Musim Tanam, 20 Ha Lahan Padi Diserang Hama Tikus
Jumat, 25 November 2011 16:00:51

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Memasuki musim tanam,  para petani di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bojonegoro diminta mewaspadai serangan hama tikus dan wereng coklat terhadap tanaman padi mereka.

Data dari Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro menyebutkan, saat ini sudah ada 8.908 hektare (ha) areal pertanian yang sudah ditanami padi. Antara lain berada di Kecamatan Kalitidu, Kapas dan Kanor. Dari luasan lahan yang sudah ditanami, sedikitnya 20 ha diserang hama tikus.

"Usia tanaman yang diserang hama tikus mulai 1 minggu sampai 1 bulan," jelas Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Subekti, Jumat (25/11/2011).

Upaya antisipasi serangan hama tikus, sudah dilakukan petani sejak persiapan musim tanam hingga saat ini. Mereka secara swadaya melakukan pemberantasan dengan cara pengasapan atau pengemposan.

Selain serangan tikus, menurut Subekti, petani juga diminta mewaspadai serangan hama wereng coklat. Pasalnya, hama tersebut pernah menyerang ratusan hektare tanaman padi pada musim tanam tahun lalu.

“Kalau saat ini, petani biasanya melakukan pemberantasan dengan cara pengasapan atau pemberian umpan ketika tikus sudah berkembang biak. Seharusnya, pemberantasan dilakukan sejak awal dengan pengasapan atau umpan secara massal atau gropyokan,” ujarnya.

Perkembangbiakan tikus terbilang sangat cepat. Satu kali melahirkan bisa 10 ekor anak tikus. Dari satu induk, bisa melahirkan 2000 anak tikus dalam satu periode. Sehingga, jika tidak diantisipasi, bisa menyebabkan gagal panen. Uniknya, satu induk tikus melahirkan anak dengan kelamin berbeda, ada jantan dan betina. Inilah yang menyebabkan populasi tikus cepat berkembang biak. [oel/yud]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Jumat, 07 November 2014 21:00:35 Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas
    Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas Jabamanusasi disabet reporter blokBojonegoro.com. Muhammad A. Qohhar yang memperoleh juara 1.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 15 November 2014 13:00:00 PKBM Handayani Intensifkan Pendidikan Ketrampilan Peserta KF PKBM Handayani Intensifkan Pendidikan Ketrampilan Peserta KF
    Tak kurang dari 50 orang peserta Keaksaraan Fungsional (KF) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Handayani, Baureno mengikuti pelatihan kerajinan tangan berbahan dasar kulit jagung atau kelobot di Desa Kadungrejo, Baureno, Sabtu (15/11). Pelatihan tersebut merupakan program lanjutan dari keaksaraan dasar yang telah selesai dilaksanakan sebelumnya.
    Info Tabloid bB
    Selasa, 01 Juli 2014 09:51:00 Tabloid bB Edisi Juli 2014
    Pada Juli 2014 atau bertepatan bulan dimana koperasi berdiri, awak redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengupas bagaimana koperasi menjadi penggerak ekonomi kerakyatan. Itu sesuai dengan prinsip yang ditanamkan sejak mulai digulirkan. Melalui tema besar di rubrik Investigasi “Koperasi atau Koper Isi” ingin digambarkan secara utuh bagaimana masyarakat disatu sisi terbantu dengan keber ...