Sabtu, 21 Oktober 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Bojonegoro, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

5 Langkah Si Pemalas Melawan Perubahan Iklim

Sabtu, 16 September 2017 07:00
5 Langkah Si Pemalas Melawan Perubahan Iklim

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Perbaiki perubahan iklim. Itulah salah satu tujuan akhir dunia yang tercantum dalam laman PBB. Hal ini pastinya membutuhkan kerjasama antarnegara dan organisasi internasional. Tampaknya lebih mustahil lagi bagi orang biasa seperti kita, untuk membantu terwujudnya tujuan tersebut. Jadi, haruskah kita mengambil sikap tak peduli?

Menurut laman PBB, perubahan dimulai dari diri kita sendiri: Dari diri setiap orang di dunia, bahkan orang yang paling malas sekalipun. Untungnya, ada cara super mudah yang bisa dilakukan dalam keseharian kita. Hal ini, jika dilakukan oleh kita semua, akan membawa perubahan besar.

Berikut beberapa tips untuk melawan perubahan iklim dari PBB, bahkan saat Anda bermalas-malasan duduk di sofa:

1. Alih-alih mencolokkan kabel ke stop kontak dan mencabutnya jika alat tak digunakan, gunakan cable extension bersaklar sebagai sumber listrik peralatan Anda. Jika tak gunakan, matikan saklar hingga tak ada aliran listrik yang masih mengalir ke seluruh peralatan. Mudah, bukan?

2.Hentikan pengiriman bukti pembayaran atau bukti transaksi ke rumah Anda dalam bentuk surat atau carik kertas. Daftarkan diri Anda untuk menerima bukti dalam bentuk surat elektronik, hingga tak ada lagi amplop yang datang ke rumah Anda.

3. Klik share, alih-alih hanya memilih like. Jika ada materi di sosial media yang menarik tentang perubahan iklim, sebarkan ke teman-teman Anda. Jadi, semua bisa mendapatkan pengetahuan dari hal penting tersebut.

4. Matikan lampu saat ruangan tak digunakan. Walau terlihat sepele, Anda akan sangat membantu dalam penghematan energi tak hanya kota Anda, namun juga energi dunia.

5. Imbangi emisi karbon Anda. Anda bisa menghitung jejak karbon yang Anda tinggalkan melalui situs Climate Neutral Now milik PBB ini. Selain itu, jika Anda sering berpergian menggunakan pesawat, Anda juga bisa menghitung jejak karbon melalui situs ICAO PBB, dan mengganti jejak karbon Anda melalui situs tersebut.

Tunggu apalagi? Segera lakukan lima hal tersebut untuk membantu mendinginkan Bumi, bahkan dari sofa Anda.

Artikel ini sudah pernah tayang di National Geographic Indonesia dengan judul: Lima Langkah Memerangi Perubahan Iklim Bagi Si Pemalas

 

Sumber: http://health.kompas.com/read/2017/09/13/090600823/

5-langkah-si-pemalas-melawan-perubahan-iklim

Share: Twitter | Facebook | Email
Show Comments [+]
Baca Juga: Ajarkan Mahasiswa Humanis Sejak Masuk PertamaMenpora Terpilih Kembali Jadi Ketua IKA-UINSAObat PCC Tidak Beredar di Apotek BojonegoroYang Perlu Dilakukan Orangtua Ketika Anak Sering Berkata KasarMengusir Galau karena Usia Bertambah TuaRugi, Membiarkan Diri Sibuk sampai Stres!Dosen IKIP Gelar PKM di SDN Sumberwangi 2 KanorKB-PAUD Se-Kecamatan Dander Ikuti Manasik HajiAir Mineral Juga Punya Masa KadaluarsaTahun ini, 16.768 Warga Menderita ISPA

Berita Terpopuler: Polsuska Gadungan Dituntut 2 TahunPersibo Usung 18 Pemain Lawan PersemaKPUD Rekrut 135 Petugas Pemilihan KecamatanGay Pencuri Sepeda Pancal Meringkuk 25 BulanPeminat Meningkat, Gadget Alami Lonjakan PenjualanAda Proyek Migas, Kebutuhan Listrik BertambahTak Taat Perda, Baliho Dibongkar TotalDiintimidasi, Bus Bojonegoro-Surabaya Masih MogokKe Jerman, 11 Anggota DPR Habiskan Rp1 M Hedupi Keluarga Dengan Batu Bata