Hasil Panja, Perlunya Tindak Lanjut Temuan BPK
Minggu, 10 Juni 2012 19:00:22 Hasil Panja, Perlunya Tindak Lanjut Temuan BPK

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Dari hasil kesepakatan Panitia Kerja (Panja) Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro. Akhirnya disepakati, pentingnya menindaklanjuti dan menuntaskan 10 temuan hasil pemeriksaan BPK  atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro tahun 2011.

Sebagaimana diketahui, BPK RI telah memeriksa neraca Pemkab Bojonegoro per 31 Desember 2010 dan 2011, laporan realisasi anggaran, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan untuk tahun yang berakhir pada tangga-tanggal tersebut.

 Juru Bicara Panja, Sugeng Hari Anggoro mengatakan, berdasarkan surat dengan Nomor 29.A/LHP/R/XVII.JATIM/05/2012 tanggal 16 Mei 2012 dan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Sistem Pengendalian Intern Nomor 29.B/LHP/R/XVII.JATIM/05/2012 tanggal 16 Mei 2012. Tindak lanjut temuan tersebut harus dilakukan.

"Selain itu, DPRD juga berwenang untuk meminta laporan pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK dari Pemerintah Daerah (Pemda)," imbuh politisi asal PAN itu.

Tindak lanjut ini perlu dilakukan sehubungan dengan pentingnya tiga jenis laporan hasil pemeriksaan yang dikeluarkan oleh BPK. Yakni, laporan hasil keuangan, laporan hasil pemeriksaan kinerja dan laporan hasil pemeriksaan dengan tujuan tertentu.

"Ketentuan ini sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelaksanaan Fungsi Pengawasan DPRD terhadap tindaklanjut hasil pemeriksaan BPK," ungkapnya.

Selain disampaikan pentingnya tindak lanjut hasil pemeriksaan, pihak Panja juga mengusulkan Panja DPRD Kabupaten Bojonegoro yang membahas LHP BPK RI Atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro tahun 2011 ditetapkan menjadi keputusan DPRD. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 22 April 2014 17:00:35 Akademi Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat
    Semarak demokrasi tak hanya ada di ajang pemilihan legeslatif (Pileg) saja. Di Senat Mahasiswa Akademi Kesehatan Rajekwesi
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...