Temuan BPK , Pembelian BBM Pemkab Bojonegoro Tidak Wajar
Minggu, 03 Juli 2011 16:00:00 Temuan BPK , Pembelian BBM Pemkab Bojonegoro Tidak Wajar

Reporter : Nitis Sahpeni

blokBojonegoro.com - Dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI tentang laporan keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro tahun 2010 menyoroti belanja Bahan bakar minyak (BBM).

Ada 7 SKPD yang dinilai tidak memenuhi pertanggungjawaban pembelian BBM, meskipun tidak merinci 7 SKPD tersebut dinas mana saja BPK RI memberikan opini : realisasi belanja bahan bakar minyak "tidak dapat diyakini kewajarannya".

Kondisi tersebut disebabkan pengawasan intern belum optimal melakukan pengendalian yang memadai untuk pembelian BBM.

Temuan BPK ini didasarkan sistem pembayaran dan kupon BBM yang dibuat sendiri oleh 7 SKPD tanpa nomor seri dan nomor plat kendaraan, sementara tagihan di SPBU Kalianyar tidak dilampiri bukti print-out.

Selain itu, SKPD hanya melampirkan bukti rekap pengeluaran BBM tanpa didukung nota pembelian. Sehingga, hal itu memunculkan kerancuan. Yakni, nota pembelian yang dikeluarkan SKPD berbeda dengan nota yang dikeluarkan oleh SPBU.

Sementara itu, Sekkab Bojonegoro, Soehadi Moeljono belum bisa dimintai konfirmasi, saat wartawan blokBojonegoro.com mencoba mengirim short massage service (sms), hingga berita ini diturunkan belum mendapat balasan. [pen]

ilustrasi: edukasi.kompas.com

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Jumat, 07 November 2014 21:00:35 Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas
    Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas Jabamanusasi disabet reporter blokBojonegoro.com. Muhammad A. Qohhar yang memperoleh juara 1.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 15 Desember 2014 20:00:47 FKMB UIN Sunan Ampel Gelar Diklat Jurnalistik FKMB UIN Sunan Ampel Gelar Diklat Jurnalistik
    Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) UIN Sunan Ampel Surabaya kembali menggelar diklat jurnalistik, Minggu (14/12/2014).
    Info Tabloid bB
    Selasa, 01 Juli 2014 09:51:00 Tabloid bB Edisi Juli 2014
    Pada Juli 2014 atau bertepatan bulan dimana koperasi berdiri, awak redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengupas bagaimana koperasi menjadi penggerak ekonomi kerakyatan. Itu sesuai dengan prinsip yang ditanamkan sejak mulai digulirkan. Melalui tema besar di rubrik Investigasi “Koperasi atau Koper Isi” ingin digambarkan secara utuh bagaimana masyarakat disatu sisi terbantu dengan keber ...