Blok Migas Cepu
Tripatra: Pengertian Lokal itu 34 %, Sisanya Lebih Lanjut
Kamis, 10 November 2011 09:00:53 Tripatra: Pengertian Lokal itu 34 %, Sisanya Lebih Lanjut

Reporter: Athok Moch Nur Rozaqy

blokBojonegoro.com - Masih belum jelasnya pengertian Lokal, seolah berpengaruh dalam kaitannya dengan pengembangan industri migas di Bojonegoro yang kini memasuki tahap pelaksanaan EPC 1. Bersamaan dengan itu, isu dan wacana tentang Lokal kian mengemuka. Termasuk dengan diterbitkannya Perbup 48/11 tentang Optimalisasi Kandungan Lokal dalam Kegiatan Industri Migas dan Perda tentang Percepatan Ekonomi dalam Pelaksanaan Eksplorasi dan Eksploitasi serta Pengolahan Migas di Kabupaten Bojonegoro.

Berdasarkan data yang dihimpun blokBojonegoro.com menyebutkan, belakangan ini muncul lagi pengertian lokal dalam versi lain, yakni lokal Bojonegoro dan lokal "puol" (banget). Ini berarti lokal dalam lingkup masyarakat Kabupaten Bojonegoro dan lokal masyarakat di sekitar lokasi wilayah pengeboran migas.

Sementara, dari pihak operator yang mengacu pada peraturan BP-Migas, pengertian lokal adalah dalam skala nasional. "Dalam kontrak kami dengan Mobil Cepu Limited (MCL), yang disebut lokal konten itu 34% dari seluruh Indonesia, dan sisanya nanti ada aturan-aturannya lagi," kata President Direktur PT Tripatra Engineers & Constructors, Albert Steven Budisusetija.

Dia menjelaskan, ke depan proyek tersebut diperkirakan membutuhkan sekitar 2600 kombinasi pekerja luar dan dalam Bojonegoro. Sedangkan perkiraan kebutuhan dari tenaga lokal sekitar 600 pekerja.

"Yang dibutuhkan sekitar 500 hingga 600 pekerja. Itu pun nanti akan diberi pelatihan lebih dulu," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, pada intinya pihaknya menyatakan semua tergantung komitmen bersama. Permasalahan pembagian dengan lokal hanya tinggal perkembangan. Sebab, proses pengerjaan proyek EPC 1 diperkirakan terbilang masih cukup lama.

"Semuanya itu tinggal definisinya bagaimana kita bekerjasama, dan apa yang bisa dikerjakan bersama-sama pula. Pengerjaan proyek ini diperkirakan akan berakhir pada bulan Agustus tahun 2014 mendatang," tandas Steven.
 
Ketika disinggung apakah kendala perizinan ini menggangu schedule proyeknya? Dia mengaku tidak ada yang menghambat. [roz/yud]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
    Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...