Pengawas UN SMP Wajib Sepakati Pakta Integritas
Jumat, 20 April 2012 19:00:36  Pengawas UN SMP Wajib Sepakati Pakta Integritas

Reporter: Akbar Ardiansyah

blokBojonegoro.com - Tak beda jauh dengan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, yang mewajibkan pengawas untuk bersepakat menyukseskan UN jujur, begitu pula dengan UN SMP, para pengawas juga harus menandatangani Pakta Integritas ujian jujur.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda) Bojonegoro, Suwanto kepada blokBojonegoro.com, Jumat (20/4/2012). Menurutnya dalam pelaksanaan UN tingkat SMP/MTs Th 2011/2012 ada 5 hal mendasar yang perlu diperhatikan oleh Kepala Sekolah Penyelenggara. Diantaranya yakni, dalam Sampul Naskah hari pertama terdapat Naskah Pakta Integritas yg ditandatangani pengawas ruang dan dimasukkan kembali ke  sampul Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN).

"Dalam naskah soal terdapat  denah penempatan naskah soal yang harus dipakai dan setiap hari berbeda. Pada LJUN ada kalimat yg harus dikutip atau ditulis kembali oleh siswa dengan pensil 2-B yang isinya "saya mengerjakan UN dengan jujur"," terangnya.

Selain itu dikatakan, jika nanti saat pendistribusian ada kekurangan untuk naskah soal maupun lembar jawaban, naskah dam lembar jawaban bisa diambil ke sekolah terdekat atau subrayon.

Selain itu sebelum lembar jawaban dimasukkan ke sampul, ke-2 pengawas ruang memiliki tugas menghitung dan mengurutkan nomor sesuai urutan dari kecil ke besar.

"Demikian utuk diinstruksikan kepada semua Kepala Sekolah Penyelenggara, hal ini wajib dilakukan selain untuk mengantisipasi kecurangan juga menyukseskan jalannnya UN tingkat SMP," pungkasnya. [syah/lis]

Teks foto/Akbar Ardiansyah: Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda) Bojonegoro, Suwanto.

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Kamis, 21 Mei 2015 13:30:46 KPU Bojonegoro Kunjungi bB KPU Bojonegoro Kunjungi bB
    Hari Kamis (21/5/2015), Kantor Redaksi blokBojonegoro (bB) Media, yang beralamatkan di Ruko Permata Jetak, Jl. MT Haryono, Nomor 5A, kedatangan tamu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 30 Mei 2015 21:00:16 Cegah Demam Berdarah, Dinkes Lakukan Fogging Cegah Demam Berdarah, Dinkes Lakukan Fogging
    Meskipun musim penghujan hampir selesai, kasus demam berdarah masih saja menghantui beberapa wilayah di Bojonegoro. Salah satunya adalah Desa Kalirejo, Kecamatan Bojonegoro, karena demam berdarah telah merenggut satu korban jiwa.
    Info Tabloid bB
    Rabu, 13 Mei 2015 15:31:35 Tabloid bB Edisi Maret 2015
    Kabupaten Bojonegoro, sejauh ini baru dikenal sebagai daerah yang menyumbang lumayan besar minyak dan gas bumi (Migas), karena Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, dengan operator ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) belum benar-benar dioptimalkan produksinya sampai di atas 165.000 barel per hari (BPH). Juga, Lapangan Sukowati yang dijalankan Joint Operating Body Pertamina-Petrochina (JOB P-PEJ) mempunyai kec ...