22:00 . Khofifah Hadiri Konferwil PW IPNU-IPPNU Jatim Secara Virtual   |   22:00 . KONI Bojonegoro Gelar Sertifikasi Pelatih Fisik dan Penanganan Cidera Atlet   |   21:00 . Jelang Liga 3 Jawa Timur, Persibo 60 Persen Sudah Siap   |   20:00 . Gandeng Disbudpar Tim PHP2D UKM Pramuka Unair Wujudkan Desa Mandiri   |   19:00 . Warga Nekat Konsumsi Ikan Mati Akibat Limbah   |   18:00 . Desa Pejambon Pernah Dibuat Tempat Persembunyian Prajurit Majapahit   |   17:00 . Unugiri Gelar Semarak Kemeriahan Sambut Hari Santri Nasional 2021   |   16:00 . Pembukaan Konferwil IPNU Dan IPPNU, Bupati Ajak Pelajar Tingkatkan IPM   |   14:00 . PWNU Jatim Buka Acara Konferwil PW IPNU di Ponpes Attanwir   |   13:00 . Perpaduan Tradisi dan Dakwah Islam, Nyadran Masih Dirawat di Era Modern   |   12:00 . Dukung Mahasiswa Berwirausaha, UNU Sunan Giri Gelontorkan Dana   |   11:00 . Inilah Nama Pejabat yang Dilantik Bupati Bojonegoro   |   10:00 . Bupati Lantik 42 Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   09:00 . Dibuka Hari ini, Berikut Rangkaian Acara Konferwil PW IPNU Jatim   |   08:00 . Selamat Datang Romo Yai dan Gus Menteri   |  
Fri, 24 September 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

8 Komunitas di Bojonegoro Bagikan 350 Paket Daging Kurban

blokbojonegoro.com | Saturday, 24 July 2021 20:00

8 Komunitas di Bojonegoro Bagikan 350 Paket Daging Kurban

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Memperingati Hari Raya Idul  Adha 1442 H, sejumlah komunitas dari berbagai latar belakang melakukan kolaborasi merayakan dengan cara berbeda. Mereka bersatu melakukan kegiatan bersama dengan melakukan pemotongan hewan kurban dan membagikannya kepada kaum dhuafa di Bojonegoro,  Jumat (23/7/2021).

Raden Mas Firmansyah Bagas Pradipta mewakili komunitas Bojonegoro menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITAberbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’ Dalam program sosial ini terlibat sebanyak 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur.

Komunitas yang terdiri dari Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

"Alhamdulillah gabungan komunitas di Bojonegoro bisa mengumpulkan 8 ekor kambing dan membagikan sekitar 350 paket daging kurban ke masyarakat kurang mampu. Ini adalah kegiatan yang luar biasa, mengingat berbagai komunitas memiliki latar belakang yang berbeda. Bersatu itu membuat kita kuat dan luar biasa," kata Firmansyah.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari yaitu 20 dan 21 Juli 2021 melibatkan Karang Taruna (Karta) Lawak Bersatu, Karta Wadang, Karta Ngampel, dan Karta Sumberarum. Dari Fans Club ada CISC Bojonegoro dan Curva Nord Bojonegoro. Sementara anak motor tampil  Bold Riders; Super Moto Bojonegoro dan PTKT. 

Firmansyah menambahkan, pembagian daging diarahkan untuk Karta kepada anak yatim dan pedagang terdampak pandemi di Desa Lawak Bersatu, Desa Wadang, Desa Ngampel dan Desa Sumberarum. Dalam pelaksanaannya, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

"Sementara Fans Club & Bold Riders memberikan paket daging kepada pekerja jalanan, tukang becak dan PKL di sekitar Bojonegoro, Bandul serta daerah Kali Pitu," imbuhnya.

Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Saat itu lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan.

Pembagian hewan kurban hasil inisiatif dari Kolaborasi KITA tahun 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Firmansyah mengatakan, bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya Rekor MURI pertama adalah Donor Darah oleh komunitas terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) terbanyak.

"Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020," pungkasnya.

 

Tag : Komunitas, Bojonegoro, kurban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 02 August 2021 08:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more