Waspada, Musim Kemarau Kekeringan Mengintai
Rabu, 30 Mei 2012 13:00:10

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Memasuki musim kemarau, antisipasi perlu dilakukan untuk meminimalisir kekeringan yang kerap kali terjadi di sejumlah daerah di Kabupaten Bojonegoro.

Data yang berhasil dihimpun blokBojonegoro.com, daerah-daerah yang sering dilanda kekeringan diantaranya adalah Kecamatan Bubulan, Sugihwaras, Kedungadem, Kasiman, Temayang, Ngasem, Kepohbaru dan Kecamatan Sukosewu.

Namun, hingga saat ini Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro belum mendapatkan laporan mengenai daerah yang sudah mulai mengalami kekeringan.

"Kalau sampai saat ini masih dalam kondisi normal, belum ada kecamatan yang melapor ke kita (BPBD) terkait kekeringan," kata Kepala BPBD, Kasiyanto.

Biasanya, dampak musim kemarau baru akan terasa pada pertengahan Agustus. Sementara, untuk memenuhi kebutuhan air pada Mei-Juni masih dirasa cukup aman. Namun, Kasiyanto menyarankan agar berhemat air untuk mengantisipasi kemungkinan kekeringan yang akan terjadi.

Sementara itu, pihak BPBD juga telah mengirimkan tandon air untuk mengantisipasi kekurangan air ini. Pihaknya juga akan melakukan evaluasi pengadaan tandon tersebut. Apabila terjadi kekurangan, akan segera diajukan ke provinsi untuk mendapatkan bantuan. Hal yang sama juga dilakukan oleh pihak kecamatan.

Ditambahkan Kasiyanto selain kekeringam masyarakat juga perlu mengantisipasi terjadinya angin kencang. Sebab, pergantian musim dari basah ke kering kerap kali diiringi angin kencang. Namun, untuk kecepatan angin saat ini cenderung menurun dibanding tahun lalu.

"Meskipun begitu, masyarakat juga harus tetap waspada. Jangan berada di dalam rumah saat terjadi angin kencang. Kami sarankan untuk berada di pintu agar apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa segera menyelamatkan diri," jelasnya. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Sabtu, 01 Maret 2014 06:30:21 Tabloid bB Terbit 28 Halaman Tabloid bB Terbit 28 Halaman
    Mulai Februari 2014, Tabloid blokBojonegoro yang awalnya hanya 24 halaman, bertambah tebal. Tepatnya empat halaman full color dengan rubrik Migas Update.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 10 April 2014 02:30:11 Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu
    Sebagai upaya pembelajaran dalam politik bagi generasi muda, adik-adik Saka Bhayangkara Polsek Kedungadem dilibatkan sebagai relawan Pemilu
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...