Temuan BPK , Pembelian BBM Pemkab Bojonegoro Tidak Wajar
Minggu, 03 Juli 2011 16:00:00 Temuan BPK , Pembelian BBM Pemkab Bojonegoro Tidak Wajar

Reporter : Nitis Sahpeni

blokBojonegoro.com - Dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI tentang laporan keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro tahun 2010 menyoroti belanja Bahan bakar minyak (BBM).

Ada 7 SKPD yang dinilai tidak memenuhi pertanggungjawaban pembelian BBM, meskipun tidak merinci 7 SKPD tersebut dinas mana saja BPK RI memberikan opini : realisasi belanja bahan bakar minyak "tidak dapat diyakini kewajarannya".

Kondisi tersebut disebabkan pengawasan intern belum optimal melakukan pengendalian yang memadai untuk pembelian BBM.

Temuan BPK ini didasarkan sistem pembayaran dan kupon BBM yang dibuat sendiri oleh 7 SKPD tanpa nomor seri dan nomor plat kendaraan, sementara tagihan di SPBU Kalianyar tidak dilampiri bukti print-out.

Selain itu, SKPD hanya melampirkan bukti rekap pengeluaran BBM tanpa didukung nota pembelian. Sehingga, hal itu memunculkan kerancuan. Yakni, nota pembelian yang dikeluarkan SKPD berbeda dengan nota yang dikeluarkan oleh SPBU.

Sementara itu, Sekkab Bojonegoro, Soehadi Moeljono belum bisa dimintai konfirmasi, saat wartawan blokBojonegoro.com mencoba mengirim short massage service (sms), hingga berita ini diturunkan belum mendapat balasan. [pen]

ilustrasi: edukasi.kompas.com

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Senin, 27 April 2015 13:30:08 Selamat Menempuh Hidup Baru Jhon Yazid Selamat Menempuh Hidup Baru Jhon Yazid
    Menjelang akhir bulan April 2015 ini, keluarga besar blokBojonegro Media kembali berbahagia, karena salah satu awak bB, M.Yazid telah mengakhiri masa lajangnya.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 27 April 2015 11:30:22 Harlah, PC IPNU IPPNU Bojonegoro Gelar Festival Banjari Harlah, PC IPNU IPPNU Bojonegoro Gelar Festival Banjari
    Dalam rangka memperingati Harlah Ikatan Pelajar Nahdhatul Ulama (IPNU) ke-61 dan Ikatan Pelajar Putri Nahdhatul Ulama (IPPNU) ke-60 Pimpinan Cabang (PC) IPNU /IPPNU Bojonegoro menyelenggarakan Festival Al Banjari, Ahad, (26/4/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...