksi tersebut.

"Setelah mendaftar, dan menyerahkan berkas, setiap hari pasti menyempatkan waktu khusus untuk belajar. Biasanya saya belajar mulai pukul 9 malam sampai 11. Terus bangun tidur pagi belajar lagi mulai jam 3 sampai jam 4. Setiap hari belajar latihan soal terus," ulas almuni UT Bojonegoro jurusan Pendidikan IPA tahun 2018 itu.

Selain belajar, Lina juga mengajar di bimbingan belajar (Bimbel). Salah satunya bimbel di Kecamatan Sumberrejo dengan bimbingan yang diajarkan mempersiapkan untuk mengikuti tes CPNS dan lowongan perangkat desa. Bahkan peserta didiknya ada yang lolos ikut seleksi perangkat desa di Desa Simbatan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro beberapa waktu lalu. Sehingga semakin membuatnya semangat dan optimis dalam mengikuti seleksi perades di Desa Kalianyar.

Pada saat ujian tulis yang digelar di Sekolah Model Terpadu (SMT) pada 23 Juni 2021 lalu, Alumni MAN 1 Bojonegoro tahun 2013 itu mengaku tidak nervous dan tetap tenang dalam mengerjakan soal. Untuk soal teori dikerjakan terlebih dahulu, apalagi soal tentang desa, dirasa cukup mudah karena dirinya telah lama berkecimpung di pemerintah desa.

Sedangkan untuk matematika, dinilai soalnya mudah karena terbiasa berlatih, namun yang susah angkanya banyak dan tinggi daripada yang sering dikerjakannya. Sehigga dia memilih untuk mengerjakan soal hitungan yang nilai angkanya rendah dahulu. Dari usahanya tersebut, total ada 100 soal, dirinya mampu menjawab benar 96. Dengan capaian tersebut, dirinya lolos menjadi Kasi Pemerintahan Desa Kalianyar.

"Harapannya bisa bermanfaat bagi masyarakat dan bisa bekerjasama dengan pemerintah desa membangun Desa Kalianyar ini menjadi lebih baik lagi," harap Ika Nurlina Safitri.


Data diri:
Nama            :Ika Arlina Safitri
Tempat Tanggal Lahir    : Bojonegoro, 20 April 1995
Nama Bapak        : Sukri
Nama Ibu        : Siti Nur Fadhilah
Pendidikan        : -MI Al Huda Kalianyar 2006/2007
              -SMPN 5 Bojonegoro 2009/2010
              -MAN 1 Bojonegoro 2012/2013
              -Universitas Terbuka  (UT) Bojonegoro 2018.

Tag : perangkat, desa, kalianyar, bojonegoro, kapas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat