Kurangi Kemiskinan, Kembangkan Kreativitas Pemuda
Sabtu, 21 Januari 2012 21:00:12

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Dalam menghadapi masa depan, generasi muda harus disiapkan sejak dini. Yakni dengan melakukan pengembangan dan penguatan pada sisi kreatif para pemuda. Salah satu sasarannya adalah para anggota karang taruna di tingkat desa yang tergabung dalam Usaha Bersama (UB).

Pengembangan dan penguatan potensi kreatif ini dilakukan serentak dimulai awal tahun 2012. Tujuannya untuk mengintensifkan pada pengembangan dari sisi kualitas maupun kuantitas produk.

"Dari 8.608 desa dan kelurahan se-Jawa Timur, masing-masing karang taruna di tingkat desa ada potensi yang sangat beragam aktivitas ekonominya berdasarkan potensi lokal," kata Ketua Karang Taruna Jawa Timur, Ana Lutfi dalam Temu Karya Daerah Karang Taruna Bojonegoro 2012 dengan tema Menggagas Sumber Daya Kreatif dalam Membangun Bangsa di Masa Depan, bertempat di Gedung Lemcadika, Sabtu (21/1/2012).

Untuk menunjang program ini, juga akan dilakukan kerja sama dengan pihak ketiga. Seperti Universitas dalam hal penerapan teknologi tepat gunanya. Sehingga, dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang telah siap, diharapkan mampu menciptakan berbagai alat produksi yang bisa membantu dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas produk.

Salah satu contoh potensi Kabupaten Bojonegoro adalah pengembangan bidang ternak dan pertanian. Anggota karang taruna dapat didorong untuk mengembangkan "ternak plus". Seperti pembuatan pakan sendiri, pemanfaatan limbah menjadi pupuk dan bisa juga dimanfaatkan sebagai biogas.

"Ditargetkan di tahun 2012 ini, di masing-masing kabupaten bisa merintis usaha melalui koperasi. Juga dii tingkat kecamatan dan desa ada kelompok usaha bersama," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur ini.

Selain itu, dengan adanya pergerakan ekonomi ini, diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan dan juga bisa mengurangi tingkat urbanisasi penduduk. [ana/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Minggu, 03 Januari 2016 07:55:20 Uniknya Balap Ulat di Tuban
    Balap sepeda atau balap merpati sudah menjadi hal yang lumrah dan sering kita jumpai. Namun perlombaan satu ini mungkin satu-satunya yang pernah ada di dunia, yaitu balap ulat daun jati. Lomba Unik itu diadakan masyarakat Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan hutan.
    Redaksi
    Jumat, 04 Desember 2015 13:30:00 Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB
    Crew Media Kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan(IKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bojonegoro, Sinergi mengunjungi kantor Redaksi blokBojonegoro Media (tabloid blokBojonegoro & blokBojonegoro.com) di Jalan MT Haryono, Ruko Permata Jetak No. 5A Bojonegoro, Jumat (4/12/2015).
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 06 Februari 2016 21:30:13 Diskusi OBOR PAC GP Ansor Gayam Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi
    Ramainya faham-faham radikal yang berkembang di masyarakat, dan adanya seruan dari ketua PBNU KH. Said Aqil Siroj, bahwa Indonesia dalam keadaan darurat wahabi. Hal itu mendorong sahabat-sahabat PAC GP Ansor Gayam dalam kegiatan kajian rutin OBOR (Obrolan Bareng Ansor), yang secara spesifik mengusung tema 'Mengupas Ekstrimisme Faham Wahabi dan Tantangan Bagi Kaum Nahdliyin' yang bertempat di masjid al-Muttaqin, Dusun Ledok, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...