Terdakwa Penggelapan Lahan Blok Cepu Divonis 2,5 Tahun
Kamis, 05 Juli 2012 20:00:15 Terdakwa Penggelapan Lahan Blok Cepu Divonis 2,5 Tahun

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Sidang perkara penggelapan dan penipuan lahan Blok Cepu senilai Rp7,2 miliar dengan terdakwa Antik Agung Purnomo menjatuhkan vonis 2 tahun dan 6 bulan penjara. Putusan pengadilan konform atau sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Manshur.

Pembacaan putusan oleh Hakim Setya Yoga menyatakan terdakwa terbukti bersalah sesuai dakwaan pertama tentang penggelapan. Mantan anggota TNI itu terbukti melakukan penggelapan dan merugikan PT Sekalino Fajar Mas senilai Rp7,2 miliar.

"Terdakwa terbukti bersalah dan harus menjalani hukuman dikurangi masa tahanan," kata Setya Yoga.

Antik Agung Purnomo tidak bisa mempertanggungjawabkan pembebasan lahan seluas 91.211 meter persegi di wilayah Gayam, Brabowan, Bonorejo dan Mojodelik. Terdakwa sebagai Direktur PT Inti Manunggal Jaya menjual tanah yang sudah dibeli PT Sekalino dan dijual lagi kepada pihak ketiga.

Hal yang memberatkan adalah perbuatan terdakwa merugikan perusahaan dan tidak ada iktikad baik. Sedangkan yang meringankan ialah terdakwa mengakui perbutannya.

Pria asal Kabupaten Blora, Jawa Tengah itu sebelumnya didakwa dengan dua pasal sekaligus, yakni penipuan sesuai pasal 378 dan pasal 372 tentang penggelapan dengan serangkaian tipu muslihat

Menanggapi putusan hari ini, Kamis (5/7/2012), terdakwa menyatakan menerima. Sementara itu, JPU Nuraini Prihatin yang mewakili jaksa Manshur belum bisa menyatakan alias pikir-pikir.[oel/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Kamis, 21 Mei 2015 13:30:46 KPU Bojonegoro Kunjungi bB KPU Bojonegoro Kunjungi bB
    Hari Kamis (21/5/2015), Kantor Redaksi blokBojonegoro (bB) Media, yang beralamatkan di Ruko Permata Jetak, Jl. MT Haryono, Nomor 5A, kedatangan tamu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Rabu, 27 Mei 2015 12:00:05 FKMB Bentuk Komunitas Jurnalistik SMA Bojonegoro FKMB Bentuk Komunitas Jurnalistik SMA Bojonegoro
    Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) UIN Sunan Ampel sukses menyelenggarakan Diklat Jurnalistik Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Se-Bojonegoro di Gedung MWC Nahdlatul Ulama Balen, Bojonegoro, Jumat hingga Minggu, (22-24/5/2015).
    Info Tabloid bB
    Rabu, 13 Mei 2015 15:31:35 Tabloid bB Edisi Maret 2015
    Kabupaten Bojonegoro, sejauh ini baru dikenal sebagai daerah yang menyumbang lumayan besar minyak dan gas bumi (Migas), karena Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, dengan operator ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) belum benar-benar dioptimalkan produksinya sampai di atas 165.000 barel per hari (BPH). Juga, Lapangan Sukowati yang dijalankan Joint Operating Body Pertamina-Petrochina (JOB P-PEJ) mempunyai kec ...