Pemilukada Bojonegoro 2012
Tiga Kemungkinan Konflik Pemilukada
Selasa, 26 Juni 2012 12:00:00 Tiga Kemungkinan Konflik Pemilukada

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com -
Ada tiga kemungkinan konflik yang biasa terjadi dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di beberapa daerah, termasuk juga di Kabupaten Bojonegoro yang akan dihelat pada 10 November 2012 mendatang.

Tiga kemungkinan konflik tersebut di antaranya, konflik struktural, yakni adanya sekelompok orang yang menguasai akses lebih dari yang lain namun tidak terbuka. Kedua adanya konflik kepentingan, yakni adanya orang yang mempunyai kepentingan tertentu dan memperjuangkan keinginannya tersebut tanpa mengindahkan yang lain.

Dan ketiga adalah konflik hubungan yang berdampak pada terjadinya konflik antar kelompok/etnis atau agama karena adanya manipulasi dari pihak-pihak tertentu.

"Sehingga, tidak lagi menjadi hakekat sebuah Pemilukada yang sebenarnya. Ini yang perlu diwaspadai oleh kita semua," kata Bupati Bojonegoro, Suyoto.

Namun, terhadap tiga kemungkinan konflik tersebut, bupati menyatakan tidak merisaukan hal tersebut. Dirinya beralasan bahwa saat ini masyarakat telah dewasa dan mulai tampak elit politik, elit ormas maupun elit ekonomi.

"Saya percaya Pemilukada Bojonegoro tidak terjadi kemungkinan tiga konflik tersebut," kata Suyoto.

Selain itu, menurut bupati, adanya keterbukaan dari semua pihak juga menjadi faktor pendukung terselenggaranya Pemilukada yang kondusif. [ana/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 10 April 2014 02:30:11 Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu
    Sebagai upaya pembelajaran dalam politik bagi generasi muda, adik-adik Saka Bhayangkara Polsek Kedungadem dilibatkan sebagai relawan Pemilu
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...