Pengawas UN SMP Wajib Sepakati Pakta Integritas
Jumat, 20 April 2012 19:00:36  Pengawas UN SMP Wajib Sepakati Pakta Integritas

Reporter: Akbar Ardiansyah

blokBojonegoro.com - Tak beda jauh dengan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, yang mewajibkan pengawas untuk bersepakat menyukseskan UN jujur, begitu pula dengan UN SMP, para pengawas juga harus menandatangani Pakta Integritas ujian jujur.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda) Bojonegoro, Suwanto kepada blokBojonegoro.com, Jumat (20/4/2012). Menurutnya dalam pelaksanaan UN tingkat SMP/MTs Th 2011/2012 ada 5 hal mendasar yang perlu diperhatikan oleh Kepala Sekolah Penyelenggara. Diantaranya yakni, dalam Sampul Naskah hari pertama terdapat Naskah Pakta Integritas yg ditandatangani pengawas ruang dan dimasukkan kembali ke  sampul Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN).

"Dalam naskah soal terdapat  denah penempatan naskah soal yang harus dipakai dan setiap hari berbeda. Pada LJUN ada kalimat yg harus dikutip atau ditulis kembali oleh siswa dengan pensil 2-B yang isinya "saya mengerjakan UN dengan jujur"," terangnya.

Selain itu dikatakan, jika nanti saat pendistribusian ada kekurangan untuk naskah soal maupun lembar jawaban, naskah dam lembar jawaban bisa diambil ke sekolah terdekat atau subrayon.

Selain itu sebelum lembar jawaban dimasukkan ke sampul, ke-2 pengawas ruang memiliki tugas menghitung dan mengurutkan nomor sesuai urutan dari kecil ke besar.

"Demikian utuk diinstruksikan kepada semua Kepala Sekolah Penyelenggara, hal ini wajib dilakukan selain untuk mengantisipasi kecurangan juga menyukseskan jalannnya UN tingkat SMP," pungkasnya. [syah/lis]

Teks foto/Akbar Ardiansyah: Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda) Bojonegoro, Suwanto.

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Minggu, 15 Mei 2016 10:00:13 Gerakan Bojonegoro Menulis Gerakan Bojonegoro Menulis
    Perkembangan ekonomi Kabupaten Bojonegoro cukup pesat. Hal itu tak lepas dari produksi minyak di Blok Cepu yang mencapai puncak 165.000 barel perhari (bph). Ladang Blok Cepu berada di wilayah selatan Bojonegoro. Industri migas itupun berdampak di bidang lain, mulai sosial, politik, pariwisata, dan pendidikan.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 13 Juni 2016 16:30:00 Kartar Desa Jampet Gelar Bazar Ramadan Kartar Desa Jampet Gelar Bazar Ramadan
    Bulan suci Ramadan adalah bulan yang penuh ampunan, juga bulan penuh berkah. Maka dari itu, Karang Taruna (Kartar) 'Setya Karya' Desa Jampet menyambut bulan suci Ramadan dengan progam 'Bazar Ramadan dan Santunan idul fitri anak yatim'.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...