Pemilukada Bojonegoro 2012
Incumbent Dilarang Keras Gunakan Fasilitas Negara
Selasa, 03 Juli 2012 17:00:48 Incumbent Dilarang Keras Gunakan Fasilitas Negara

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kepala Daerah (Panwaslukada) akan semakin memperketat pengawasan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bojonegoro 2012. Terlebih pengawasan ketat pada pihak incumbent yang akan mencalonkan lagi. Sebab, dikhawatirkan rawan kecurangan serta rawan penggunaan fasilitas negara dalam kampanye.

Hal itu disampaikan Ketua Panwaslukada, Mulyono, menurutnya sesuai regulasi yang ada incumbent yang akan mencalonkan lagi harus mengajukan cuti sesuai jadwal kampanye yang telah ditentukan. "Kalau masalah kawasan abu-abu itu urusan masing-masing," katanya.

Yang pasti, pada saat menggelar kampanye, incumbent dilarang keras menggunakan fasilitas negara dan telah memiliki bukti cuti. Sebab, apabila tetap menggunakan fasilitas negara akan ada tindakan yang akan diambil oleh Panwas. Bahkan, bisa pelanggaran tersebut bisa masuk ke ranah pidana.

Netralitas merupakan salah satu faktor terberat yang harus diemban oleh Panwaslukada. Hal ini sebagaimana disampaikan dalam pertemuan bersama Forum Komunikasi Umat Agama (FKUB), Selasa (3/7/2012).

Selain itu, Panwaslukada juga meminta dukungan dari pihak FKUB untuk membantu mengkondisikan seluruh elemen masyarakat agar tercipta Pemilukada yang aman dan kondusif. "Kami minta bantuan dari unsur tokoh umat beragama yang ada di FKUB ini," kata Mulyono.

Koordinasi ini juga sebagai bentuk pengawasan preventif sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, juga agar bisa bersikap netral untuk mengakomodasi kepentingan-kepentingan yang ada. "Bersikap netral itu yang paling berat, karena terkadang harus berbenturan dengan saudara dan kepentingan-kepentingan lain," imbuhnya. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Selasa, 31 Maret 2015 14:00:21 Redaksi Kedatangan Tamu dari Poltek Negeri Bojonegoro Redaksi Kedatangan Tamu dari Poltek Negeri Bojonegoro
    Kantor blokBojonegoro Media di Jalan MT.Haryono Nomor 5A Kelurahan Jetak, Kota Bojonegoro mendadak ramai, selasa (31/03/2015). Pasalnya, redaksi menerima kunjungan dari Akademi Komunitas Politeknik (Poltek) Negeri Bojonegoro.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...