Sabtu, 21 Oktober 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Bojonegoro, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ini Risiko Bagi Seorang Ibu yang Hamil di Usia 40-an

Senin, 11 September 2017 07:00
Ini Risiko Bagi Seorang Ibu yang Hamil di Usia 40-an

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Keinginan terbesar pasangan setelah menikah adalah memiliki momongan. Namun tak sedikit dari mereka yang baru diberikan kesempatan mengandung pada usia yang sudah tidak muda lagi, yakni usia 40-an.

Tentunya banyak wanita yang bertanya-tanya, adakah bahaya bagi seorang wanita yang hamil di usia kepala empat tersebut? 

Tidak menampik kemungkinan, jika hamil di usia tua memungkinkan para ibu untuk memiliki risiko kesehatan yang bisa berdampak buruk pada kondisi ibu dan juga janin. Dilansir Parents, ibu yang hamil di usia 40an dikhawatirkan akan melahirkan bayi dengan kelainan down syndrome. 

Berdasarkan penelitian, satu di antara 200 bayi yang lahir dari ibu berusia 40-an mengalami kelainan austisme. Karena kromosom seorang wanita dianggap sudah tak memiliki kualitas sebagus saat mereka masih berusia 20-30an. 

Selain masalah kromosom, ada juga masalah lainnya yang bisa menimpa ibu hamil atau bumil yang mengalami masa kehamilan di usia 40-an, di antaranya tekanan darah tinggi, preeklampsia, dan masalah di bagian plasenta. 

Bumil juga diperkirakan tidak bisa melahirkan secara normal karena berisiko tinggi mengalami komplikasi pasca melahirkan. Energi yang dimiliki wanita akan menurun seiring dengan pertambahan usia, atas dasar inilah para ahli menyarankan bumil untuk melahirkan dengan cara operasi caesar. 

Bagi Anda yang memiliki riwayat kesehatan yang buruk juga besar kemungkinan kehamilan Anda berisiko tinggi. Meskipun terdengar cukup mengkhawatirkan, namun penanganan yang baik tentu bisa meminimalisir segala kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi. 

Kemungkinan anak lahir dengan berat badan rendah serta anak lahir prematur juga bisa terjadi.  Wanita yang hamil di usia 40an akan ditawari tes screening oleh dokter kandungan untuk melihat kondisi kesehatan janin. 

Tes diagnostik pun bisa saja dilakukan demi mengetahui kualitas kromoson Anda. Hal ini berkaitan dengan gejala kelainan down syndrome yang rentan dialami oleh anak yang lahir dari ibu berusia tua.

Meski sederet masalah kesehatan bisa menimpa ibu hamil yang berusia 40-an, namun perlu diingat bahwa ada banyak wanita di usia ini yang memiliki kondisi kehamilan sehat. Konsultasi dengan dokter rutin dilakukan demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Sumber: https://m.kumparan.com/andarinovianti/adakah-risiko-

bagi-seorang-ibu-yang-hamil-di-usia-40-an


Share: Twitter | Facebook | Email
Show Comments [+]
Baca Juga: 10 Manfaat Mengapa Anda Harus Membaca Setiap HariGuru PAUD Ngasem Gelar Festival TumpengEfek Buruk Menonton Film Porno Ternyata MenyeramkanAwas Saat Kemarau Rawan Penyakit IspaYang Dialami Pria Ketika Gaji Istri Lebih BesarHindari Ejakulasi Dini Dengan Trik-Trik IniBenarkah Stres Bisa Menyebabkan Kepala Botak?Seks Setiap Hari, Antara Harapan dan KenyataanTrik Lama tapi Efektif untuk Berhenti MerokokInilah Mengapa Menguap Itu Menular

Berita Terpopuler: Polsuska Gadungan Dituntut 2 TahunPersibo Usung 18 Pemain Lawan PersemaKPUD Rekrut 135 Petugas Pemilihan KecamatanGay Pencuri Sepeda Pancal Meringkuk 25 BulanPeminat Meningkat, Gadget Alami Lonjakan PenjualanAda Proyek Migas, Kebutuhan Listrik BertambahTak Taat Perda, Baliho Dibongkar TotalDiintimidasi, Bus Bojonegoro-Surabaya Masih MogokKe Jerman, 11 Anggota DPR Habiskan Rp1 M Hedupi Keluarga Dengan Batu Bata