Warga Terdampak Eksplorasi Migas Wadul ke Dewan
Jumat, 23 Desember 2011 16:00:13 Warga Terdampak Eksplorasi Migas Wadul ke Dewan

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Masyarakat sekitar proyek eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas (migas) di Blok Cepu dan Petrochina mengadukan keluhan mereka kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Jumat (23/12/2011).

Warga sekitar Petrochina di Desa Campureje, Bojonegoro, mengeluhkan dampak yang ditimbulkan akibat proyek tersebut. Pasalnya, areal persawahan warga seluas hampir 1 hektare tidak bisa ditanami. Selain itu, banyak pohon yang tidak bisa berbuah serta jalan yang banyak mengalami kerusakan.

Selain warga Campurejo, perwakilan warga Gayam juga mengeluhkan dampak eksplorasi dan eksploitasi migas di Blok Cepu.

"Kita menginginkan transparansi masalah industri migas. Dan adanya Raperda Transparansi itu agar segera disahkan," kata perwakilan warga Gayam, Supolo.

Dikatakan, salah satu keluhan warga Gayam adalah pembangunan infrastruktur jalan yang semakin menurun. Padahal, hasil yang diperoleh dari sektor migas semakin besar. "Tapi kenapa kok justru menurun?" tanya Supolo.

Mereka berharap dengan disahkannya Perda Transparansi tersebut, warga mempunyai payung hukum tentang hak-hak yang seharusnya didapat. "Karena untuk pembangunan saja, harus ada tekanan baru dikasih," pungkasnya.

Komisi A DPRD Bojonegoro yang memfasilitasi pertemuan di Ruang Rapat Paripurna tersebut mengatakan akan segera menyampaikan aspirasi masyarakat ke pihak eksekutif.

"Untuk Perda Transparansi, beberapa bulan lalu sudah kita bahas. Tetapi karena substansi di dalamnya masih banyak kekurangan, sehingga kita masih banyak koordinasi dengan instansi terkait supaya mempunyai kekuatan hukum yang jelas," jelas anggota Komisi A, Mugi Waluyo.

Sedangkan untuk permasalahan di Desa Gayam, CSR-nya masih menunggu persetujuan dari Gubernur Jawa Timur. [ana/yud]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
    Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...