17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Lolos Program Kemendikbud, HMP UEC IKIP Bojonegoro Sosialisasi PHP2D di Malo

blokbojonegoro.com | Sunday, 08 August 2021 12:00

Lolos Program Kemendikbud, HMP UEC IKIP Bojonegoro Sosialisasi PHP2D di Malo

Pengirim: United English College

blokBojonegoro.com - Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) UEC (United English College) IKIP PGRI Bojonegoro telah berhasil lolos seleksi proposal Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D)

yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Tim UEC ini berhasil menerima bantuan PHP2D Tahun 2021 yang dilaksanakan di Desa Trembes, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro bertajuk “Reading Aloud: Upaya Membangun English Literacy Anak-anak Desa Trembes, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro”. Kegiatan ini diselenggarakan setiap Hari Minggu selama 4 bulan mulai Agustus hingga November 2021 pukul 09.00-11.00. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun literasi berbahasa Inggris anak-anak usia SD melalui aktifitas reading aloud atau membaca nyaring cerita-cerita berbahasa Inggris. 

Sebelum melaksanakan kegiatan PHP2D, Tim UEC melakukan kegiatan sosialisasi PHP2D di Balai Desa Trembes, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro pada hari Kamis tanggal 29 Juli 2021 pukul 10.00-11.30. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kaur, Kasun, guru SD, karang taruna, dosen pendamping, serta mahasiswa anggota Tim PHP2D. Kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah awal pengenalan kegiatan PHP2D oleh Tim HMP UEC IKIP PGRI Bojonegoro kepada aparat maupun masyarakat Desa Trembes. Dalam acara sosialisasi tersebut, Tim PHP2D mengundang beberapa pemuda karang taruna Desa Trembes dan element masyarakat agar nantinya mereka dapat menindaklanjuti gerakan reading aloud pasca kegiatan ini usai. 

Ketua Tim PHP2D, Ima Kulama Gutami menyampaikan bahwa program ini akan membawa dampak positif bagi anak-anak usia SD di Desa Trembes karena kegiatan reading aloud yang akan dilaksanakan selama 16 kali pertemuan pada akhirnya akan membangun minat membaca anak-anak Desa Trembes. Kegiatan PHP2D akan dilaksanakan di 5 dusun yaitu Dusun Cobaan, Tengahan, Mbotak, Njomblang, dan Wedoro. Masing-masing dusun akan ada 2 titik sentra kegiatan, sehingga total terdapat 10 titik aktifitas reading aloud yang ditempatkan di rumah penduduk yang telah ditunjuk. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19, baik tim mahasiswa PHP2D maupun anak-anak Desa Trembes wajib menggunakan hand sanitizer, masker, face shield, dan sarung tangan selama kegiatan berlangsung. 

Dosen pendamping PHP2D, Chyntia Heru Woro Prastiwi, M.Pd juga menjelaskan bahwa kegiatan reading aloud ini akan membangun literasi berbahasa Inggris anak-anak Desa Trembes karena proses pelaksanaannya akan dilakukan dalam dua bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Kegiatan ini akan diawali dengan pembacaan buku cerita berbahasa Inggris oleh anggota tim mahasiswa, lalu pengenalan istilah-istilah Bahasa Inggris yang terdapat dalam cerita, latihan menulis kata, mengingat kata, storytelling, serta aktifitas permainan lain yang dapat membuat anak-anak merasa senang belajar Bahasa Inggris. Diakhir kegiatan sosialisasi ini, baik Ima sebagai ketua tim PHP2D maupun Chyntia sebagai dosen pendamping mengharapkan dukungan sekaligus peran aktif masyarakat setempat demi kesuksesan kegiatan reading aloud ini. [lis]

Tag : Pembaca, netizen, ikip



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat