Pemilukada Bojonegoro 2012
Incumbent Dilarang Keras Gunakan Fasilitas Negara
Selasa, 03 Juli 2012 17:00:48 Incumbent Dilarang Keras Gunakan Fasilitas Negara

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kepala Daerah (Panwaslukada) akan semakin memperketat pengawasan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bojonegoro 2012. Terlebih pengawasan ketat pada pihak incumbent yang akan mencalonkan lagi. Sebab, dikhawatirkan rawan kecurangan serta rawan penggunaan fasilitas negara dalam kampanye.

Hal itu disampaikan Ketua Panwaslukada, Mulyono, menurutnya sesuai regulasi yang ada incumbent yang akan mencalonkan lagi harus mengajukan cuti sesuai jadwal kampanye yang telah ditentukan. "Kalau masalah kawasan abu-abu itu urusan masing-masing," katanya.

Yang pasti, pada saat menggelar kampanye, incumbent dilarang keras menggunakan fasilitas negara dan telah memiliki bukti cuti. Sebab, apabila tetap menggunakan fasilitas negara akan ada tindakan yang akan diambil oleh Panwas. Bahkan, bisa pelanggaran tersebut bisa masuk ke ranah pidana.

Netralitas merupakan salah satu faktor terberat yang harus diemban oleh Panwaslukada. Hal ini sebagaimana disampaikan dalam pertemuan bersama Forum Komunikasi Umat Agama (FKUB), Selasa (3/7/2012).

Selain itu, Panwaslukada juga meminta dukungan dari pihak FKUB untuk membantu mengkondisikan seluruh elemen masyarakat agar tercipta Pemilukada yang aman dan kondusif. "Kami minta bantuan dari unsur tokoh umat beragama yang ada di FKUB ini," kata Mulyono.

Koordinasi ini juga sebagai bentuk pengawasan preventif sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, juga agar bisa bersikap netral untuk mengakomodasi kepentingan-kepentingan yang ada. "Bersikap netral itu yang paling berat, karena terkadang harus berbenturan dengan saudara dan kepentingan-kepentingan lain," imbuhnya. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
    Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...