Pemilukada 2012
KPUD: Calon Independen Harus Punya Dukungan Min 3%
Senin, 13 Februari 2012 11:00:12 KPUD: Calon Independen Harus Punya Dukungan Min 3%

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Walaupun pendaftaran bakal calon bupati (bacabup)  dari parpol maupun jalur independen belum dibuka, namun Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bojonegoro sudah melakukan sosialisasi kepada bacabup mengenai tahapan dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Untuk persyaratan pendaftaran, para calon diwajibkan mengisi formulir. Selain itu, bagi calon yang berangkat dari parpol, harus melampirkan dokumen dukungan dari partai. Sedangkan calon dari jalur independen, harus menyertakan dokumen dukungan berupa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Para calon independen harus memiliki setidaknya tiga persen dukungan dari total warga Bojonegoro atau sebanyak 40 ribu," kata Ketua KPUD Bojonegoro, Mundzar Fahman.

Selanjutnya menurut Mundzar, jika calon bupati independen sudah memenuhi persyaratan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan di lapangan terhadap dukungan untuk calon. Data masyarakat yang memberikan dukungan kepada calon independen tersebut kemudian diverifikasi di setiap kelurahan atau desa.

Ketentuan mengenai verifikasi tersebut dimuat dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 13 Tahun 2010 Tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pencalonan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Yang dimaksud dengan verifikasi menurut peraturan tersebut adalah penelitian mengenai keabsahan surat pernyataan dukungan, fotokopi KTP atau dokumen kependudukan, pembuktian tidak adanya dukungan ganda, dan tidak adanya pendukung yang telah meninggal dunia. [oel/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 22 April 2014 17:00:35 Akademi Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat
    Semarak demokrasi tak hanya ada di ajang pemilihan legeslatif (Pileg) saja. Di Senat Mahasiswa Akademi Kesehatan Rajekwesi
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...