Minum Kopi Saat Hamil Tak Bikin Anak Hiperaktif
Minggu, 15 Juli 2012 07:00:24 Minum Kopi Saat Hamil Tak Bikin Anak Hiperaktif

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Anggapan bahwa konsumsi kopi selama kehamilan menyebabkan anak hiperaktif ternyata tidak terbukti. Demikian disampaikan oleh Loomans Eva, peneliti dari Tilburg University, Belanda, setelah mengamati lebih dari 3.400 anak berusia 5-6 tahun.

Menurutnya, anak-anak yang ibunya minum sekitar tiga cangkir kopi sehari tidak memiliki risiko lebih besar mengalami gangguan pemusatan perhatian dibandingkan ibu yang tidak minum kopi.

Namun, Eva menambahkan bahwa temuan ini bukan berarti bahwa kafein tidak berbahaya. Karena studi ini hanya fokus pada suatu masalah perilaku saja. Untuk saat ini, Eva menganjurkan supaya ibu hamil mengikuti saran dokter jika ingin mengonsumsi kopi saat hamil.

NHS merekomendasikan bahwa wanita hamil mestinya tidak mengonsumsi lebih dari 200mg kafein sehari. Tingginya kadar kafein dapat menyebabkan bayi memiliki berat badan lahir rendah, sementara terlalu banyak juga dapat menyebabkan keguguran.

Eva mengungkapkan sampai saat ini masih sedikit bukti yang menunjukkan pengaruh asupan kafein terhadap perkembangan anak. Tetapi, dari beberapa penelitian menggunakan hewan, terungkap bahwa kafein dapat mempengaruhi perkembangan otak janin dengan cara mengubah perilaku di kemudian hari. Belum dapat diketahui apakah hal ini berlaku pula untuk manusia.

Dalam riset terbarunya, Eva mengatakan bahwa konsumsi kafein selama kehamilan tidak memiliki hubungan dengan masalah perilaku. Penelitiannya melibatkan 3.439 anak-anak di Amsterdam yang ibunya telah menyelesaikan kuesioner rinci tentang gaya hidup dan faktor lainnya selama kehamilan.

Ketika anak-anak mereka berusia antara lima dan enam tahun, ibu mereka dan guru disurvei untuk mencari tahu tentang masalah perilaku. Secara keseluruhan, sekitar lima persen anak memiliki beberapa jenis masalah perilaku, seperti hiperaktif atau kurangnya perhatian. Tetapi risiko itu tidak lebih besar untuk anak yang ibunya minum kafein dalam dosis besar setiap harinya.

Eva memperingatkan bahwa masih banyak yang harus dipelajari tentang pengaruh kafein terhadap perkembangan anak dalam jangka panjang. Temuan ini dipublikasikan dalam journal Pediatrics. [lis]

Sumber: http://health.kompas.com/read/2012/07/14/12431257/Minum.Kopi.Saat.Hamil.Tak.Bikin.Anak.Hiperaktif

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 13 Mei 2013 18:46:42 Rumah Potong Hewan Banjarsari Ludes Terbakar
    Kebakaran hebat melahap Rumah Pemotong Hewan (RPH) di Desa Banjarsari
    Redaksi
    Senin, 17 Juni 2013 16:30:54 Dua Sekolah dari Kecamatan Gayam Berkunjung ke bB Media Dua Sekolah dari Kecamatan Gayam Berkunjung ke bB Media
    Senin (17/6/2013) siang, kantor redaksi blokBojonegoro Media (blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) di Jalan Lisman, Gg Baru V, Kota Bojonegoro mendadak ramai.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 16 Juni 2013 22:00:33 Panwascam Kanor Lakukan Akurasi DPS Panwascam Kanor Lakukan Akurasi DPS
    Setelah usai proses konsultasi, serta koordinasi, Minggu (16/6/2013) dilaksanakan proses audit akurasi Pemutakhiran Data pemilih.
    Info Tabloid bB
    Minggu, 16 Juni 2013 19:06:02 Tabloid bB Juni, Melangkah Bersama Pembaca
    Semakin mendekatnya Ulang Tahun kedua blokBojonegoro Media, tepatnya 26 Juni mendatang, edisi Juni kali ini redaksi bB berusaha membahas dengan matang sesuai momen bulan istimewa dengan tema besar Ultah kedua "Melangkah bersama Pembaca" Edisi Juni rubrik investigasi disajikan dengan topik "Lingkungan Dicengkram Tambang". ...