Ari Sukoco Dilepas Tanpa Penetapan Yang Jelas
Senin, 19 September 2011 19:00:00 Ari Sukoco Dilepas Tanpa Penetapan Yang Jelas

Reporter : Joel Joko

blokBojonegoro.com - Petualangan Ari Sukoco (32) warga Desa Panjunan, Kecamatan Kalitidu memang menarik untuk diikuti. Sebelumnya ia pernah disebut-sebut salah tangkap, karena disangka ikut dalam aksi pencurian sepeda motor. Namun oleh Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro ia dinyatakan terbukti bersalah, sehingga pengadilan menjatuhkan vonis 18 bulan penjara.

Atas putusan tersebut terdakwa melalui penasehat hukumnya menyatakan banding. Sehingga sejak mendaftarkan banding maka kewenangan penahanan beralih menjadi penahanan Pengadilan Tinggi (PT). Atas dasar itulah pada Senin(19/9/2011) terdakwa dilepas oleh Lapas Bojonegoro.

"Saya sangat bersyukur bisa lepas," kata Ari Sukoco saat ditemui di depan Lapas.

Sebelumnya Ari Sukoco sempat dibawa ke PN Bojonegoro oleh pegawai Lapas untuk menanyakan surat penetapan dari PT apakah sudah turun. Salah satunya Kasi Binadik Lapas Kusdwiawanto Adi ikut mendampingi ke dalam ruangan pidana.

Ari Sukoco maupun Kasi Binadik sempat menyapa wartawan tapi tidak ada penjelasan apa-apa. Sementara Panitera Muda Pidana, Saadullah membenarkan kalau maksud kedatangan pegawai Lapas untuk menanyakan perpanjangan penahanan dari PT. Sebab, kalau tidak ada perpanjangan maka hari ini masa penahanan pengadilan sudah habis.

"Penahanan terdakwa menjadi wewenang PT, sedangkan perpanjangan baru dikirim pada 15 September dan sampai sekarang belum turun," jelas Saadullah.

Karena tidak mendapat jawaban dari PN akhirnya pegawai Lapas membawa Ari Sukoco berikutnya ke Kejaksaan. Sepertinya kejaksaan juga tidak memberikan respon. Jaksa Eksekutor, M Arifin saat dikonfirmasi enggan mengangkat ponselnya.

 Sementara setelah lepas dari tahanan Ari Sukoco dengan diantar seorang pegawai Lapas meninggalkan Lapas menuju rumahnya di Desa Panjunan-Kalitidu. [oel/lis]

Teks foto/Joel Joko : Ari Sukoco saat meninggalkan Lapas

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
    Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...