13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga Mojodeso Budidaya Rumput Israel untuk Minuman Peningkat Imun

blokbojonegoro.com | Friday, 09 July 2021 19:00

Warga Mojodeso Budidaya Rumput Israel untuk Minuman Peningkat Imun

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Asytasia Gangetica atau yang dikenal dengan Rumput Israel merupakan jenis tanaman liar dalam Genus Asytasia. Tumbuhan ini banyak tumbuh di tepi-tepi sawah, belukar dan ladang.

Meski tergolong tanaman liar, Rumput Israel memiliki bunga yang cukup cantik dan dengan warna putih hingga kuning. Selain itu, tekstur daun juga tampak tipis dengan perpaduan urat daunnya yang berselang-seling dan tampak menarik.

Di Kabupaten Bojonegoro, nyatanya tanaman liar Rumput Israel bisa dijumpai di tepi-tepi persawahan. Namun mayoritas masyarakat Bojonegoro kurang mengetahui bahwa ini merupakan tanaman Rumput Israel.

Seperti yang diungkap oleh Perangkat Desa Mojodeso, Adib Nurdiyanto mulai tertarik dengan tanaman ini karena bunganya yang tampak menawan. Bahkan saat memegang daun Rumput Israel, ia menduga bahwa tanaman ini bukan sekadar tanaman liar.

Lebih lanjut, penggagas rumah kreatif ini pun lantas mencari informasi dari berbagai sumber di sosial media dan menemukan bahwa nama tanaman ini merupakan Rumput Israel atau Asytasia Gangetica.

"Kemudian saya ambil sebagian tanaman ini dari berbagai area dan dibudidayakan di dalam pot kecil. Nyatanya adaptasi tanaman ini sangat cepat sehingga mudah di budidayakan dengan metode stek," ungkap Adib Nurbiyanto.

Setelah sukses dibudidayakan melalui metode stek, tanaman ini juga digemari oleh ayam. Sehingga ia berasumsi bahwa tanaman ini mengandung zat yang baik bagi hewan jenis omnivora sekaligus bermanfaat bagi tubuh manusia.

Kemudian ia berinisiatif membawa beberapa lembar daun rumput Israel ke laboratorium pertanian untuk dijadikan sample guna mengetahui kandungan zat yang ada di dalamnya. Bahkan pihak laboratorium atau Ir. Sigit menyatakan bahwa kandungan zat Rumput Israel didominasi oleh Beta Karoten dan Asam Askorbat.

"Beta karoten sendiri memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh terutama yang berkaitan dengan imunitas, kesehatan mata serta kulit. Sedangkan asam askorbat merupakan nutrisi pembentuk kolagen yaitu zat yang dibutuhkan untuk memperbaiki kulit, tulang dan gigi" imbuhnya.

Usai dilakukan penelitian di laboratorium, Adib berinisiatif mengolah tanaman ini dan menjadikannya minuman segar yang banyak diminati berbagai kalangan masyarakat. Terutama mereka yang menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

"Karena manfaatnya banyak dan sayang apabila dibiarkan tumbuh begitu saja. Akhirnya kami berinisiatif mengolah menjadi minuman yang kaya akan manfaat, terutama saat Pandemi," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

 

Tag : Tumbuhan, rumput, israel



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat