Petugas Kembali Amankan Penggelapan Mobil Rental
Minggu, 25 Maret 2012 16:00:25 Petugas Kembali Amankan Penggelapan Mobil Rental

Reporter : Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Petugas kepolisian kembali mengamankan dua mobil merek Xenia hasil penggelapan dengan tersangka Supardi (40) warga Desa Tanjungharjo, Kecamatan Kapas, Bojonegoro. Sebelumnya, tersangka telah ditangkap oleh Polsek Padangan beberapa waktu lalu dengan kasus yang sama. Dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan lima mobil yang sudah digadaikan kepada orang lain.

"Dua mobil ini berhasil kita amankan di Blora Jawa Tengah, kemarin setelah korban melapor ke Polsek," kata Kapolsek Balen AKP Soesilo, Minggu (25/3/2012)

Barang bukti berupa dua mobil Xenia warna biru muda nopol L 1892 VN, tahun 2008 dan S 1062 AG Xenia putih, tahun 2005. Awalnya, tersangka menyewa mobil tersebut selama lima hari berturut-turut hingga tiga kali dan tersangka masih mau membayar. "Namun, setelah tiga kali itu tersangka dihubungi oleh korban dan mengaku akan memperpanjang, tersangka mulai menyewa sejak tanggal 3 Januari lalu," jelasnya.

Sesuai pengakuan korban kepada polisi, hingga tiga bulan mobil rental tersebut oleh tersangka tidak kunjung dikembalikan dan tidak dibayar kepada pemilik rental. Akibatnya pemilik rental yakni, Nur Ali, Warga Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro mengalami kerugian material mencapai Rp 210 juta.

Dua mobil itu oleh tersangka, Supriyadi digadaikan kepada orang lain dengan harga Rp 200.000/hari. Mobil Xenia tahun 2005 oleh tersangka digadaikan kepada Muhajir, seorang pengusaha asal Desa Kaligede, Senori Tuban, dengan harga Rp 22 juta. Sedangkan untuk mobil tahun 2008 digadaikan senilai Rp 28 juta ke Supriyoto asal Desa Ngrambitan, Kecamatah Jampah, Kabupaten Blora.

AKP Soesilo menjelaskan, tersangka dikenai unsur penggelapan dan penipuan yaitu memindah tangankan barang milik orang lain tanpa sepengatahuan pemiliknya, untuk mencari keuntungan sesuai dengan pasal 372 dan 378 KUHP.

Dengan maraknya kasus penggelapan mobil rental ini AKP Soesilo berharap, khususnya kepada pemilik rental harus berhati-hati dengan peminjam, karena hanya dengan uang senilai Rp 200.000, seorang peminjam sudah bisa membawa mobil. Mobil tersebut  jika langsung digadaikan bisa mendapat puluhan juta rupiah. [ana/lis]

Foto: .net

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
    Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...