Pemilukada 2012
KPUD: Calon Independen Harus Punya Dukungan Min 3%
Senin, 13 Februari 2012 11:00:12 KPUD: Calon Independen Harus Punya Dukungan Min 3%

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Walaupun pendaftaran bakal calon bupati (bacabup)  dari parpol maupun jalur independen belum dibuka, namun Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bojonegoro sudah melakukan sosialisasi kepada bacabup mengenai tahapan dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Untuk persyaratan pendaftaran, para calon diwajibkan mengisi formulir. Selain itu, bagi calon yang berangkat dari parpol, harus melampirkan dokumen dukungan dari partai. Sedangkan calon dari jalur independen, harus menyertakan dokumen dukungan berupa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Para calon independen harus memiliki setidaknya tiga persen dukungan dari total warga Bojonegoro atau sebanyak 40 ribu," kata Ketua KPUD Bojonegoro, Mundzar Fahman.

Selanjutnya menurut Mundzar, jika calon bupati independen sudah memenuhi persyaratan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan di lapangan terhadap dukungan untuk calon. Data masyarakat yang memberikan dukungan kepada calon independen tersebut kemudian diverifikasi di setiap kelurahan atau desa.

Ketentuan mengenai verifikasi tersebut dimuat dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 13 Tahun 2010 Tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pencalonan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Yang dimaksud dengan verifikasi menurut peraturan tersebut adalah penelitian mengenai keabsahan surat pernyataan dukungan, fotokopi KTP atau dokumen kependudukan, pembuktian tidak adanya dukungan ganda, dan tidak adanya pendukung yang telah meninggal dunia. [oel/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
    Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...