22:00 . Khofifah Hadiri Konferwil PW IPNU-IPPNU Jatim Secara Virtual   |   22:00 . KONI Bojonegoro Gelar Sertifikasi Pelatih Fisik dan Penanganan Cidera Atlet   |   21:00 . Jelang Liga 3 Jawa Timur, Persibo 60 Persen Sudah Siap   |   20:00 . Gandeng Disbudpar Tim PHP2D UKM Pramuka Unair Wujudkan Desa Mandiri   |   19:00 . Warga Nekat Konsumsi Ikan Mati Akibat Limbah   |   18:00 . Desa Pejambon Pernah Dibuat Tempat Persembunyian Prajurit Majapahit   |   17:00 . Unugiri Gelar Semarak Kemeriahan Sambut Hari Santri Nasional 2021   |   16:00 . Pembukaan Konferwil IPNU Dan IPPNU, Bupati Ajak Pelajar Tingkatkan IPM   |   14:00 . PWNU Jatim Buka Acara Konferwil PW IPNU di Ponpes Attanwir   |   13:00 . Perpaduan Tradisi dan Dakwah Islam, Nyadran Masih Dirawat di Era Modern   |   12:00 . Dukung Mahasiswa Berwirausaha, UNU Sunan Giri Gelontorkan Dana   |   11:00 . Inilah Nama Pejabat yang Dilantik Bupati Bojonegoro   |   10:00 . Bupati Lantik 42 Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   09:00 . Dibuka Hari ini, Berikut Rangkaian Acara Konferwil PW IPNU Jatim   |   08:00 . Selamat Datang Romo Yai dan Gus Menteri   |  
Fri, 24 September 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tips Agar Anak Gemar Belajar Online dengan Baik

blokbojonegoro.com | Monday, 02 August 2021 15:00

Tips Agar Anak Gemar Belajar Online dengan Baik

Kontributor : Uul Lyatin

blokBojonegoro.com – Selama pandemi berlangsung, kegiatan belajar mengajar pun kini dilakukan secara daring atau yang biasa dikenal belajar online. Hal tersebut banyak membuat keresahan orang tua ketika anaknya semakin malas belajar saat pembelajaran secara online.

Ibu Siti Hidayah selaku salah satu guru sekaligus orang tua yang harus mengajar secara daring serta membimbing anaknya untuk belajar online mengatakan, bahwa pembelajaran online memanglah kurang efektif dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka. Ditambah pula repotnya menjadi ibu rumah tangga yang harus mengurusi beberapa kegiatan di rumah, Ibu dua anak tersebut mengatakan bahwa sebagai guru, dirinya harus memberikan pembelajaran yang maksimal melalui media online seperti google classroom, zoom meeting, google meet, WhatsApp Group dan aplikasi lainnya.

“Kita selaku guru dan orang tua pastinya akan memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita semua. Saya juga mulai belajar dari awal selama sistem pembelajaran ini diganti secara daring, ya mau bagaimanapun saya juga harus berusaha untuk memberikan pembelajaran secara maksimal dengan sistem baru ini,” ujarnya.

Pihaknya juga menuturkan bahwa management waktu yang baik dibutuhkan dalam pembelajaran online. Karena dalam pengumpulan tugas sekolah, siswa-siswi bisa mengumpulkan tugas sampai malam hari sehingga tidak seefektif seperti pembelajaran biasanya.

“Peran sebagai orang tua juga harus bisa mengatur waktu antara mengajar online dan mengajari anak yg sedang belajar online, dan juga dibutuhkan kesabaran serta management waktu yg baik,” imbuhnya.

Selain itu, dirinya juga memberikan tips sebagai orang tua agar anak betah dan semangat belajar di rumah. Ibu Siti Nurhidayah mengatakan agar anak nyaman belajar di rumah alangkah lebih baiknya orang tua mengajak anak untuk membuat kesepakatan tentang pembagian waktu belajar dan bermain anak setiap harinya. Seringkali orang tua suka kuwalahan akan hal tersebut, namun bagaimanapun orang tua harus tetap mengawasi waktu anak dalam kegiatan apapun.

“Jadi kalau saya sendiri membagi waktu dan membuat kesepakatan dengan anak saya untuk menentukan waktu belajar yang efektif dan waktu bermain mereka,” tuturnya.

Apabila anak dapat mentaati peraturan yang dibuat, alangkah lebih baiknya orang tua memberikan pujian hingga hadiah agar anak lebih semangat belajar lagi kedepannya. Namun apabila anak tidak disiplin, orang tua juga harus tegas dan memberinya peringatan agar anak tidak mengulangi kesalahannya lagi.

“Pujian itu sangat perlu diberikan ketika anak sudah berbuat baik dan disiplin, sehingga nantinya dia akan merasa dihargai dan tidak hanya dimarahi saja ketika dia kurang disiplin,” pungkasnya.

Ibu Siti Hidayah juga menambahkan, alangkah lebih baiknya ketika waktu belajar sudah selesai, anak diajak untuk melakukan kegiatan bersama keluarga yang menyenangkan di rumah. Seperti halnya diajak berkebun, memasak, membantu membersihkan rumah atau memelihara hewan kesayangan sehingga anak tidak mudah merasa bosan ketika di rumah. [uul/ito]

Tag : Pembelajaran, pendidikan, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 02 August 2021 08:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more