18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |  
Wed, 17 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Batuk, Penyebab dan Macam-Macamnya?

blokbojonegoro.com | Sunday, 29 August 2021 07:00

Batuk, Penyebab dan Macam-Macamnya?

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Batuk merupakan respons alami yang diberikan tubuh saat sistem pertahanan saluran napas mengalami gangguan dari luar. Melalui batuk, tubuh bisa membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi lainnya agar keluar dari paru-paru.

Batuk umumnya dapat sembuh dalam waktu tiga minggu dan jarang mengindikasikan penyakit tertentu. Oleh karena itu, batuk tidak membutuhkan pengobatan khusus. Namun, pengobatan rumahan, seperti air madu dan lemon dapat membantu meringankan batuk ringan.

Berikut ini beberapa jenis batuk yang dapat terjadi:

1. Batuk Kering

Jenis batuk ini ditandai dengan rasa gatal pada tenggorokan. Batuk kering biasanya terjadi pada tahap akhir pilek atau saat sistem pernafasan terkena iritasi.

2. Batuk Berdahak

Sementara itu, batuk berdahak adalah jenis batuk yang mengeluarkan dahak. Dahak tersebut bisa berasal dari tenggorokan, sinus, serta paru-paru.

3. Batuk pada Bayi dan Anak-Anak

Batuk yang dialami bayi dan anak-anak dapat disebabkan oleh faktor yang sama dengan batuk pada orang dewasa, antara lain infeksi saluran pernapasan, asma, dan GERD. Jika batuk pada Si Kecil berlangsung lama, bisa jadi terjadi infeksi saluran pernapasan yang serius.

4 Batuk Rejan pada Anak-Anak dan Bayi

Orangtua sebaiknya waspada bila Si Kecil menunjukkan gejala batuk rejan seperti:

Suara lengkingan di setiap tarikan napas dalam-dalam setelah batuk.

Batuk yang hebat dan intens yang mengeluarkan dahak kental.

 Berdasarkan penyebabnya, batuk dibagi menjadi dua jenis, yaitu batuk akut (berlangsung dalam jangka pendek) dan batuk kronis (berlangsung dalam waktu yang lama).

1. Batuk Akut

Batuk akut sering disebabkan karena beberapa hal, di antaranya:

- Infeksi pada saluran pernapasan atas yang menyerang tenggorokan atau sinus, contohnya pilek, flu, radang tenggorokan, dan sinusitis.

- Infeksi pada saluran pernapasan bawah yang memengaruhi paru-paru atau saluran udara bagian bawah, contohnya bronkitis akut atau pneumonia.

Alergi, seperti rhinitis alergi atau demam.

- Peningkatan dari kondisi kesehatan jangka panjang, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) atau bronkitis kronis.

- Menghirup debu atau asap.

Batuk akut bisa menjadi gejala awal dari kondisi kesehatan yang menyebabkan batuk kronis. Namun, kondisi ini terbilang jarang terjadi.

2. Batuk Kronis

Secara umum, batuk kronis disebabkan infeksi saluran pernapasan jangka panjang, seperti bronkitis kronis. Meski begitu, penyakit ini juga biasanya disertai gejala lain, misalnya mengi, sesak napas, dan nyeri dada, merokok, dan bronkiektasis, yaitu kondisi ketika saluran udara paru-paru melebar secara tidak normal. [lis]

Sumber: www.halodoc.com

Tag : Batuk, kronis, sebab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat