Terdakwa Penggelapan Lahan Blok Cepu Divonis 2,5 Tahun
Kamis, 05 Juli 2012 20:00:15 Terdakwa Penggelapan Lahan Blok Cepu Divonis 2,5 Tahun

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Sidang perkara penggelapan dan penipuan lahan Blok Cepu senilai Rp7,2 miliar dengan terdakwa Antik Agung Purnomo menjatuhkan vonis 2 tahun dan 6 bulan penjara. Putusan pengadilan konform atau sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Manshur.

Pembacaan putusan oleh Hakim Setya Yoga menyatakan terdakwa terbukti bersalah sesuai dakwaan pertama tentang penggelapan. Mantan anggota TNI itu terbukti melakukan penggelapan dan merugikan PT Sekalino Fajar Mas senilai Rp7,2 miliar.

"Terdakwa terbukti bersalah dan harus menjalani hukuman dikurangi masa tahanan," kata Setya Yoga.

Antik Agung Purnomo tidak bisa mempertanggungjawabkan pembebasan lahan seluas 91.211 meter persegi di wilayah Gayam, Brabowan, Bonorejo dan Mojodelik. Terdakwa sebagai Direktur PT Inti Manunggal Jaya menjual tanah yang sudah dibeli PT Sekalino dan dijual lagi kepada pihak ketiga.

Hal yang memberatkan adalah perbuatan terdakwa merugikan perusahaan dan tidak ada iktikad baik. Sedangkan yang meringankan ialah terdakwa mengakui perbutannya.

Pria asal Kabupaten Blora, Jawa Tengah itu sebelumnya didakwa dengan dua pasal sekaligus, yakni penipuan sesuai pasal 378 dan pasal 372 tentang penggelapan dengan serangkaian tipu muslihat

Menanggapi putusan hari ini, Kamis (5/7/2012), terdakwa menyatakan menerima. Sementara itu, JPU Nuraini Prihatin yang mewakili jaksa Manshur belum bisa menyatakan alias pikir-pikir.[oel/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
    Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...