Pemilukada Bojonegoro 2012
Incumbent Dilarang Keras Gunakan Fasilitas Negara
Selasa, 03 Juli 2012 17:00:48 Incumbent Dilarang Keras Gunakan Fasilitas Negara

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kepala Daerah (Panwaslukada) akan semakin memperketat pengawasan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bojonegoro 2012. Terlebih pengawasan ketat pada pihak incumbent yang akan mencalonkan lagi. Sebab, dikhawatirkan rawan kecurangan serta rawan penggunaan fasilitas negara dalam kampanye.

Hal itu disampaikan Ketua Panwaslukada, Mulyono, menurutnya sesuai regulasi yang ada incumbent yang akan mencalonkan lagi harus mengajukan cuti sesuai jadwal kampanye yang telah ditentukan. "Kalau masalah kawasan abu-abu itu urusan masing-masing," katanya.

Yang pasti, pada saat menggelar kampanye, incumbent dilarang keras menggunakan fasilitas negara dan telah memiliki bukti cuti. Sebab, apabila tetap menggunakan fasilitas negara akan ada tindakan yang akan diambil oleh Panwas. Bahkan, bisa pelanggaran tersebut bisa masuk ke ranah pidana.

Netralitas merupakan salah satu faktor terberat yang harus diemban oleh Panwaslukada. Hal ini sebagaimana disampaikan dalam pertemuan bersama Forum Komunikasi Umat Agama (FKUB), Selasa (3/7/2012).

Selain itu, Panwaslukada juga meminta dukungan dari pihak FKUB untuk membantu mengkondisikan seluruh elemen masyarakat agar tercipta Pemilukada yang aman dan kondusif. "Kami minta bantuan dari unsur tokoh umat beragama yang ada di FKUB ini," kata Mulyono.

Koordinasi ini juga sebagai bentuk pengawasan preventif sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, juga agar bisa bersikap netral untuk mengakomodasi kepentingan-kepentingan yang ada. "Bersikap netral itu yang paling berat, karena terkadang harus berbenturan dengan saudara dan kepentingan-kepentingan lain," imbuhnya. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 22 April 2014 17:00:35 Akademi Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat
    Semarak demokrasi tak hanya ada di ajang pemilihan legeslatif (Pileg) saja. Di Senat Mahasiswa Akademi Kesehatan Rajekwesi
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...