Pengawas UN SMP Wajib Sepakati Pakta Integritas
Jumat, 20 April 2012 19:00:36  Pengawas UN SMP Wajib Sepakati Pakta Integritas

Reporter: Akbar Ardiansyah

blokBojonegoro.com - Tak beda jauh dengan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, yang mewajibkan pengawas untuk bersepakat menyukseskan UN jujur, begitu pula dengan UN SMP, para pengawas juga harus menandatangani Pakta Integritas ujian jujur.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda) Bojonegoro, Suwanto kepada blokBojonegoro.com, Jumat (20/4/2012). Menurutnya dalam pelaksanaan UN tingkat SMP/MTs Th 2011/2012 ada 5 hal mendasar yang perlu diperhatikan oleh Kepala Sekolah Penyelenggara. Diantaranya yakni, dalam Sampul Naskah hari pertama terdapat Naskah Pakta Integritas yg ditandatangani pengawas ruang dan dimasukkan kembali ke  sampul Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN).

"Dalam naskah soal terdapat  denah penempatan naskah soal yang harus dipakai dan setiap hari berbeda. Pada LJUN ada kalimat yg harus dikutip atau ditulis kembali oleh siswa dengan pensil 2-B yang isinya "saya mengerjakan UN dengan jujur"," terangnya.

Selain itu dikatakan, jika nanti saat pendistribusian ada kekurangan untuk naskah soal maupun lembar jawaban, naskah dam lembar jawaban bisa diambil ke sekolah terdekat atau subrayon.

Selain itu sebelum lembar jawaban dimasukkan ke sampul, ke-2 pengawas ruang memiliki tugas menghitung dan mengurutkan nomor sesuai urutan dari kecil ke besar.

"Demikian utuk diinstruksikan kepada semua Kepala Sekolah Penyelenggara, hal ini wajib dilakukan selain untuk mengantisipasi kecurangan juga menyukseskan jalannnya UN tingkat SMP," pungkasnya. [syah/lis]

Teks foto/Akbar Ardiansyah: Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda) Bojonegoro, Suwanto.

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Selasa, 31 Maret 2015 14:00:21 Redaksi Kedatangan Tamu dari Poltek Negeri Bojonegoro Redaksi Kedatangan Tamu dari Poltek Negeri Bojonegoro
    Kantor blokBojonegoro Media di Jalan MT.Haryono Nomor 5A Kelurahan Jetak, Kota Bojonegoro mendadak ramai, selasa (31/03/2015). Pasalnya, redaksi menerima kunjungan dari Akademi Komunitas Politeknik (Poltek) Negeri Bojonegoro.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...