Pemilukada 2012
KPUD: Calon Independen Harus Punya Dukungan Min 3%
Senin, 13 Februari 2012 11:00:12 KPUD: Calon Independen Harus Punya Dukungan Min 3%

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Walaupun pendaftaran bakal calon bupati (bacabup)  dari parpol maupun jalur independen belum dibuka, namun Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bojonegoro sudah melakukan sosialisasi kepada bacabup mengenai tahapan dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Untuk persyaratan pendaftaran, para calon diwajibkan mengisi formulir. Selain itu, bagi calon yang berangkat dari parpol, harus melampirkan dokumen dukungan dari partai. Sedangkan calon dari jalur independen, harus menyertakan dokumen dukungan berupa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Para calon independen harus memiliki setidaknya tiga persen dukungan dari total warga Bojonegoro atau sebanyak 40 ribu," kata Ketua KPUD Bojonegoro, Mundzar Fahman.

Selanjutnya menurut Mundzar, jika calon bupati independen sudah memenuhi persyaratan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan di lapangan terhadap dukungan untuk calon. Data masyarakat yang memberikan dukungan kepada calon independen tersebut kemudian diverifikasi di setiap kelurahan atau desa.

Ketentuan mengenai verifikasi tersebut dimuat dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 13 Tahun 2010 Tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pencalonan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Yang dimaksud dengan verifikasi menurut peraturan tersebut adalah penelitian mengenai keabsahan surat pernyataan dukungan, fotokopi KTP atau dokumen kependudukan, pembuktian tidak adanya dukungan ganda, dan tidak adanya pendukung yang telah meninggal dunia. [oel/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Kamis, 30 Juli 2015 23:00:50 Aktivis IMM Kunjungi Kantor bB Media Aktivis IMM Kunjungi Kantor bB Media
    Suasana kantor redaksi blokBojonegoro Media, Kamis (30/07/2015), begitu ramai dengan kedatangan tamu mahasiswa dari Pengurus Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bojonegoro guna belajar ilmu jurnalis.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 21 Juli 2015 06:00:10 Al Anam Gelar Reuni ke-4 Al Anam Gelar Reuni ke-4
    Reuni sudah menjadi tradisi saat Lebaran. Seperti halnya alumni angkatan 2006 (Al Anam) MTs/MA Attanwir Talun Sumberrejo pada Senin (20/7/2015)
    Info Tabloid bB
    Minggu, 10 Mei 2015 04:00:45 Tabloid bB Edisi Mei 2015
    Untuk Edisi Mei 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar âMengotak-atik PTT Dinkesâ dikupas secara mendalam mengenai perekrutan pegawai tidak tetap (PTT) yang ditengarai ada cacat disana-sini. Terutama mengenai âpenggagalanâ mereka yang telah masuk pada pagu, namun dianggap tidak ...