Petugas Kembali Amankan Penggelapan Mobil Rental
Minggu, 25 Maret 2012 16:00:25 Petugas Kembali Amankan Penggelapan Mobil Rental

Reporter : Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Petugas kepolisian kembali mengamankan dua mobil merek Xenia hasil penggelapan dengan tersangka Supardi (40) warga Desa Tanjungharjo, Kecamatan Kapas, Bojonegoro. Sebelumnya, tersangka telah ditangkap oleh Polsek Padangan beberapa waktu lalu dengan kasus yang sama. Dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan lima mobil yang sudah digadaikan kepada orang lain.

"Dua mobil ini berhasil kita amankan di Blora Jawa Tengah, kemarin setelah korban melapor ke Polsek," kata Kapolsek Balen AKP Soesilo, Minggu (25/3/2012)

Barang bukti berupa dua mobil Xenia warna biru muda nopol L 1892 VN, tahun 2008 dan S 1062 AG Xenia putih, tahun 2005. Awalnya, tersangka menyewa mobil tersebut selama lima hari berturut-turut hingga tiga kali dan tersangka masih mau membayar. "Namun, setelah tiga kali itu tersangka dihubungi oleh korban dan mengaku akan memperpanjang, tersangka mulai menyewa sejak tanggal 3 Januari lalu," jelasnya.

Sesuai pengakuan korban kepada polisi, hingga tiga bulan mobil rental tersebut oleh tersangka tidak kunjung dikembalikan dan tidak dibayar kepada pemilik rental. Akibatnya pemilik rental yakni, Nur Ali, Warga Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro mengalami kerugian material mencapai Rp 210 juta.

Dua mobil itu oleh tersangka, Supriyadi digadaikan kepada orang lain dengan harga Rp 200.000/hari. Mobil Xenia tahun 2005 oleh tersangka digadaikan kepada Muhajir, seorang pengusaha asal Desa Kaligede, Senori Tuban, dengan harga Rp 22 juta. Sedangkan untuk mobil tahun 2008 digadaikan senilai Rp 28 juta ke Supriyoto asal Desa Ngrambitan, Kecamatah Jampah, Kabupaten Blora.

AKP Soesilo menjelaskan, tersangka dikenai unsur penggelapan dan penipuan yaitu memindah tangankan barang milik orang lain tanpa sepengatahuan pemiliknya, untuk mencari keuntungan sesuai dengan pasal 372 dan 378 KUHP.

Dengan maraknya kasus penggelapan mobil rental ini AKP Soesilo berharap, khususnya kepada pemilik rental harus berhati-hati dengan peminjam, karena hanya dengan uang senilai Rp 200.000, seorang peminjam sudah bisa membawa mobil. Mobil tersebut  jika langsung digadaikan bisa mendapat puluhan juta rupiah. [ana/lis]

Foto: .net

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Minggu, 04 Desember 2016 22:00:13 BloKers Peduli Banjir 2016 Sukses Tahap 1, Siapkan Donasi Pasca Banjir Sukses Tahap 1, Siapkan Donasi Pasca Banjir
    Aksi bersama untuk berbagi dengan korban banjir akibat luapan Bengawan Solo, tuntas digelar kemarin. Ternyata masih ada beberapa komunitas yang ingin menggelar pengumpulan dan pembagian bantuan pasca banjir. Sehingga, BloKers Peduli Banjir 2016 tetap menerima donasi sampai Jumat (9/12/2016) malam.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 03 Desember 2016 10:00:29 Perkuat Ideologi Kader, GP Ansor Gayam Datangkan Pengurus Wilayah Perkuat Ideologi Kader, GP Ansor Gayam Datangkan Pengurus Wilayah
    Demi mempertajam dan menguatkan ideologi kader, PAC GP Ansor Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro melakukan kajian tentang kondisi ansor dan dinamika tantangan kedepan. dihadirkan sebagai pemateri tersebut M.Hasan Bisri dari Pengurus Wilayah GP Ansor Jawa Timur pada Jumat (2/12/2016) di Mushola Al Hasani Desa Cengungklung.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...