Pemilukada Bojonegoro 2012
Tiga Kemungkinan Konflik Pemilukada
Selasa, 26 Juni 2012 12:00:00 Tiga Kemungkinan Konflik Pemilukada

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com -
Ada tiga kemungkinan konflik yang biasa terjadi dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di beberapa daerah, termasuk juga di Kabupaten Bojonegoro yang akan dihelat pada 10 November 2012 mendatang.

Tiga kemungkinan konflik tersebut di antaranya, konflik struktural, yakni adanya sekelompok orang yang menguasai akses lebih dari yang lain namun tidak terbuka. Kedua adanya konflik kepentingan, yakni adanya orang yang mempunyai kepentingan tertentu dan memperjuangkan keinginannya tersebut tanpa mengindahkan yang lain.

Dan ketiga adalah konflik hubungan yang berdampak pada terjadinya konflik antar kelompok/etnis atau agama karena adanya manipulasi dari pihak-pihak tertentu.

"Sehingga, tidak lagi menjadi hakekat sebuah Pemilukada yang sebenarnya. Ini yang perlu diwaspadai oleh kita semua," kata Bupati Bojonegoro, Suyoto.

Namun, terhadap tiga kemungkinan konflik tersebut, bupati menyatakan tidak merisaukan hal tersebut. Dirinya beralasan bahwa saat ini masyarakat telah dewasa dan mulai tampak elit politik, elit ormas maupun elit ekonomi.

"Saya percaya Pemilukada Bojonegoro tidak terjadi kemungkinan tiga konflik tersebut," kata Suyoto.

Selain itu, menurut bupati, adanya keterbukaan dari semua pihak juga menjadi faktor pendukung terselenggaranya Pemilukada yang kondusif. [ana/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
    Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...