Anak yang Aktif Bergerak Lebih Sehat secara Mental
Rabu, 11 Januari 2017 07:00:55 Anak yang Aktif Bergerak Lebih Sehat secara Mental

Reporter :-

blokBojonegoro.com -
Olahraga ternyata tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga mental. Dalam studi terbaru, peneliti dari Norwegian University of Science and Technology menemukan manfaat olahaga untuk mengatasi depresi pada anak-anak.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics itu melibatkan hampir 800 anak-anak berusia 6 tahun. Mereka ditanyai tentang kebiasaan olahraga. Pada usia 8-10 tahun, peneliti kemudian mengamati gejala depresi pada anak-anak.

Peneliti menemukan, anak yang kurang aktif lebih berisiko mengalami gejala depresi dibanding anak-anak yang kurang aktif.

Peneliti utama, Tonje Zahl, menjelaskan, saat depresi, anak-anak biasanya lebih banyak duduk dan kurang aktif seperti halnya orang dewasa. Hal itu justru bisa memperburuk keadaan.

Olahraga memang bukan obat depresi. Akan tetapi, menjadi lebih aktif karena berolahraga dapat mengurangi beberapa gejala depresi. Tak hanya pada anak-anak, tetapi juga bisa dirasakan manfaatnya pada remaja dan orang dewasa.

Menurut Zahl, penelitian ini menjadi alasan penting mengapa anak-anak harus dibiasakan melakukan aktivitas fisik dan diberi dukungan fasilitas untuk melakukannya. Selain untuk memerangi obesitas, rutin olahraga juga untuk memelihara kesehatan mental dalam jangka panjang.

Selain itu, bagi tim dokter yang menangani masalah kesehatan mental, tak ada salahnya untuk menyarankan pasien aktif berolahraga. Olahraga bisa menjadi perawatan tambahan untuk mengatasi depresi.

Bagi orangtua, peneliti juga mengingatkan agar anak-anak didukung untuk melakukan olahraga. Apalagi untuk anak-anak yang berisiko tinggi mengalami depresi.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2017/01/09/154500323/anak.
yang.aktif.bergerak.lebih.sehat.secara.mental

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Senin, 06 Februari 2017 14:00:14 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB
    Media internal Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), yakni SAMIN NEWS, mengirimkan 6 crew untuk magang di kantor redaksi blokBojonegoro (bB) Media. Mereka, nantinya akan diproyeksikan menjadi tim redaksi dalam media internal.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 11 Februari 2017 10:00:35 Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan
    Karang Taruna (Karta) Sumber Karya, Desa Sumbertlaseh, Kecamatan Dander menggela Ngaji Bareng sekaligus untuk merembug kegiatan, Jumat (10/2/2017).
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...