Gas Beracun, PT. Gasuma Didemo Warga
Selasa, 08 Mei 2012 11:00:17 Gas Beracun, PT. Gasuma Didemo Warga

Reporter: Athok Moch Nur Rozaqy

blokBojonegoro - Peristiwa keracunan gas dari flare gas yang dikelola PT. Gasuma, berbuntut aksi demo oleh masyarakat Dusun Badegan, Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.

Data yang dihimpun blokBojonegoro.com di lapangan, Selasa (8/5/2012) menyebutkan jika aksi dimulai pukul 02.00 WIB dini hari tadi. Massa langsung menuju kantor PT. Gasuma di Jalan Lingkar Pertamina, perbatasan Desa Rahayu dengan Dusun Badegan, Kecamatan Soko.

"Akibat kejadian ini, dengan spontanitas kita langsung datangi Gasuma," ujar salah satu warga Desa Badegan yang ikut sejak awal aksi, Solikin.

Sejumlah tuntutan dilontarkan ke pihak PT. Gasuma. Di antaranya kompensasi terhadap warga sebesar Rp1 juta per kepala keluarga (KK) per bulan, pelibatan tenaga kerja lokal, biaya perawatan dan pengobatan selama masa penyembuhan baik di rumah sakit maupun di rumah, serta cepat tanggap atas tuntutan warga.

Sementara itu, Ketua RT. 05/RW. 06 dusun setempat, Pardianto mengungkapkan jika bau gas flare tersebut sangat mengganggu warga sekitar sejak lama. "Warga kami sampai muntah dan mual," terangnya.

Dikatakan, sebelumnya sudah ada bentuk kompensasi dari PT. Gasuma selama masa uji coba sekitar empat bulan sebelum perusahaan beroperasi. "Setelah itu, sudah tidak ada lagi. Perusahaan kurang terbuka ke warga," pungkas Pardianto.

Hingga berita ini diturunkan, perkembangan terakhir sejumlah perwakilan warga dan PT. Gasuma masih menunggu hasil keputusan dari tuntutan aksi ini setelah sebelumnya dilakukan dialog yang dimediasi aparat kepolisian setempat. [roz/yud]

Teks foto/Athok Moch Nur Rozaqy: Warga sekitar mendemo PT Gasuma

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
    Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
    Redaksi
    Minggu, 15 Mei 2016 10:00:13 Gerakan Bojonegoro Menulis Gerakan Bojonegoro Menulis
    Perkembangan ekonomi Kabupaten Bojonegoro cukup pesat. Hal itu tak lepas dari produksi minyak di Blok Cepu yang mencapai puncak 165.000 barel perhari (bph). Ladang Blok Cepu berada di wilayah selatan Bojonegoro. Industri migas itupun berdampak di bidang lain, mulai sosial, politik, pariwisata, dan pendidikan.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 28 Mei 2016 16:00:11 Lestarikan Budaya Islam, IPNU Kasiman Dukung Hadrah Rutinan Lestarikan Budaya Islam, IPNU Kasiman Dukung Hadrah Rutinan
    Seni hadrah sudah dikenal sebagai salah satu bentuk kesenian yang menjadi bagian dalam melakukan penyebaran ajaran agama Islam. Seni inipun diketahui sudah digunakan oleh para ulama sejak jaman dahulu dalam berdakwah. Dengan melestarikan seni ini, diharapkan nilai dari ajaran Islam semakin dapat dirasakan-melalui pendekatan budaya-oleh seluruh masyarakat. Hal tersebut juga menjadi ihtiyar yang dilakukan oleh Pengurus Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PAC IPNU) Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...