Blok Migas Cepu
Tripatra: Pengertian Lokal itu 34 %, Sisanya Lebih Lanjut
Kamis, 10 November 2011 09:00:53 Tripatra: Pengertian Lokal itu 34 %, Sisanya Lebih Lanjut

Reporter: Athok Moch Nur Rozaqy

blokBojonegoro.com - Masih belum jelasnya pengertian Lokal, seolah berpengaruh dalam kaitannya dengan pengembangan industri migas di Bojonegoro yang kini memasuki tahap pelaksanaan EPC 1. Bersamaan dengan itu, isu dan wacana tentang Lokal kian mengemuka. Termasuk dengan diterbitkannya Perbup 48/11 tentang Optimalisasi Kandungan Lokal dalam Kegiatan Industri Migas dan Perda tentang Percepatan Ekonomi dalam Pelaksanaan Eksplorasi dan Eksploitasi serta Pengolahan Migas di Kabupaten Bojonegoro.

Berdasarkan data yang dihimpun blokBojonegoro.com menyebutkan, belakangan ini muncul lagi pengertian lokal dalam versi lain, yakni lokal Bojonegoro dan lokal "puol" (banget). Ini berarti lokal dalam lingkup masyarakat Kabupaten Bojonegoro dan lokal masyarakat di sekitar lokasi wilayah pengeboran migas.

Sementara, dari pihak operator yang mengacu pada peraturan BP-Migas, pengertian lokal adalah dalam skala nasional. "Dalam kontrak kami dengan Mobil Cepu Limited (MCL), yang disebut lokal konten itu 34% dari seluruh Indonesia, dan sisanya nanti ada aturan-aturannya lagi," kata President Direktur PT Tripatra Engineers & Constructors, Albert Steven Budisusetija.

Dia menjelaskan, ke depan proyek tersebut diperkirakan membutuhkan sekitar 2600 kombinasi pekerja luar dan dalam Bojonegoro. Sedangkan perkiraan kebutuhan dari tenaga lokal sekitar 600 pekerja.

"Yang dibutuhkan sekitar 500 hingga 600 pekerja. Itu pun nanti akan diberi pelatihan lebih dulu," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, pada intinya pihaknya menyatakan semua tergantung komitmen bersama. Permasalahan pembagian dengan lokal hanya tinggal perkembangan. Sebab, proses pengerjaan proyek EPC 1 diperkirakan terbilang masih cukup lama.

"Semuanya itu tinggal definisinya bagaimana kita bekerjasama, dan apa yang bisa dikerjakan bersama-sama pula. Pengerjaan proyek ini diperkirakan akan berakhir pada bulan Agustus tahun 2014 mendatang," tandas Steven.
 
Ketika disinggung apakah kendala perizinan ini menggangu schedule proyeknya? Dia mengaku tidak ada yang menghambat. [roz/yud]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
    Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
    Redaksi
    Minggu, 15 Mei 2016 10:00:13 Gerakan Bojonegoro Menulis Gerakan Bojonegoro Menulis
    Perkembangan ekonomi Kabupaten Bojonegoro cukup pesat. Hal itu tak lepas dari produksi minyak di Blok Cepu yang mencapai puncak 165.000 barel perhari (bph). Ladang Blok Cepu berada di wilayah selatan Bojonegoro. Industri migas itupun berdampak di bidang lain, mulai sosial, politik, pariwisata, dan pendidikan.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 28 Mei 2016 16:00:11 Lestarikan Budaya Islam, IPNU Kasiman Dukung Hadrah Rutinan Lestarikan Budaya Islam, IPNU Kasiman Dukung Hadrah Rutinan
    Seni hadrah sudah dikenal sebagai salah satu bentuk kesenian yang menjadi bagian dalam melakukan penyebaran ajaran agama Islam. Seni inipun diketahui sudah digunakan oleh para ulama sejak jaman dahulu dalam berdakwah. Dengan melestarikan seni ini, diharapkan nilai dari ajaran Islam semakin dapat dirasakan-melalui pendekatan budaya-oleh seluruh masyarakat. Hal tersebut juga menjadi ihtiyar yang dilakukan oleh Pengurus Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PAC IPNU) Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...