Blok Cepu
Tender Pengelola Limbah B3 Tahap Negosiasi
Jumat, 08 Februari 2013 09:00:00 Tender Pengelola Limbah B3 Tahap Negosiasi

Reporter : Imam Hambali

blokBojonegoro.com - Penentuan perusahaan pengolah limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di proyek Engineering Procurement and Constructions (EPC) 1, Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, sejauh ini masih dalam tahap negosiasi. Proses dilakukan kontraktor PT Tripatra Engineers and Constructors.

Community Affairs and Manajer PT Tripatra, Budi Karyawan menjelaskan, proses seleksi beberapa perusahaan yang nantinya menjadi subkontraktor di bidang pekerjaan tersebut masih dilakukan. "Untuk limbah B3 masih dalam tahap negosiasi," katanya kepada blokBojonegoro.com.

Limbah B3 merupakan bahan yang karena sifat kimia maupun kondisi fisiknya sangat berpotensi menyebabkan gangguan pada kesehatan manusia, kerusakan properti dan atau lingkungan. Selain itu, pengelolaanya pun juga termaktub dalam peraturan PP No. 74 tahun 2001 tentang Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun.

Menurut Budi, proses perizinan pengelolaan limbah ini pun dirasa lebih rumit dibanding pengolahan limbah domestik lainnya. "Lebih rumit pengelolaan ini dibanding lainya, soalnya izinnya juga dari langsung ke menteri," sambungnya.

Perizinan yang dimaksud, seperti halnya harus memiliki izin mengumpulkan bahan beracun, izin mengangkut dan izin mengolah, semua itu dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

Hanya saja, dirinya belum mengetahui secara pasti kapan pemenang tender pengolahan limbah B3 diumumkan. [mam/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
    Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...