Pengairan Lahan Padi di Sepanjang Bengawan Solo Masih Aman
Kamis, 23 Agustus 2012 13:00:25

Reporter : Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Musim kemarau tahun ini diperkirakan berlangsung lama. Sejumlah kawasan pertanian mulai mengalami kekeringan. Namun, untuk daerah yang dilewati aliran Sungai Bengawan Solo masih terselamatkan karena bisa mengambil air dari sungai besar ini.

Seperti halnya yang terjadi di 11 desa yang berada di Kecamatan Kanor Bojonegoro. Para petani yang saat ini menanam tanaman padi tidak khawatir kekurangan air untuk lahan pertanian mereka. Pasalnya, air yang tersedia di sungai masih cukup untuk keperluan mengairi tanaman padi petani hingga masa panen tiba.

"Untuk pertanian tanaman padi yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo tidak ada masalah. Sampai saat ini, air yang ada masih mencukupi," kata Camat Kanor, Darmawan.

Sementara, lahan pertanian yang menggantungkan jatah air dari waduk pacal terpaksa tidak bisa melakukan penanaman padi karena adanya intruksi dari pemerintah untuk menghentikan pasokan, lantaran minimnya persediaan air di waduk tersebut.

"Intruksi dari pemerintah tersebut sudah diikuti oleh para petani. Sehingga, kondisi yang ada tidak terlalu mengkhawatirkan,' imbuhnya.

Menurutnya, lahan pertanian yang biasa mendapat jatah air dari Waduk Pacal, kali ini memilih untuk menanam tembakau dengan luas lahan sekitar 1.400 hektare. Sementara, untuk lahan pertanian yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo dengan tanaman padinya mencapai 3.000 hektare lebih. [ana/ang]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Selasa, 20 Mei 2014 15:11:03 Konvoi Kelulusan, Polisi Tilang Motor Tak Tertib
    Siswa yang melakukan konvoi kelulusan langsung ditilang di tempat oleh petugas Satlantas
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 21 Juli 2014 19:30:35 Ponpes Al Falah Pacul Gelar Khotmil Kutub Ponpes Al Falah Pacul Gelar Khotmil Kutub
    Bertepatan hari Minggu 20 Juli 2014, Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah Pacul Kota Bojonegoro melaksanakan kegiatan penutupan “ngaji pasan/ngaji posonan”
    Info Tabloid bB
    Senin, 05 Mei 2014 19:36:38 Tabloid bB Edisi Mei 2014
    Dengan tema besar Guruku Sayang Guruku Malang, redaksi Tabloid blokBojonegoro di Bulan Mei 2014 ingin mengetengahkan realitas pengajar di lapangan untuk rubrik Investigasi. Khususnya untuk Kabupaten Bojonegoro. Sejak beberapa tahun belakangan ini, seiring kebijakan nasional, kesejahteraan guru terus ditingkatkan. Walaupun begitu, masih banyak tenaga pendidik yang jauh dari kata “sejahtera&rd ...