Kembangkan Menulis Dengan Metode Field Trip
Sabtu, 09 Juni 2012 14:00:18

Reporter : Joel Joko

blokBojonegoro.com - Mengembangkan bakat menulis tak harus selalu dilakukan di dalam ruangan. Tapi juga bisa dilakukan di alam bebas atau field trip. Metode field trip bisa lebih menggairahkan seseorang menulis, karena bisa langsung menceburkan diri di alam.

"Ini adalah salah satu cara kami mengajak peserta mendapat pembelajaran di alam terbuka. Selama ini sudah sering di dalam ruangan, tapi ini sedikit berbeda," ujar Prawoto, salah satu pegiat Sindikat Baca, komunitas yang menyelenggarakan acara tersebut, Sabtu (9/6/2012).

Dalam acara tersebut peserta akan diajak ke Gunung Pandan, perbatasan Bojonegoro - Nganjuk. Banyak aspek yang terkait dengan dunia jurnalistik alam bebas yang akan dikenalkan. Seperti teknik meliput berita, cara menulis laporan, desain media cetak, sirkulasi dan lainnya.

Selain itu, peserta yang sebagian besar mahasiswa dan siswa di Bojonegoro ini akan dikenalkan dengan kaidah penulisan berita/reportase, esai, features dan laporan perjalanan. “Serta diskusi tentang tips-tips praktis menulis,” katanya.

Pada umumnya tulisan kegiatan alam bebas sama dengan jenis tulisan yang lain. Yang membedakan hanyalah isi tulisannya. Jenis tulisan jurnalistik alam bebas dapat menulis beberapa obyek menarik. [oel/ang]

Komentar Pembaca
  • Sabtu, 09 Juni 2012 14:38:16 Sulastri
  • Sayang, acaranya dah selesai, sebenarnya saya sangat tertarik, mohon informasinya kalau ada pelatihan penulisan lagi.

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
Redaksi
Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
Info Tabloid bB
Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...