22:00 . Khofifah Hadiri Konferwil PW IPNU-IPPNU Jatim Secara Virtual   |   22:00 . KONI Bojonegoro Gelar Sertifikasi Pelatih Fisik dan Penanganan Cidera Atlet   |   21:00 . Jelang Liga 3 Jawa Timur, Persibo 60 Persen Sudah Siap   |   20:00 . Gandeng Disbudpar Tim PHP2D UKM Pramuka Unair Wujudkan Desa Mandiri   |   19:00 . Warga Nekat Konsumsi Ikan Mati Akibat Limbah   |   18:00 . Desa Pejambon Pernah Dibuat Tempat Persembunyian Prajurit Majapahit   |   17:00 . Unugiri Gelar Semarak Kemeriahan Sambut Hari Santri Nasional 2021   |   16:00 . Pembukaan Konferwil IPNU Dan IPPNU, Bupati Ajak Pelajar Tingkatkan IPM   |   14:00 . PWNU Jatim Buka Acara Konferwil PW IPNU di Ponpes Attanwir   |   13:00 . Perpaduan Tradisi dan Dakwah Islam, Nyadran Masih Dirawat di Era Modern   |   12:00 . Dukung Mahasiswa Berwirausaha, UNU Sunan Giri Gelontorkan Dana   |   11:00 . Inilah Nama Pejabat yang Dilantik Bupati Bojonegoro   |   10:00 . Bupati Lantik 42 Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   09:00 . Dibuka Hari ini, Berikut Rangkaian Acara Konferwil PW IPNU Jatim   |   08:00 . Selamat Datang Romo Yai dan Gus Menteri   |  
Fri, 24 September 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Inovatif, Perempuan Kauman Kreasikan Bermacam-Macam Manisan Legit

blokbojonegoro.com | Sunday, 05 September 2021 17:00

Inovatif, Perempuan Kauman Kreasikan Bermacam-Macam  Manisan Legit

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Buah dan sayuran memiliki kandungan gizi yang baik. Dua komoditas ini selain bisa dimakan langsung sebagai pencuci mulut atau lalapan bisa juga diolah menjadi manisan. Termasuk buah mangga, pepaya dan kedondong serta sayur labu siam.

Hal ini yang dilakukan Tantri Irawati Kusharyanti, wanita asal Desa Kauman, Bojonegoro. Berkat ide kreatif serta racikan pasnya dia bisa memproduksi manisan sayur dan buah. Proses pembuatannya juga cukup sederhana tanpa memakan waktu yang panjang. Karena ide kreatifnya pula, dia sukses berniaga manisan dengan omzet lumayan. 

"Tahun lalu memang musim mangga dan cukup lebat, saking banyaknya tentu tidak ada yang memanfaatkan. Maka kami berinovasi produksi manisan buah mangga. Untuk sayuran juga kami peroleh dari pekarangan rumah," ungkap . 

Nyatanya kreasi olahan manisan unik ini justru makin diminati masyarakat. Lantaran olahan manisan di Bojonegoro berbahan dasar labu dan pepaya jarang ditemui. "Olahan manisan labu sedikit berkuah dan bisa bertahan selama tiga hari jika disimpan di suhu ruangan," ucap Bu Tantri. 

Berbeda lagi dengan manisan berbahan dasar pepaya. Sebab, manisan pepaya ini lebih ribet proses pembuatannya akan tetapi tahan di suhu ruangan selama sebulan. "Beragam jenis buah atau sayuran yang saya buat olahan manisan. Di antaranya ada pepaya, salak, mangga dan kedondong. Untuk sayuran ada labu," katanya.

Menariknya, semua olahan manisan buah dan sayuran yang ia produksi tanpa mengandung pemanis buatan. Alias semuanya ia produksi dengan bahan alami. "Supaya lebih aman untuk konsumen saya pakai bahan alami semuanya," tegasnya. 

Ia memulai produksi olahan manisan seperti mangga semenjak 2020 lalu. Dan proses pembuatannya manual, dalam sehari bisa produksi sekitar 10 hingga 15 kilogram untuk semua jenis buah. "Harga mulai Rp3 ribu per onsnya, untuk kemasan sachet saya jual Rp7 ribu. Dan melalui online maupun offline," jelasnya.

Tak ayal, per bulannya ia bisa memperoleh omzet fantastis dari produksi penjualan manisan buah dan sayur. Bahkan bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. 

Ia berharap, olahan manisan dan sayur produksi ini tak hanya cukup dikenal pasaran lokal area Bojonegoro. Namun bisa merambah ke luar Kota bahkan luar Provinsi. "Harapan kami sebagai pelaku IKM tentunya produksi ini semakin luas pemasarannya, terlebih di saat Pandemi Covid-19," harap wanita asal Kauman. [liz/lis]

 

Tag : Manisan, kuliner, warga, omzet



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 02 August 2021 08:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more