Blok Migas Cepu
Tripatra: Pengertian Lokal itu 34 %, Sisanya Lebih Lanjut
Kamis, 10 November 2011 09:00:53 Tripatra: Pengertian Lokal itu 34 %, Sisanya Lebih Lanjut

Reporter: Athok Moch Nur Rozaqy

blokBojonegoro.com - Masih belum jelasnya pengertian Lokal, seolah berpengaruh dalam kaitannya dengan pengembangan industri migas di Bojonegoro yang kini memasuki tahap pelaksanaan EPC 1. Bersamaan dengan itu, isu dan wacana tentang Lokal kian mengemuka. Termasuk dengan diterbitkannya Perbup 48/11 tentang Optimalisasi Kandungan Lokal dalam Kegiatan Industri Migas dan Perda tentang Percepatan Ekonomi dalam Pelaksanaan Eksplorasi dan Eksploitasi serta Pengolahan Migas di Kabupaten Bojonegoro.

Berdasarkan data yang dihimpun blokBojonegoro.com menyebutkan, belakangan ini muncul lagi pengertian lokal dalam versi lain, yakni lokal Bojonegoro dan lokal "puol" (banget). Ini berarti lokal dalam lingkup masyarakat Kabupaten Bojonegoro dan lokal masyarakat di sekitar lokasi wilayah pengeboran migas.

Sementara, dari pihak operator yang mengacu pada peraturan BP-Migas, pengertian lokal adalah dalam skala nasional. "Dalam kontrak kami dengan Mobil Cepu Limited (MCL), yang disebut lokal konten itu 34% dari seluruh Indonesia, dan sisanya nanti ada aturan-aturannya lagi," kata President Direktur PT Tripatra Engineers & Constructors, Albert Steven Budisusetija.

Dia menjelaskan, ke depan proyek tersebut diperkirakan membutuhkan sekitar 2600 kombinasi pekerja luar dan dalam Bojonegoro. Sedangkan perkiraan kebutuhan dari tenaga lokal sekitar 600 pekerja.

"Yang dibutuhkan sekitar 500 hingga 600 pekerja. Itu pun nanti akan diberi pelatihan lebih dulu," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, pada intinya pihaknya menyatakan semua tergantung komitmen bersama. Permasalahan pembagian dengan lokal hanya tinggal perkembangan. Sebab, proses pengerjaan proyek EPC 1 diperkirakan terbilang masih cukup lama.

"Semuanya itu tinggal definisinya bagaimana kita bekerjasama, dan apa yang bisa dikerjakan bersama-sama pula. Pengerjaan proyek ini diperkirakan akan berakhir pada bulan Agustus tahun 2014 mendatang," tandas Steven.
 
Ketika disinggung apakah kendala perizinan ini menggangu schedule proyeknya? Dia mengaku tidak ada yang menghambat. [roz/yud]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Senin, 27 April 2015 13:30:08 Selamat Menempuh Hidup Baru Jhon Yazid Selamat Menempuh Hidup Baru Jhon Yazid
    Menjelang akhir bulan April 2015 ini, keluarga besar blokBojonegro Media kembali berbahagia, karena salah satu awak bB, M.Yazid telah mengakhiri masa lajangnya.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 27 April 2015 11:30:22 Harlah, PC IPNU IPPNU Bojonegoro Gelar Festival Banjari Harlah, PC IPNU IPPNU Bojonegoro Gelar Festival Banjari
    Dalam rangka memperingati Harlah Ikatan Pelajar Nahdhatul Ulama (IPNU) ke-61 dan Ikatan Pelajar Putri Nahdhatul Ulama (IPPNU) ke-60 Pimpinan Cabang (PC) IPNU /IPPNU Bojonegoro menyelenggarakan Festival Al Banjari, Ahad, (26/4/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...