Warga Terdampak Eksplorasi Migas Wadul ke Dewan
Jumat, 23 Desember 2011 16:00:13 Warga Terdampak Eksplorasi Migas Wadul ke Dewan

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Masyarakat sekitar proyek eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas (migas) di Blok Cepu dan Petrochina mengadukan keluhan mereka kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Jumat (23/12/2011).

Warga sekitar Petrochina di Desa Campureje, Bojonegoro, mengeluhkan dampak yang ditimbulkan akibat proyek tersebut. Pasalnya, areal persawahan warga seluas hampir 1 hektare tidak bisa ditanami. Selain itu, banyak pohon yang tidak bisa berbuah serta jalan yang banyak mengalami kerusakan.

Selain warga Campurejo, perwakilan warga Gayam juga mengeluhkan dampak eksplorasi dan eksploitasi migas di Blok Cepu.

"Kita menginginkan transparansi masalah industri migas. Dan adanya Raperda Transparansi itu agar segera disahkan," kata perwakilan warga Gayam, Supolo.

Dikatakan, salah satu keluhan warga Gayam adalah pembangunan infrastruktur jalan yang semakin menurun. Padahal, hasil yang diperoleh dari sektor migas semakin besar. "Tapi kenapa kok justru menurun?" tanya Supolo.

Mereka berharap dengan disahkannya Perda Transparansi tersebut, warga mempunyai payung hukum tentang hak-hak yang seharusnya didapat. "Karena untuk pembangunan saja, harus ada tekanan baru dikasih," pungkasnya.

Komisi A DPRD Bojonegoro yang memfasilitasi pertemuan di Ruang Rapat Paripurna tersebut mengatakan akan segera menyampaikan aspirasi masyarakat ke pihak eksekutif.

"Untuk Perda Transparansi, beberapa bulan lalu sudah kita bahas. Tetapi karena substansi di dalamnya masih banyak kekurangan, sehingga kita masih banyak koordinasi dengan instansi terkait supaya mempunyai kekuatan hukum yang jelas," jelas anggota Komisi A, Mugi Waluyo.

Sedangkan untuk permasalahan di Desa Gayam, CSR-nya masih menunggu persetujuan dari Gubernur Jawa Timur. [ana/yud]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Rabu, 23 Juli 2014 21:00:44 STIKES ICSADA Buka Posko Sehat di Depan Stasiun STIKES ICSADA Buka Posko Sehat di Depan Stasiun
    STIKES ICSADA Bojonegoro membuka Posko Sehat STIKES ICSADA (PSSI) di depan Stasiun Besar Bojonegoro Jl Gajah Mada. Posko yang memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat tersebut kini ramai dipadati pengunjung, baik pagi, siang maupun malam
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...