Waspada, Musim Kemarau Kekeringan Mengintai
Rabu, 30 Mei 2012 13:00:10

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Memasuki musim kemarau, antisipasi perlu dilakukan untuk meminimalisir kekeringan yang kerap kali terjadi di sejumlah daerah di Kabupaten Bojonegoro.

Data yang berhasil dihimpun blokBojonegoro.com, daerah-daerah yang sering dilanda kekeringan diantaranya adalah Kecamatan Bubulan, Sugihwaras, Kedungadem, Kasiman, Temayang, Ngasem, Kepohbaru dan Kecamatan Sukosewu.

Namun, hingga saat ini Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro belum mendapatkan laporan mengenai daerah yang sudah mulai mengalami kekeringan.

"Kalau sampai saat ini masih dalam kondisi normal, belum ada kecamatan yang melapor ke kita (BPBD) terkait kekeringan," kata Kepala BPBD, Kasiyanto.

Biasanya, dampak musim kemarau baru akan terasa pada pertengahan Agustus. Sementara, untuk memenuhi kebutuhan air pada Mei-Juni masih dirasa cukup aman. Namun, Kasiyanto menyarankan agar berhemat air untuk mengantisipasi kemungkinan kekeringan yang akan terjadi.

Sementara itu, pihak BPBD juga telah mengirimkan tandon air untuk mengantisipasi kekurangan air ini. Pihaknya juga akan melakukan evaluasi pengadaan tandon tersebut. Apabila terjadi kekurangan, akan segera diajukan ke provinsi untuk mendapatkan bantuan. Hal yang sama juga dilakukan oleh pihak kecamatan.

Ditambahkan Kasiyanto selain kekeringam masyarakat juga perlu mengantisipasi terjadinya angin kencang. Sebab, pergantian musim dari basah ke kering kerap kali diiringi angin kencang. Namun, untuk kecepatan angin saat ini cenderung menurun dibanding tahun lalu.

"Meskipun begitu, masyarakat juga harus tetap waspada. Jangan berada di dalam rumah saat terjadi angin kencang. Kami sarankan untuk berada di pintu agar apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa segera menyelamatkan diri," jelasnya. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
    Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...