Masyarakat Cendono Sambut Hangat Rencana Eksploitasi
Kamis, 11 Juli 2013 16:00:34

Reporter: Imam Hambali

blokBojonegoro.com - Rencana eksplorasi dan eksploitasi Minyak dan Gas Bumi (Migas) di Desa Cendono, Kecamatan Padangan, disambut baik oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat. Mereka pun turut aktif dalam proses perencanaan proyek nasional itu. Mulai dari segi keikutsertaan pada program Kajian Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) hingga sosialisasi unitisasi Jambaran-Tiungbiru dan Cendono (JTC). 

Pejabat Sementara (PJS) Kepala Desa Cendono, Agus Priono mengatakan, selama ini masyarakat desa menyambut baik rencana eksplorasi tersebut. Termasuk cukup merasa dihargai dengan dilibatkannya masyarakat setempat dalam proses kajian Amdal oleh PT Sucofindo.

"Iya beberapa hari yang lalu kita didatangi tim MCL, sehubungan dengan Amdal," ucapnya.

Agus juga menambahkan, selain proses kajian Amdal, pihaknya juga mengikuti acara konsultasi publik yang digelar oleh PT Pertamina EP Cepu di kantor Kecamatan Padangan, beberapa pekan lalu. Kegiatan itu sebagai tahap awal dalam mensosialisasikan unitisasi JTC. "Banyak warga yang terlibat aktif mengisi kuisioner saat itu," tambahnya.

Dengan rencana eksploitasi itu, masyarakat berharap agar terlibat secara penuh di proyek Migas.

Oleh sebab itu, Agus begitu ia akrab disapa  meminta kepada operator supaya mengoptimalkan perekrutan tenaga kerja bagi warga sekitar. Karena jangan sampai adanya proyek besar itu malah berimbas pada dampak negatif yang diterima masyarakat. "Tentunya pemaksimalan tenaga kerja warga Desa Cendono harus diperhatikan," harapnya.

Ditambahkan, selama operator pengelola lapangan Cendono ini bisa melakukan komunikasi yang baik, tentunya warga Desa Cendono juga akan mendukung secara penuh proyek Nasional tersebut.

Untuk diketahui, Lapangan Gas Cendono rencananya akan diunitisasi dengan dua lapangan gas lainya, yakni Jambaran yang ada di Desa Bandungrejo Kecamatan Ngasem, dan Tiung Biru (TBR) yang ada di Desa Kalisumber, Kecamatan Tambakrejo. [mam/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
    Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...