Lestarikan Budaya Dengan Lomba Tumpeng
Rabu, 16 November 2011 13:00:43 Lestarikan Budaya Dengan Lomba Tumpeng

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Bentuk pelestarian budaya lokal ditunjukkan oleh siswa-siswai Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Bojonegoro. Mereka berlomba membuat tumpeng yang menjadi ciri khas budaya jawa dalam memperingati hari lahir atau yang biasa disebut weton.

Pelaksanaan lomba ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) sekolah setempat yang ke-31 serta memperingati HUT RI yang belum sempat dirayakan, dan juga dalam rangka peringatan Hari Pahlawan. "Memang sengaja dibuat bersamaan, untuk efisiensi waktu dan biaya," kata Kepala SMPN 3 Bojonegoro, Tri Djokoss.

Dipilihnya lomba tumpeng ini, diakui kepala sekolah setempat sebagai bentuk kreatifitas anak dalam mempertahankan warisan budaya leluhur. Sebab, jika tidak dipertahankan, maka Indonesia yang memiliki beragam budaya akan semakin tidak dikenal oleh anak-anak sebagai penerus bangsa.

"Lomba tumpeng ini juga diikuti oleh tujuh kelompok guru," tambahnya.

Kriteria penilaian lomba tersebut adalah dari segi kreatif yang ditonjolkan anak. Tumpeng yang dibuat harus murni hasil karya anak, dan juga rasa masakan akan menjadi pendukung dari penilaian ini.

"Untuk hadiahnya memang tidak begitu besar, namun yang utama adalah sebagai bentuk motivasi kepada mereka untuk lebih berkreasi lagi," imbuhnya.

Dengan adanya lomba ini disambut gembira olah para siswa. Seperti yang dirasakan Kurnia Rahmawati, salah satu perwakilan dari siswa kelas IX F. Ia merasa senang karena bisa mengembangkan kreatifitasnya yang dituangkan dalam lomba tumpeng ini.

"Sangat senang sekali, kami optimis pasti bisa menang, karena kami juga telah mendiskusikan dengan teman sekelas untuk lomba kali ini," ujar siswi yang akrab dipanggil Nia.

Selain lomba tersebut, diadakan pula lomba guru terdisiplin, terajin dan terapi, yang akan dinilai oleh anak didik dan teman sejawat.

Masih dalam rangkaian acara tersebut, diadakan pula kegiatan jalan sehat dengan berbagai hadiah hiburan. [ana/yud]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Minggu, 03 Januari 2016 07:55:20 Uniknya Balap Ulat di Tuban
    Balap sepeda atau balap merpati sudah menjadi hal yang lumrah dan sering kita jumpai. Namun perlombaan satu ini mungkin satu-satunya yang pernah ada di dunia, yaitu balap ulat daun jati. Lomba Unik itu diadakan masyarakat Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan hutan.
    Redaksi
    Jumat, 04 Desember 2015 13:30:00 Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB
    Crew Media Kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan(IKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bojonegoro, Sinergi mengunjungi kantor Redaksi blokBojonegoro Media (tabloid blokBojonegoro & blokBojonegoro.com) di Jalan MT Haryono, Ruko Permata Jetak No. 5A Bojonegoro, Jumat (4/12/2015).
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 06 Februari 2016 21:30:13 Diskusi OBOR PAC GP Ansor Gayam Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi
    Ramainya faham-faham radikal yang berkembang di masyarakat, dan adanya seruan dari ketua PBNU KH. Said Aqil Siroj, bahwa Indonesia dalam keadaan darurat wahabi. Hal itu mendorong sahabat-sahabat PAC GP Ansor Gayam dalam kegiatan kajian rutin OBOR (Obrolan Bareng Ansor), yang secara spesifik mengusung tema 'Mengupas Ekstrimisme Faham Wahabi dan Tantangan Bagi Kaum Nahdliyin' yang bertempat di masjid al-Muttaqin, Dusun Ledok, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...