Kembangkan Menulis Dengan Metode Field Trip
Sabtu, 09 Juni 2012 14:00:18

Reporter : Joel Joko

blokBojonegoro.com - Mengembangkan bakat menulis tak harus selalu dilakukan di dalam ruangan. Tapi juga bisa dilakukan di alam bebas atau field trip. Metode field trip bisa lebih menggairahkan seseorang menulis, karena bisa langsung menceburkan diri di alam.

"Ini adalah salah satu cara kami mengajak peserta mendapat pembelajaran di alam terbuka. Selama ini sudah sering di dalam ruangan, tapi ini sedikit berbeda," ujar Prawoto, salah satu pegiat Sindikat Baca, komunitas yang menyelenggarakan acara tersebut, Sabtu (9/6/2012).

Dalam acara tersebut peserta akan diajak ke Gunung Pandan, perbatasan Bojonegoro - Nganjuk. Banyak aspek yang terkait dengan dunia jurnalistik alam bebas yang akan dikenalkan. Seperti teknik meliput berita, cara menulis laporan, desain media cetak, sirkulasi dan lainnya.

Selain itu, peserta yang sebagian besar mahasiswa dan siswa di Bojonegoro ini akan dikenalkan dengan kaidah penulisan berita/reportase, esai, features dan laporan perjalanan. “Serta diskusi tentang tips-tips praktis menulis,” katanya.

Pada umumnya tulisan kegiatan alam bebas sama dengan jenis tulisan yang lain. Yang membedakan hanyalah isi tulisannya. Jenis tulisan jurnalistik alam bebas dapat menulis beberapa obyek menarik. [oel/ang]

Komentar Pembaca
  • Sabtu, 09 Juni 2012 14:38:16 Sulastri
  • Sayang, acaranya dah selesai, sebenarnya saya sangat tertarik, mohon informasinya kalau ada pelatihan penulisan lagi.

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
Redaksi
Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
Info Tabloid bB
Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...