Blok Migas Cepu
Tripatra: Pengertian Lokal itu 34 %, Sisanya Lebih Lanjut
Kamis, 10 November 2011 09:00:53 Tripatra: Pengertian Lokal itu 34 %, Sisanya Lebih Lanjut

Reporter: Athok Moch Nur Rozaqy

blokBojonegoro.com - Masih belum jelasnya pengertian Lokal, seolah berpengaruh dalam kaitannya dengan pengembangan industri migas di Bojonegoro yang kini memasuki tahap pelaksanaan EPC 1. Bersamaan dengan itu, isu dan wacana tentang Lokal kian mengemuka. Termasuk dengan diterbitkannya Perbup 48/11 tentang Optimalisasi Kandungan Lokal dalam Kegiatan Industri Migas dan Perda tentang Percepatan Ekonomi dalam Pelaksanaan Eksplorasi dan Eksploitasi serta Pengolahan Migas di Kabupaten Bojonegoro.

Berdasarkan data yang dihimpun blokBojonegoro.com menyebutkan, belakangan ini muncul lagi pengertian lokal dalam versi lain, yakni lokal Bojonegoro dan lokal "puol" (banget). Ini berarti lokal dalam lingkup masyarakat Kabupaten Bojonegoro dan lokal masyarakat di sekitar lokasi wilayah pengeboran migas.

Sementara, dari pihak operator yang mengacu pada peraturan BP-Migas, pengertian lokal adalah dalam skala nasional. "Dalam kontrak kami dengan Mobil Cepu Limited (MCL), yang disebut lokal konten itu 34% dari seluruh Indonesia, dan sisanya nanti ada aturan-aturannya lagi," kata President Direktur PT Tripatra Engineers & Constructors, Albert Steven Budisusetija.

Dia menjelaskan, ke depan proyek tersebut diperkirakan membutuhkan sekitar 2600 kombinasi pekerja luar dan dalam Bojonegoro. Sedangkan perkiraan kebutuhan dari tenaga lokal sekitar 600 pekerja.

"Yang dibutuhkan sekitar 500 hingga 600 pekerja. Itu pun nanti akan diberi pelatihan lebih dulu," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, pada intinya pihaknya menyatakan semua tergantung komitmen bersama. Permasalahan pembagian dengan lokal hanya tinggal perkembangan. Sebab, proses pengerjaan proyek EPC 1 diperkirakan terbilang masih cukup lama.

"Semuanya itu tinggal definisinya bagaimana kita bekerjasama, dan apa yang bisa dikerjakan bersama-sama pula. Pengerjaan proyek ini diperkirakan akan berakhir pada bulan Agustus tahun 2014 mendatang," tandas Steven.
 
Ketika disinggung apakah kendala perizinan ini menggangu schedule proyeknya? Dia mengaku tidak ada yang menghambat. [roz/yud]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 21 April 2014 18:00:20 SD Muhammadiyah 3 ICP Borong Piala Olimpiade Sains SD Muhammadiyah 3 ICP Borong Piala Olimpiade Sains
    Olimpiade Sains Plus yang diadakan oleh SMPN 1 Baureno Minggu (20/4/2014) cukup meriah. Acara yang merupakan agenda tahunan SMPN 1 Baureno ini diikuti oleh siswa SD/MI dari Lamongan, Tuban, dan Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...