Masyarakat Cendono Sambut Hangat Rencana Eksploitasi
Kamis, 11 Juli 2013 16:00:34

Reporter: Imam Hambali

blokBojonegoro.com - Rencana eksplorasi dan eksploitasi Minyak dan Gas Bumi (Migas) di Desa Cendono, Kecamatan Padangan, disambut baik oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat. Mereka pun turut aktif dalam proses perencanaan proyek nasional itu. Mulai dari segi keikutsertaan pada program Kajian Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) hingga sosialisasi unitisasi Jambaran-Tiungbiru dan Cendono (JTC). 

Pejabat Sementara (PJS) Kepala Desa Cendono, Agus Priono mengatakan, selama ini masyarakat desa menyambut baik rencana eksplorasi tersebut. Termasuk cukup merasa dihargai dengan dilibatkannya masyarakat setempat dalam proses kajian Amdal oleh PT Sucofindo.

"Iya beberapa hari yang lalu kita didatangi tim MCL, sehubungan dengan Amdal," ucapnya.

Agus juga menambahkan, selain proses kajian Amdal, pihaknya juga mengikuti acara konsultasi publik yang digelar oleh PT Pertamina EP Cepu di kantor Kecamatan Padangan, beberapa pekan lalu. Kegiatan itu sebagai tahap awal dalam mensosialisasikan unitisasi JTC. "Banyak warga yang terlibat aktif mengisi kuisioner saat itu," tambahnya.

Dengan rencana eksploitasi itu, masyarakat berharap agar terlibat secara penuh di proyek Migas.

Oleh sebab itu, Agus begitu ia akrab disapa  meminta kepada operator supaya mengoptimalkan perekrutan tenaga kerja bagi warga sekitar. Karena jangan sampai adanya proyek besar itu malah berimbas pada dampak negatif yang diterima masyarakat. "Tentunya pemaksimalan tenaga kerja warga Desa Cendono harus diperhatikan," harapnya.

Ditambahkan, selama operator pengelola lapangan Cendono ini bisa melakukan komunikasi yang baik, tentunya warga Desa Cendono juga akan mendukung secara penuh proyek Nasional tersebut.

Untuk diketahui, Lapangan Gas Cendono rencananya akan diunitisasi dengan dua lapangan gas lainya, yakni Jambaran yang ada di Desa Bandungrejo Kecamatan Ngasem, dan Tiung Biru (TBR) yang ada di Desa Kalisumber, Kecamatan Tambakrejo. [mam/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Kamis, 11 Agustus 2016 09:30:17 Semarak Ultah ke 7 STIKes ICsada Kecee Safari ke 3, Kampus Ungu ke Redaksi bB Safari ke 3, Kampus Ungu ke Redaksi bB
    Untuk ketiga kalinya, Kampus Ungu, sebutan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada (STIKes ICsada) Bojonegoro menggelar safari akademik, Kamis (11/8/2016). Kali ini, sekitar pukul 09.00 WIB, rombongan civitas akademika Kampus Ungu sampai di kantor redaksi blokBojonegoro Media (blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro).
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 28 Agustus 2016 00:00:00 Tunggak Jati Aji Gelar Turnamen Bola Voli Tunggak Jati Aji Gelar Turnamen Bola Voli
    Paguyuban Tunggak Jati Aji akan menggelar perlombaan bola voli, antar desa dan instansi se-Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan tersebut akan berlangsung pada Minggu 28 Agustus hingga 9 September 2016, di lapangan Pangeran Benowo Rt.001/Rw.001 Desa Geneng, Kecamatan Margomulyo.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...