Terdakwa Penggelapan Lahan Blok Cepu Divonis 2,5 Tahun
Kamis, 05 Juli 2012 20:00:15 Terdakwa Penggelapan Lahan Blok Cepu Divonis 2,5 Tahun

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Sidang perkara penggelapan dan penipuan lahan Blok Cepu senilai Rp7,2 miliar dengan terdakwa Antik Agung Purnomo menjatuhkan vonis 2 tahun dan 6 bulan penjara. Putusan pengadilan konform atau sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Manshur.

Pembacaan putusan oleh Hakim Setya Yoga menyatakan terdakwa terbukti bersalah sesuai dakwaan pertama tentang penggelapan. Mantan anggota TNI itu terbukti melakukan penggelapan dan merugikan PT Sekalino Fajar Mas senilai Rp7,2 miliar.

"Terdakwa terbukti bersalah dan harus menjalani hukuman dikurangi masa tahanan," kata Setya Yoga.

Antik Agung Purnomo tidak bisa mempertanggungjawabkan pembebasan lahan seluas 91.211 meter persegi di wilayah Gayam, Brabowan, Bonorejo dan Mojodelik. Terdakwa sebagai Direktur PT Inti Manunggal Jaya menjual tanah yang sudah dibeli PT Sekalino dan dijual lagi kepada pihak ketiga.

Hal yang memberatkan adalah perbuatan terdakwa merugikan perusahaan dan tidak ada iktikad baik. Sedangkan yang meringankan ialah terdakwa mengakui perbutannya.

Pria asal Kabupaten Blora, Jawa Tengah itu sebelumnya didakwa dengan dua pasal sekaligus, yakni penipuan sesuai pasal 378 dan pasal 372 tentang penggelapan dengan serangkaian tipu muslihat

Menanggapi putusan hari ini, Kamis (5/7/2012), terdakwa menyatakan menerima. Sementara itu, JPU Nuraini Prihatin yang mewakili jaksa Manshur belum bisa menyatakan alias pikir-pikir.[oel/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 April 2014 17:00:59 Demo Wapres, 22 Aktivis PMII Diamankan
    Sebanyak 22 aktivis PMII yang melakukan aksi menolak kunjungan Wakil Presiden RI, Boediono di Bojonegoro diamankan polisi.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 24 April 2014 23:00:40 Peringati Hari Kartini dengan Jajakan Makanan Jadul Peringati Hari Kartini dengan Jajakan Makanan Jadul
    Meski peringatan Hari Kartini telah lewat tiga hari, siswa-siswi SD Muhammadiyah 3 Sumberrejo baru merayakannya hari ini.
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...