Kurangi Kemiskinan, Kembangkan Kreativitas Pemuda
Sabtu, 21 Januari 2012 21:00:12

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Dalam menghadapi masa depan, generasi muda harus disiapkan sejak dini. Yakni dengan melakukan pengembangan dan penguatan pada sisi kreatif para pemuda. Salah satu sasarannya adalah para anggota karang taruna di tingkat desa yang tergabung dalam Usaha Bersama (UB).

Pengembangan dan penguatan potensi kreatif ini dilakukan serentak dimulai awal tahun 2012. Tujuannya untuk mengintensifkan pada pengembangan dari sisi kualitas maupun kuantitas produk.

"Dari 8.608 desa dan kelurahan se-Jawa Timur, masing-masing karang taruna di tingkat desa ada potensi yang sangat beragam aktivitas ekonominya berdasarkan potensi lokal," kata Ketua Karang Taruna Jawa Timur, Ana Lutfi dalam Temu Karya Daerah Karang Taruna Bojonegoro 2012 dengan tema Menggagas Sumber Daya Kreatif dalam Membangun Bangsa di Masa Depan, bertempat di Gedung Lemcadika, Sabtu (21/1/2012).

Untuk menunjang program ini, juga akan dilakukan kerja sama dengan pihak ketiga. Seperti Universitas dalam hal penerapan teknologi tepat gunanya. Sehingga, dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang telah siap, diharapkan mampu menciptakan berbagai alat produksi yang bisa membantu dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas produk.

Salah satu contoh potensi Kabupaten Bojonegoro adalah pengembangan bidang ternak dan pertanian. Anggota karang taruna dapat didorong untuk mengembangkan "ternak plus". Seperti pembuatan pakan sendiri, pemanfaatan limbah menjadi pupuk dan bisa juga dimanfaatkan sebagai biogas.

"Ditargetkan di tahun 2012 ini, di masing-masing kabupaten bisa merintis usaha melalui koperasi. Juga dii tingkat kecamatan dan desa ada kelompok usaha bersama," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur ini.

Selain itu, dengan adanya pergerakan ekonomi ini, diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan dan juga bisa mengurangi tingkat urbanisasi penduduk. [ana/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
    Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...