11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PPKM Dilonggarkan, Pengajuan Perkara di PA Meningkat

blokbojonegoro.com | Friday, 17 September 2021 13:00

PPKM Dilonggarkan, Pengajuan Perkara di PA Meningkat

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Ternyata, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mempengaruhi tingkat pengajuam perkara di Pengadilan Agama (PA) Bojonegoro. Sebelumnya, saat PPKM masih ketat, pengajuan perkara menurun, namun ketika PPKM dilonggarkan semakin meningkat. 

Tercatat pada akhir bulan Juli lalu perkara di Pengadilan Agama Bojonegoro mengalami penurunan hingga 175 keseluruhan perkara. Lalu, peningkatan tersebut terjadi hingga akhir bulan Agustus lalu, perkara di Pengadilan Agama Bojonegoro meningkat hingga 298.

Sholikin Jamik selaku ketua Panitera Pengadilan Agama Bojonegoro menjelaskan, selama PPKM mulai dilonggarkan banyak masyarakat yang berdatangan mendaftarkan perkara tersebut. Dibandingkan sebelumnya, masyarakat enggan berkerumun selama PPKM diperketat, kini masyarakat mulai aktif lagi berdatangan ke Pengadilan Agama Bojonegoro. 

"Bulan Agustus peningkatan perkaranya hampir capai 50 persen dibanding bulan Juli, dan ini kemungkinan karena PPKM juga dilonggarkan, sehingga masyarakat tidak takut berkerumun kembali," tuturnya. 

Selain itu, selama PPKM darurat bulan lalu banyak dari dinas-dinas yang menjalankan operasi pelayanan secara online atau offline namun hanya menerima perkara yang mendesak saja. Sehingga saat ini perkara mulai meludak seperti sebelumnya.

Tercatat di bulan Agustus sebanyak 298 perkara dengan rincian 2 perkara ijin poligami, 65 perkara cerai talak, 158 cerai gugat, 5 perkara perwalian, 1 perkara asal usul anak, 1 perkara isbat nikah, 58 perkara dispensasi kawin, 2 perkara wali adlol, 1 perkara kewarisan, 4 perkara penetapan ahli waris, dan 1 perkara lainnya. 

"Perkara yang paling banyak masih di cerai gugat, dan dispensasi nikah juga alami peningkatan yang luar biasa," tuturnya. 

Pihaknya berharap agar beberapa perkara tersebut alami penurunan setiap bulannya, khususnya di wilayah Bojonegoro. Ditambah lagi selama masa pandemi ini terlihat perkara tersebut sering meningkat dan semakin meningkat. 

"Apabila perkara sedikit pastinya ini akan berkolerasi positif terhadap kesejahteraan masyarakat, begitu juga sebaliknya. Jadi saya selalu berharap, khusus nya untuk masyarakat Bojonegoro agar tetap sejahtera dengan mengecilkan angka perkara di Pengadilan Agama Bojonegoro," tandasnya. [uul/col]

 

Tag : Pengajuan, kasus, PA



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat