Replik, Penahanan Sri Utami Cacat Formil
Jumat, 09 September 2011 20:00:00 Replik, Penahanan Sri Utami Cacat Formil

Reporter : Joel Joko

blokBojonegoro.com - Sidang gugatan pra-peradilan masalah penahanan Sri Utami telah memasuki babak saling jawab. Pihak pemohon yakni Sri Utami melalaui tim Penasehat Hukum (PH) hari ini giliran menyampaikan replik. Menanggapi tanggapan atas materi gugatan sebelumnya, Wanda Winara Djatnikapoetra menyatakan prosedur penahanan Sri Utami cacat formil.

Surat Perintah penahanan yang dikeluarkan 12 Agustus 2011 tidak sesuai ketentuan  dan kewenangan peraturan yang berlaku. Tersangka bukannya tidak kooperatif dalam panggilan pemeriksaan, tetapi setiap kali berhalangan selalu ditindaklanjuti dengan surat pemberitahuan.

"Kita akan tunjukkan surat panggilan pertama dan pemberitahuan keadaan sakit dari dokter yang disampaikan kepada tersangka," jelas Wanda.

Senada, Penasehat Sri Utami lainnya, Sangap Sidauruk mengkritik penulisan nama  terdakwa dalam berita acara penahanan terhadap Sri Utami yang sejatinya masih berstatus tersangka.

Selain itu masalah  surat panggilan yang dikirim melalui faximile bukanlah tindakan profesional sebagai pemangku tugas negara. "Penetapan status tersangka justru merugikan kinerja  Sri Utami sebagai pemilik PJTKI Kriya Megah Utama, Malang, Sementara status Sri Utami belumlah sebagai orang yang benar-benar bersalah," tambah Sangap.

Menanggapi jawaban Tim PH, para termohon yang diwakili Nusirwan Sahrul dan Arifin mengatakan tetap pada jawaban semula bahwa penahanan tersebut sudah sesuai prosedur. Sedangkan penulisan terdakwa akan dicatat sebagai kesalahan pengetikan.

Selanjutnya pengadilan minta kepada pemohon dan termohon menyampaikan bukti surat. Ketua Majelis Hakim,  Ketut Kimiarsa minta agar kedua belah pihak senin (12/9/2011) nanti menyiapkan dokumen yang diajukan. Sebab, gugatan pra-peradilan waktunya hanya 7 hari. Sehingga maximal kamis nanti harus sudah kelar. [oel/lis]

Teks foto/Joel Joko: dua pengacara Sri Utami saat memperjuangkan kliennya di PN Bojonegoro

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
    Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
    Redaksi
    Minggu, 15 Mei 2016 10:00:13 Gerakan Bojonegoro Menulis Gerakan Bojonegoro Menulis
    Perkembangan ekonomi Kabupaten Bojonegoro cukup pesat. Hal itu tak lepas dari produksi minyak di Blok Cepu yang mencapai puncak 165.000 barel perhari (bph). Ladang Blok Cepu berada di wilayah selatan Bojonegoro. Industri migas itupun berdampak di bidang lain, mulai sosial, politik, pariwisata, dan pendidikan.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 28 Mei 2016 16:00:11 Lestarikan Budaya Islam, IPNU Kasiman Dukung Hadrah Rutinan Lestarikan Budaya Islam, IPNU Kasiman Dukung Hadrah Rutinan
    Seni hadrah sudah dikenal sebagai salah satu bentuk kesenian yang menjadi bagian dalam melakukan penyebaran ajaran agama Islam. Seni inipun diketahui sudah digunakan oleh para ulama sejak jaman dahulu dalam berdakwah. Dengan melestarikan seni ini, diharapkan nilai dari ajaran Islam semakin dapat dirasakan-melalui pendekatan budaya-oleh seluruh masyarakat. Hal tersebut juga menjadi ihtiyar yang dilakukan oleh Pengurus Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PAC IPNU) Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...