Dukung Petani Singkong, Disperta Bantu Alat Pemotong
Minggu, 29 Januari 2012 06:00:20

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Untuk membantu meningkatkan penghasilan petani singkong, Dinas pertanian (Disperta) Bojonegoro memberikan bantuan mesin pemotong. Tahun ini bantuan diberikan sebanyak 30 unit kepada petani yang tersebar di 14 kecamatan di Bojonegoro.

Kepala Disperta Bojonegoro, Subekti mengatakan, tahun lalu pihaknya memberikan bantuan 31 unit mesin pemotong singkong kepada masing-masing Gabungan Kelompok Tani(Gapoktan). Selain itu, pemberian mesin itu karena harga jual ketela pohon yang masih murah.

"Biasanya kalau ketela pohon tersebut dijual secara batang hanya Rp 1.000/Kilogram (Kg), namun kalau diolah dengan alat pemotong tersebut dapat mencapai Rp 5.000/Kg," kata Subekti.

Sedangkan kalau para petani ingin mendapatkan penghasilan yang tinggi, harus diolah lagi menjadi tepung. Petani tersebut dapat Rp 7.000/Kg.

Bantuan tersebut diharapkan bisa meningkatkan penghasilan. Sebab, kalau para petani itu diminta untuk beli sendiri biayanya mencapai Rp 20 juta/unit.

Sedangkan, rencananya alat pemotong tersebut akan dibagikan di daerah mulai kecamatan Margomulyo sampai Kedungadem. Yaitu daerah sekitar hutan di wilayah selatan Bojonegoro. Sebab, saat ini daerah tersebut merupakan daerah penghasil ketela pohon terbesar.

Dijelaskan, pada Desember lalu petani ketela pohon di 14 kecamatan Bojonegoro, panen hingga 1141 Hektere (Ha). Hal tersebut menandakan  bahwa hasil panen ketela pohon cukup meningkat.

Sementara tiga kecamatan yang panen terbesar antaralain Kecamatan Gondang 300 Ha, Kecamatan Ngambon 247 Ha dan Kecamatan Malo 200 Ha.[oel/lis]

Komentar Pembaca
  • Minggu, 29 Januari 2012 06:32:27 ali Ibrohim
  • Mbahku omahe Balen gk dapat nue...

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
Redaksi
Jumat, 07 November 2014 21:00:35 Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas
Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas Jabamanusasi disabet reporter blokBojonegoro.com. Muhammad A. Qohhar yang memperoleh juara 1.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Sabtu, 15 November 2014 13:00:00 PKBM Handayani Intensifkan Pendidikan Ketrampilan Peserta KF PKBM Handayani Intensifkan Pendidikan Ketrampilan Peserta KF
Tak kurang dari 50 orang peserta Keaksaraan Fungsional (KF) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Handayani, Baureno mengikuti pelatihan kerajinan tangan berbahan dasar kulit jagung atau kelobot di Desa Kadungrejo, Baureno, Sabtu (15/11). Pelatihan tersebut merupakan program lanjutan dari keaksaraan dasar yang telah selesai dilaksanakan sebelumnya.
Info Tabloid bB
Selasa, 01 Juli 2014 09:51:00 Tabloid bB Edisi Juli 2014
Pada Juli 2014 atau bertepatan bulan dimana koperasi berdiri, awak redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengupas bagaimana koperasi menjadi penggerak ekonomi kerakyatan. Itu sesuai dengan prinsip yang ditanamkan sejak mulai digulirkan. Melalui tema besar di rubrik Investigasi “Koperasi atau Koper Isi” ingin digambarkan secara utuh bagaimana masyarakat disatu sisi terbantu dengan keber ...