3 Raperda Oke, 3 Raperda Terancam Eliminasi
Selasa, 01 November 2011 18:30:56 3 Raperda Oke, 3 Raperda Terancam Eliminasi

Reporter: Muhammad A Qohhar

blokBojonegoro.com - Pembahasan rancangan peraturan daerah (Raperda) tahun 2011 berjalan menarik. Karena, panitia khusus (Pansus) yang dibentuk merupakan tiap komisi, tidak seperti sebelumnya.

Untuk pansus I yang dilakukan Komisi A DPRD Bojonegoro, Senin (1/11/2011) membahas mengenai pemekaran wilayah, khususnya di Kecamatan Ngasem. Lokasi yang wilayahnya terdapat sumber minyak cukup besar tersebut akan dipecah dengan kecamatan baru, yakni Kecamatan Gayam.

Selain Raperda tentang Pembentukan Kecamatan Gayam juga ada Raperda tentang Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah dalam Pelaksanaan Eksplorasi dan Eksploitasi serta Pengolahan Minyak dan Gas Bumi (Migas) di Kabupaten Bojonegoro.

"Untuk dua Raperda tersebut, telah kita bahas. Untuk satu Raperda lagi masih dalam proses pembahasan dengan teman-teman di internal pansus, yakni Raperda tentang  Transparansi Tata Kelola Pemerintahan di Bidang Instrustri Ekstraktif Migas," jelas anggota pansus yang juga Ketua Badan Legislasi (Banleg), Sigit Kushariyanto.

Ditanya mengenai keberadaan Raperda transparansi yang merupakan inisiatif, Sigit menjelaskan, jika semuanya masih akan diperdalam lagi pembahasannya.

Namun, beberapa kabar yang berkembang, jika isi dari Raperda inisiatif tersebut banyak kesamaan dengan Raperda usulan Pemkab Bojonegoro. Terkecuali masalah transparansi maupun kelengkapan dari pembahasan CSR. Tetapi yang disorot adalah masalah ekstraktifnya. "Dilihat saja nanti, bagaimana pembahasannya," lanjut Kabag Hukum Pemkab Bojonegoro, Agus S, disela-sela proses rapat berjalan.

Sedangkan untuk Komisi B yang juga Pansus II membahas tentang Raperda Pendirian Perusahaan Daerah Air Minum dan wajib pajak. Pembahasannya juga masih berlangsung dan belum ada keputusan. "Yang wajib pajak kita apresiasi, karema memang seharusnya pendapatan ada di Bojonegoro, bukan di Jakarta," tambah Ketua Komisi B, Hisbullah Huda.

Sementara itu, kabar kurang mengenakkan juga diterima pengusul Raperda inisiatif tentang Penanggulangan Bencana. Karena, Raperda yang dibahas di Pansus III yang juga Komisi C itu sempat ditunda.

"Kami masih mempertimbangkan untuk pembahasannya. Besok akan kita bahas lagi di Pansus III. Namun untuk Raperda tentang Kesejahteraan Lansia telah kita bahas," sambungnya.

Terpisah, Ketua Pansus IV yang juga Ketua Komisi D, Ali Huda menegaskan, di pansusnya juga masih akan membahas lagi dua Raperda besok. Yakni tentang pengelolaan asset dan Raperda tentang Tata Cara Perencanaan, Pembangunan dan Penganggaran Daerah Kabupaten Bojonegoro.

Walaupun begitu, ditanya mengenai beberapa kabar yang berhembus terkait akan ditundanya pembahasan Raperda inisitaif yang berada di tempatnya, ia tidak membantah dan juga tidak menjawab secara pasti. "Besok semuanya akan dibahas lagi," jelasnya. [mad]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 10 April 2014 02:30:11 Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu
    Sebagai upaya pembelajaran dalam politik bagi generasi muda, adik-adik Saka Bhayangkara Polsek Kedungadem dilibatkan sebagai relawan Pemilu
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...