Kembangkan Menulis Dengan Metode Field Trip
Sabtu, 09 Juni 2012 14:00:18

Reporter : Joel Joko

blokBojonegoro.com - Mengembangkan bakat menulis tak harus selalu dilakukan di dalam ruangan. Tapi juga bisa dilakukan di alam bebas atau field trip. Metode field trip bisa lebih menggairahkan seseorang menulis, karena bisa langsung menceburkan diri di alam.

"Ini adalah salah satu cara kami mengajak peserta mendapat pembelajaran di alam terbuka. Selama ini sudah sering di dalam ruangan, tapi ini sedikit berbeda," ujar Prawoto, salah satu pegiat Sindikat Baca, komunitas yang menyelenggarakan acara tersebut, Sabtu (9/6/2012).

Dalam acara tersebut peserta akan diajak ke Gunung Pandan, perbatasan Bojonegoro - Nganjuk. Banyak aspek yang terkait dengan dunia jurnalistik alam bebas yang akan dikenalkan. Seperti teknik meliput berita, cara menulis laporan, desain media cetak, sirkulasi dan lainnya.

Selain itu, peserta yang sebagian besar mahasiswa dan siswa di Bojonegoro ini akan dikenalkan dengan kaidah penulisan berita/reportase, esai, features dan laporan perjalanan. “Serta diskusi tentang tips-tips praktis menulis,” katanya.

Pada umumnya tulisan kegiatan alam bebas sama dengan jenis tulisan yang lain. Yang membedakan hanyalah isi tulisannya. Jenis tulisan jurnalistik alam bebas dapat menulis beberapa obyek menarik. [oel/ang]

Komentar Pembaca
  • Sabtu, 09 Juni 2012 14:38:16 Sulastri
  • Sayang, acaranya dah selesai, sebenarnya saya sangat tertarik, mohon informasinya kalau ada pelatihan penulisan lagi.

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
Redaksi
Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Selasa, 22 April 2014 17:00:35 Akademi Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat
Semarak demokrasi tak hanya ada di ajang pemilihan legeslatif (Pileg) saja. Di Senat Mahasiswa Akademi Kesehatan Rajekwesi
Info Tabloid bB
Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...