Kriminal Anak Meningkat, Bapas Gencar Sosialisasi
Kamis, 10 Mei 2012 17:00:00 Kriminal Anak Meningkat, Bapas Gencar Sosialisasi

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Angka kriminal di kalangan pelajar sangat memprihatinkan. Berdasarkan data yang diterima Balai Pemasyarakatan (Bapas), tahun ini tercatat ada 16 pelajar yang tersandung pidana. Sementara itu, diperkirakan masih banyak perkara yang belum rampung, baik di tingkat kepolisian maupun kejaksaan.

Melihat tingginya kasus tersebut, Bapas Bojonegoro makin gencar melakukan sosialisasi dan penyuluhan. Hari ini, Bapas menggandeng Badan Narkotika Kabupaten dan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA) Polres Bojonegoro. Tujuannya untuk meminimalisir pelanggaran hukum di lingkungan pelajar dan warga Binaan Pemasyarakatan (BMP).

Kepala Bapas Bojonegoro, Viverdi Anggoro mengatakan, pihaknya dan instansi terkait lainnya harus sering melakukan penyuluhan untuk menekan angka kriminal di tingkat pelajar. "Kegiatan ini sebagai bentuk preventif agar kriminalitas anak dapat diminamalisir," kata Verdi.

Ia menambahkan, Bapas merupakan tempat pembinaan anak di bawah umur yang terkait dengan masalah hukum. Bapas juga membimbing, membantu dan mengawasi warga binaan yang memperoleh asimilasi atau integrasi sosial (pembinaan luar lembaga), baik saat cuti mengunjungi keluarga, pembebasan bersyarat dan cuti jelang bebas.

Menurutnya, pihaknya juga aktif membimbing dan mendampingi sang anak saat menghadapi persidangan. Intinya, pihaknya melatih keterampilan dan penyuluhan yang diikuti klien secara periodik. Sementara kegiatan ini diselenggarakan bertepatan dengan HUT Pemasyarakatan yang jatuh pada 27 April. [oel/yud]
 

Komentar Pembaca
  • Jumat, 11 Mei 2012 13:14:25 anang
  • sip pak saran saya agar di tingkatkan keasadaran tentang RED ( Role , Environment , Development )karena 3 hal tadi memiliki pengaruh yang besar pada perkembangan anak

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
Redaksi
Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
Info Tabloid bB
Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...