12 PNS Terbukti Melanggar
Kamis, 23 Agustus 2012 11:00:11

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Dalam waktu setengah semester di tahun 2012 ini, tercatat sebanyak 12 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan satu aparat desa yang melanggar. Data itu didapat dari Inspektorat Kabupaten Bojonegoro.

Bahkan, dari jumlah PNS tersebut, empat di antaranya terancam sanksi pemecatan karena tidak masuk kerja selama 40 hari tanpa alasan yang jelas.

"Karena alasan itu, sehingga yang bersangkutan terkena sanksi pemecatan," kata Kepala Inspektorat, I Nyoman Sudana.

Menurut Nyoman, selain sanksi pemecatan, ada juga sanksi lain yang harus diterima PNS yang melanggar ini. Di antaranya penurunan pangkat, peringatan, penurunan gaji berkala serta penundaan kenaikan pangkat.

"Sanksi yang diberikan tergantung tingkat kesalahan yang dilakukan oleh yang bersangkutan," imbuhnya.

Dijelakan pria asal Bali ini bahwa pelanggaran ini sebagian besar dilakukan oleh PNS yang masih menjabat di bagian staf.

Ada beberapa alasan yang kerap ditemui dari masing-masing PNS yang melanggar. Di antara kasus yang paling sering terjadi adalah karena terlilit utang dan merasa gaji yang dinilai tidak mencukupi, sehingga dirinya malas masuk kerja. Kemudian ada laporan masuk dan bisa dilakukan pemecatan. [ana/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 22 April 2014 17:00:35 Akademi Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat Pesta Demokrasi untuk Pilih Ketua Senat
    Semarak demokrasi tak hanya ada di ajang pemilihan legeslatif (Pileg) saja. Di Senat Mahasiswa Akademi Kesehatan Rajekwesi
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...