Terdakwa Penggelapan Lahan Blok Cepu Divonis 2,5 Tahun
Kamis, 05 Juli 2012 20:00:15 Terdakwa Penggelapan Lahan Blok Cepu Divonis 2,5 Tahun

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Sidang perkara penggelapan dan penipuan lahan Blok Cepu senilai Rp7,2 miliar dengan terdakwa Antik Agung Purnomo menjatuhkan vonis 2 tahun dan 6 bulan penjara. Putusan pengadilan konform atau sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Manshur.

Pembacaan putusan oleh Hakim Setya Yoga menyatakan terdakwa terbukti bersalah sesuai dakwaan pertama tentang penggelapan. Mantan anggota TNI itu terbukti melakukan penggelapan dan merugikan PT Sekalino Fajar Mas senilai Rp7,2 miliar.

"Terdakwa terbukti bersalah dan harus menjalani hukuman dikurangi masa tahanan," kata Setya Yoga.

Antik Agung Purnomo tidak bisa mempertanggungjawabkan pembebasan lahan seluas 91.211 meter persegi di wilayah Gayam, Brabowan, Bonorejo dan Mojodelik. Terdakwa sebagai Direktur PT Inti Manunggal Jaya menjual tanah yang sudah dibeli PT Sekalino dan dijual lagi kepada pihak ketiga.

Hal yang memberatkan adalah perbuatan terdakwa merugikan perusahaan dan tidak ada iktikad baik. Sedangkan yang meringankan ialah terdakwa mengakui perbutannya.

Pria asal Kabupaten Blora, Jawa Tengah itu sebelumnya didakwa dengan dua pasal sekaligus, yakni penipuan sesuai pasal 378 dan pasal 372 tentang penggelapan dengan serangkaian tipu muslihat

Menanggapi putusan hari ini, Kamis (5/7/2012), terdakwa menyatakan menerima. Sementara itu, JPU Nuraini Prihatin yang mewakili jaksa Manshur belum bisa menyatakan alias pikir-pikir.[oel/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Sabtu, 22 Agustus 2015 18:00:00 HUT TNI Ke- 70 Kodim Gandeng bB Baksos di Temayang Kodim Gandeng bB Baksos di Temayang
    Dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke- 70, Kodim 0813 Kabupaten Bojonegoro akan menggelar bakti sosial (baksos) di Desa Soko, Kecamatan Temayang pada bulan September 2015 nanti. Dalam pelaksan baksos, Kodim 0813 bekerjasama dengan Jeep Adventure dan blokBojonegoro.com sebagai media partner.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 18 Agustus 2015 08:00:39 Meriah, Agustusan ala Mahasiswa Indonesia di Thailand Meriah, Agustusan ala Mahasiswa Indonesia di Thailand
    Dalam rangka memperingati HUT RI ke-70, persatuan mahasiswa Indonesia di Universitas Khon Kaen (ISU-KKU), Thailand mengadakan berbagai acara. Tahun ini, merupakan tahun yang paling ramai dibandingkan tahun sebelumnya. Karena, selain jumlah mahasiswa tetap yang menempuh pendidikan S2 maupun S3 makin banyak, juga karena pada Agustus ini Universitas Khon Kaen juga banyak melakukan pertukuran mahasiswa dari berbagai institusi di Indonesia.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar âAwasi Air Saat Musim Keringâ dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ...