Blok Cepu
Tender Pengelola Limbah B3 Tahap Negosiasi
Jumat, 08 Februari 2013 09:00:00 Tender Pengelola Limbah B3 Tahap Negosiasi

Reporter : Imam Hambali

blokBojonegoro.com - Penentuan perusahaan pengolah limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di proyek Engineering Procurement and Constructions (EPC) 1, Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, sejauh ini masih dalam tahap negosiasi. Proses dilakukan kontraktor PT Tripatra Engineers and Constructors.

Community Affairs and Manajer PT Tripatra, Budi Karyawan menjelaskan, proses seleksi beberapa perusahaan yang nantinya menjadi subkontraktor di bidang pekerjaan tersebut masih dilakukan. "Untuk limbah B3 masih dalam tahap negosiasi," katanya kepada blokBojonegoro.com.

Limbah B3 merupakan bahan yang karena sifat kimia maupun kondisi fisiknya sangat berpotensi menyebabkan gangguan pada kesehatan manusia, kerusakan properti dan atau lingkungan. Selain itu, pengelolaanya pun juga termaktub dalam peraturan PP No. 74 tahun 2001 tentang Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun.

Menurut Budi, proses perizinan pengelolaan limbah ini pun dirasa lebih rumit dibanding pengolahan limbah domestik lainnya. "Lebih rumit pengelolaan ini dibanding lainya, soalnya izinnya juga dari langsung ke menteri," sambungnya.

Perizinan yang dimaksud, seperti halnya harus memiliki izin mengumpulkan bahan beracun, izin mengangkut dan izin mengolah, semua itu dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

Hanya saja, dirinya belum mengetahui secara pasti kapan pemenang tender pengolahan limbah B3 diumumkan. [mam/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
    Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
    Redaksi
    Minggu, 15 Mei 2016 10:00:13 Gerakan Bojonegoro Menulis Gerakan Bojonegoro Menulis
    Perkembangan ekonomi Kabupaten Bojonegoro cukup pesat. Hal itu tak lepas dari produksi minyak di Blok Cepu yang mencapai puncak 165.000 barel perhari (bph). Ladang Blok Cepu berada di wilayah selatan Bojonegoro. Industri migas itupun berdampak di bidang lain, mulai sosial, politik, pariwisata, dan pendidikan.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 28 Mei 2016 16:00:11 Lestarikan Budaya Islam, IPNU Kasiman Dukung Hadrah Rutinan Lestarikan Budaya Islam, IPNU Kasiman Dukung Hadrah Rutinan
    Seni hadrah sudah dikenal sebagai salah satu bentuk kesenian yang menjadi bagian dalam melakukan penyebaran ajaran agama Islam. Seni inipun diketahui sudah digunakan oleh para ulama sejak jaman dahulu dalam berdakwah. Dengan melestarikan seni ini, diharapkan nilai dari ajaran Islam semakin dapat dirasakan-melalui pendekatan budaya-oleh seluruh masyarakat. Hal tersebut juga menjadi ihtiyar yang dilakukan oleh Pengurus Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PAC IPNU) Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...