Kembangkan Menulis Dengan Metode Field Trip
Sabtu, 09 Juni 2012 14:00:18

Reporter : Joel Joko

blokBojonegoro.com - Mengembangkan bakat menulis tak harus selalu dilakukan di dalam ruangan. Tapi juga bisa dilakukan di alam bebas atau field trip. Metode field trip bisa lebih menggairahkan seseorang menulis, karena bisa langsung menceburkan diri di alam.

"Ini adalah salah satu cara kami mengajak peserta mendapat pembelajaran di alam terbuka. Selama ini sudah sering di dalam ruangan, tapi ini sedikit berbeda," ujar Prawoto, salah satu pegiat Sindikat Baca, komunitas yang menyelenggarakan acara tersebut, Sabtu (9/6/2012).

Dalam acara tersebut peserta akan diajak ke Gunung Pandan, perbatasan Bojonegoro - Nganjuk. Banyak aspek yang terkait dengan dunia jurnalistik alam bebas yang akan dikenalkan. Seperti teknik meliput berita, cara menulis laporan, desain media cetak, sirkulasi dan lainnya.

Selain itu, peserta yang sebagian besar mahasiswa dan siswa di Bojonegoro ini akan dikenalkan dengan kaidah penulisan berita/reportase, esai, features dan laporan perjalanan. “Serta diskusi tentang tips-tips praktis menulis,” katanya.

Pada umumnya tulisan kegiatan alam bebas sama dengan jenis tulisan yang lain. Yang membedakan hanyalah isi tulisannya. Jenis tulisan jurnalistik alam bebas dapat menulis beberapa obyek menarik. [oel/ang]

Komentar Pembaca
  • Sabtu, 09 Juni 2012 14:38:16 Sulastri
  • Sayang, acaranya dah selesai, sebenarnya saya sangat tertarik, mohon informasinya kalau ada pelatihan penulisan lagi.

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
Redaksi
Jumat, 07 November 2014 21:00:35 Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas
Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas Jabamanusasi disabet reporter blokBojonegoro.com. Muhammad A. Qohhar yang memperoleh juara 1.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Sabtu, 03 Januari 2015 15:00:49 PAC IPNU/IPPNU Sumberrejo Konferancab XI PAC IPNU/IPPNU Sumberrejo Konferancab XI
Jumat (2/1/2014) Pengurus Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdhatul Ulama (IPNU)/Ikatan Pelajar Putri Nahdhatul Ulama (IPPNU) Sumberrejo, Bojonegoro menggelar Konferensi Anak Cabang (Konferancab) Ke XI. Bertempat di MINU Walisongo Sumuragung, Sumberrejo.
Info Tabloid bB
Minggu, 07 Desember 2014 16:11:10 Tabloid bB Edisi Desember 2014
Tepat di bulan penutup di Tahun 2014, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan rangkuman megaproyek yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Mulai dari yang baru mulai, memasuki pertengahan, hingga ada yang telah finishing. Tetapi tampak pula yang tidak jelas perkembangannya. Melalui tema âMeliuk di Senja Megaproyekâ, redaksi ingin mengetengahkan banyak hal yang membuat proyek-proy ...