Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

36.832 Kartu Pedagang Produktif Telah Terealisasi

blokbojonegoro.com | Tuesday, 14 September 2021 15:00

36.832 Kartu Pedagang Produktif Telah Terealisasi

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - 17 program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, salah satunya berupa Kartu Pedagang Produktif (KPP) yang diperuntukkan bagi para pedagang kecil serta pelaku usaha di Bojonegoro telah terealisasikan.

Tercatat di tahun 2021 ini pemkab Bojonegoro melalui Dinas Perdagangan dan Koperasi Usaha Mikro. Sukses merealisasikan sebanyak 36.832 Kartu Pedagang Produktif (KPP) sebagai upaya pemberdayaan usaha mikro melalui fasilitas pembiayaan, penjaminan hingga kemitraan usaha.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Bojonegoro, Sukaemi menegaskan, hingga saat ini sudah tercatat sebanyak 36.832 KPP yang telah tercetak. "Pemanfaatan KPP yang paling banyak digunakan berupa fasilitas kredit permodalan," tegas Sukaemi.

Lanjut, untuk jumlah penerima permodalan pedagang pemegang KPP di PD. BPR Bojonegoro mencapai Rp 41,8 miliar lebih. Oleh karena itu Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro terus melakukan pendampingan di lapangan bagi para pelaku IKM maupun UMKM agar dapat terus membaca peluang usaha.

"Manfaat pemegang program KPP lainnya berupa pengajuan pelatihan kewirausahaan, kemudahan akses kemitraan dan kemudahan pelayanan perijinan usaha. Serta kemudahan mendapatkan sertifikasi produk dan fasilitas hak paten," imbuhnya.

Terpisah, Retno Wulansari pelaku IKM asal Desa Wedi, Kecamatan Kapas, mengungkapkan bahwasanya program KPP yang telah diinisiasi Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Perdagangan dan Koperasi Usaha Mikro. Memiliki pengaruh besar bagi pelaku IKM terutama untuk pengajuan sertifikat produk halal, kemudahan masuk retail modern hingga pengajuan di PD. BPR Bojonegoro.

"Sudah setahun lebih memperoleh manfaat dari KPP ini, pengaruhnya besar bagi pelaku IKM/UMKM di Bojonegoro," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : UMKM, Kartu, pedagang, pemkab, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini