18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Raihan Predikat KLA Madya, Ini Harapan Disdik Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Friday, 30 July 2021 21:00

Raihan Predikat KLA Madya, Ini Harapan Disdik Bojonegoro

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Bojonegoro sukses meraih prestasi KLA dengan predikat Madya. Raihan ini menjadi sebuah prestasi luar biasa bagi Kabupaten Bojonegoro.

Sebagai komitmen dan mewujudkan Bojonegoro sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro telah melahirkan beberapa terobosan yang tertuang dalam 17 program prioritas. Prioritas itu yakni mewujudkan lingkungan ramah perempuan, anak, penyandang disabilitas dan kaum dhuafa. Salah satunya KELANA atau Kecamatan Pagelaran Layak Anak dan DEKALA atau Desa Layak Anak yang telah di deklarasikan pada Agustus 2020.

"Penghargaan ini bukanlah hasil akhir dari tugas kita semua. Yang utama menjaga komitmen semua pihak dalam menjamin pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Dimulai dengan mewujudkan Desa dan Kelurahan layak anak, Kecamatan layak anak, sekolah ramah anak, pelayanan anak di puskesmas hingga perlindungan," tegas Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awannah. 

Terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Lasiran menyampaikan selamat dan sukses kepada Bupati Bojonegoro sekaligus masyarakat. Khususnya kepada satuan pendidikan atas diraihnya Bojonegoro sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Madya. "Kesempatan yang baik ini ingin kami sampaikan bahwa sesungguhnya penghargaan KLA ini bukan semata-mata tujuan akhir," tegas Lasiran. 

Selanjutnya, ada beberapa kategori yang mendasar terhadap KLA. Di antaranya kelompok hak untuk hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi. "Ini hanya pemenuhan bentuk terhadap hak-hak dasar bagi anak. Dilingkungan sekolah hak dasar ada 34," imbuhnya. 

Pria yang menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan Bojonegoro, juga berharap bahwasanya satuan Pendidikan di bawah jajaran Disdik yang telah mendeklarasikan dirinya menyatakan sebagai satuan pendidikan ramah anak dan tentu menunjang Kabupaten Bojonegoro sebagai kategori layak anak/KLA.

"Harapan kami, Mudah-mudahan tahun depan dengan pemenuhan hak anak yang semakin baik. Mulai dari satuan Pendidikan, Desa dan Kelurahan. Bisa membawa Kabupaten Bojonegoro meraih predikat KLA kategori Nindya," harapnya.

Perlu diketahui berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro. Nomor 188/471/KEP/412.201/2021 Menetapkan Sekolah Menuju Sekolah Ramah Anak Di Kabupaten Bojonegoro Di Tahun 2021 tercatat 2.700 Sekolah. 

Total lembaga yang dimaksud terdiri dari 1.189 Lembaga kelompok bermain, 681 Lembaga Taman Kanak-kanak, 723 Lembaga Sekolah Dasar dan 107 Lembaga Sekolah Menengah Pertama. [liz/lis]

 

Tag : KLA, anak, disdik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat