Warga Terdampak Eksplorasi Migas Wadul ke Dewan
Jumat, 23 Desember 2011 16:00:13 Warga Terdampak Eksplorasi Migas Wadul ke Dewan

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Masyarakat sekitar proyek eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas (migas) di Blok Cepu dan Petrochina mengadukan keluhan mereka kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Jumat (23/12/2011).

Warga sekitar Petrochina di Desa Campureje, Bojonegoro, mengeluhkan dampak yang ditimbulkan akibat proyek tersebut. Pasalnya, areal persawahan warga seluas hampir 1 hektare tidak bisa ditanami. Selain itu, banyak pohon yang tidak bisa berbuah serta jalan yang banyak mengalami kerusakan.

Selain warga Campurejo, perwakilan warga Gayam juga mengeluhkan dampak eksplorasi dan eksploitasi migas di Blok Cepu.

"Kita menginginkan transparansi masalah industri migas. Dan adanya Raperda Transparansi itu agar segera disahkan," kata perwakilan warga Gayam, Supolo.

Dikatakan, salah satu keluhan warga Gayam adalah pembangunan infrastruktur jalan yang semakin menurun. Padahal, hasil yang diperoleh dari sektor migas semakin besar. "Tapi kenapa kok justru menurun?" tanya Supolo.

Mereka berharap dengan disahkannya Perda Transparansi tersebut, warga mempunyai payung hukum tentang hak-hak yang seharusnya didapat. "Karena untuk pembangunan saja, harus ada tekanan baru dikasih," pungkasnya.

Komisi A DPRD Bojonegoro yang memfasilitasi pertemuan di Ruang Rapat Paripurna tersebut mengatakan akan segera menyampaikan aspirasi masyarakat ke pihak eksekutif.

"Untuk Perda Transparansi, beberapa bulan lalu sudah kita bahas. Tetapi karena substansi di dalamnya masih banyak kekurangan, sehingga kita masih banyak koordinasi dengan instansi terkait supaya mempunyai kekuatan hukum yang jelas," jelas anggota Komisi A, Mugi Waluyo.

Sedangkan untuk permasalahan di Desa Gayam, CSR-nya masih menunggu persetujuan dari Gubernur Jawa Timur. [ana/yud]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
    Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
    Redaksi
    Kamis, 14 April 2016 12:00:19 Blok Buku Resensi Buku Favoritmu, Dapatkan Buku Gratis Resensi Buku Favoritmu, Dapatkan Buku Gratis
    Bagi anda pecinta buku, blokBojonegoro punya sesuatu untuk Anda. Sesuatu itu adalah rubrik Blok Buku. Ya, sebuah blok atau semacam komunitas, yang Anda bisa sekedar berbelok mampir untuk duduk-duduk santai di blok tersebut. Bisa sekadar membaca, atau ikut mengisi rubrik tersebut.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 23 April 2016 15:00:00 Hari Kartini 21 April Cara Kreatif Rayakan Hari Kartini ala MYM Cara Kreatif Rayakan Hari Kartini ala MYM
    21 April di Indonesia diperingati sebagai Hari Kartini. Peran pahlawan nasional yang satu ini dalam memperjuangkan pendidikan dan emansipasi wanita menjadi inspirasi bagi seluruh generasi. Tak jarang jika beragam peringatan dan perlombaan lazim diadakan seperti memakai kebaya, lomba membuat esai tentang perempuan, bahkan yang terbaru akan ada sebuah film khusus tentang RA Kartini.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...