Temuan BPK , Pembelian BBM Pemkab Bojonegoro Tidak Wajar
Minggu, 03 Juli 2011 16:00:00 Temuan BPK , Pembelian BBM Pemkab Bojonegoro Tidak Wajar

Reporter : Nitis Sahpeni

blokBojonegoro.com - Dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI tentang laporan keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro tahun 2010 menyoroti belanja Bahan bakar minyak (BBM).

Ada 7 SKPD yang dinilai tidak memenuhi pertanggungjawaban pembelian BBM, meskipun tidak merinci 7 SKPD tersebut dinas mana saja BPK RI memberikan opini : realisasi belanja bahan bakar minyak "tidak dapat diyakini kewajarannya".

Kondisi tersebut disebabkan pengawasan intern belum optimal melakukan pengendalian yang memadai untuk pembelian BBM.

Temuan BPK ini didasarkan sistem pembayaran dan kupon BBM yang dibuat sendiri oleh 7 SKPD tanpa nomor seri dan nomor plat kendaraan, sementara tagihan di SPBU Kalianyar tidak dilampiri bukti print-out.

Selain itu, SKPD hanya melampirkan bukti rekap pengeluaran BBM tanpa didukung nota pembelian. Sehingga, hal itu memunculkan kerancuan. Yakni, nota pembelian yang dikeluarkan SKPD berbeda dengan nota yang dikeluarkan oleh SPBU.

Sementara itu, Sekkab Bojonegoro, Soehadi Moeljono belum bisa dimintai konfirmasi, saat wartawan blokBojonegoro.com mencoba mengirim short massage service (sms), hingga berita ini diturunkan belum mendapat balasan. [pen]

ilustrasi: edukasi.kompas.com

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 10 April 2014 02:30:11 Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu
    Sebagai upaya pembelajaran dalam politik bagi generasi muda, adik-adik Saka Bhayangkara Polsek Kedungadem dilibatkan sebagai relawan Pemilu
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...