Blok Cepu
Tender Pengelola Limbah B3 Tahap Negosiasi
Jumat, 08 Februari 2013 09:00:00 Tender Pengelola Limbah B3 Tahap Negosiasi

Reporter : Imam Hambali

blokBojonegoro.com - Penentuan perusahaan pengolah limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di proyek Engineering Procurement and Constructions (EPC) 1, Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, sejauh ini masih dalam tahap negosiasi. Proses dilakukan kontraktor PT Tripatra Engineers and Constructors.

Community Affairs and Manajer PT Tripatra, Budi Karyawan menjelaskan, proses seleksi beberapa perusahaan yang nantinya menjadi subkontraktor di bidang pekerjaan tersebut masih dilakukan. "Untuk limbah B3 masih dalam tahap negosiasi," katanya kepada blokBojonegoro.com.

Limbah B3 merupakan bahan yang karena sifat kimia maupun kondisi fisiknya sangat berpotensi menyebabkan gangguan pada kesehatan manusia, kerusakan properti dan atau lingkungan. Selain itu, pengelolaanya pun juga termaktub dalam peraturan PP No. 74 tahun 2001 tentang Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun.

Menurut Budi, proses perizinan pengelolaan limbah ini pun dirasa lebih rumit dibanding pengolahan limbah domestik lainnya. "Lebih rumit pengelolaan ini dibanding lainya, soalnya izinnya juga dari langsung ke menteri," sambungnya.

Perizinan yang dimaksud, seperti halnya harus memiliki izin mengumpulkan bahan beracun, izin mengangkut dan izin mengolah, semua itu dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

Hanya saja, dirinya belum mengetahui secara pasti kapan pemenang tender pengolahan limbah B3 diumumkan. [mam/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
    Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...