Blok Cepu
Tender Pengelola Limbah B3 Tahap Negosiasi
Jumat, 08 Februari 2013 09:00:00 Tender Pengelola Limbah B3 Tahap Negosiasi

Reporter : Imam Hambali

blokBojonegoro.com - Penentuan perusahaan pengolah limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di proyek Engineering Procurement and Constructions (EPC) 1, Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, sejauh ini masih dalam tahap negosiasi. Proses dilakukan kontraktor PT Tripatra Engineers and Constructors.

Community Affairs and Manajer PT Tripatra, Budi Karyawan menjelaskan, proses seleksi beberapa perusahaan yang nantinya menjadi subkontraktor di bidang pekerjaan tersebut masih dilakukan. "Untuk limbah B3 masih dalam tahap negosiasi," katanya kepada blokBojonegoro.com.

Limbah B3 merupakan bahan yang karena sifat kimia maupun kondisi fisiknya sangat berpotensi menyebabkan gangguan pada kesehatan manusia, kerusakan properti dan atau lingkungan. Selain itu, pengelolaanya pun juga termaktub dalam peraturan PP No. 74 tahun 2001 tentang Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun.

Menurut Budi, proses perizinan pengelolaan limbah ini pun dirasa lebih rumit dibanding pengolahan limbah domestik lainnya. "Lebih rumit pengelolaan ini dibanding lainya, soalnya izinnya juga dari langsung ke menteri," sambungnya.

Perizinan yang dimaksud, seperti halnya harus memiliki izin mengumpulkan bahan beracun, izin mengangkut dan izin mengolah, semua itu dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

Hanya saja, dirinya belum mengetahui secara pasti kapan pemenang tender pengolahan limbah B3 diumumkan. [mam/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 10 April 2014 02:30:11 Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu
    Sebagai upaya pembelajaran dalam politik bagi generasi muda, adik-adik Saka Bhayangkara Polsek Kedungadem dilibatkan sebagai relawan Pemilu
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...