Pengairan Lahan Padi di Sepanjang Bengawan Solo Masih Aman
Kamis, 23 Agustus 2012 13:00:25

Reporter : Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Musim kemarau tahun ini diperkirakan berlangsung lama. Sejumlah kawasan pertanian mulai mengalami kekeringan. Namun, untuk daerah yang dilewati aliran Sungai Bengawan Solo masih terselamatkan karena bisa mengambil air dari sungai besar ini.

Seperti halnya yang terjadi di 11 desa yang berada di Kecamatan Kanor Bojonegoro. Para petani yang saat ini menanam tanaman padi tidak khawatir kekurangan air untuk lahan pertanian mereka. Pasalnya, air yang tersedia di sungai masih cukup untuk keperluan mengairi tanaman padi petani hingga masa panen tiba.

"Untuk pertanian tanaman padi yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo tidak ada masalah. Sampai saat ini, air yang ada masih mencukupi," kata Camat Kanor, Darmawan.

Sementara, lahan pertanian yang menggantungkan jatah air dari waduk pacal terpaksa tidak bisa melakukan penanaman padi karena adanya intruksi dari pemerintah untuk menghentikan pasokan, lantaran minimnya persediaan air di waduk tersebut.

"Intruksi dari pemerintah tersebut sudah diikuti oleh para petani. Sehingga, kondisi yang ada tidak terlalu mengkhawatirkan,' imbuhnya.

Menurutnya, lahan pertanian yang biasa mendapat jatah air dari Waduk Pacal, kali ini memilih untuk menanam tembakau dengan luas lahan sekitar 1.400 hektare. Sementara, untuk lahan pertanian yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo dengan tanaman padinya mencapai 3.000 hektare lebih. [ana/ang]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
    Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
    Redaksi
    Minggu, 15 Mei 2016 10:00:13 Gerakan Bojonegoro Menulis Gerakan Bojonegoro Menulis
    Perkembangan ekonomi Kabupaten Bojonegoro cukup pesat. Hal itu tak lepas dari produksi minyak di Blok Cepu yang mencapai puncak 165.000 barel perhari (bph). Ladang Blok Cepu berada di wilayah selatan Bojonegoro. Industri migas itupun berdampak di bidang lain, mulai sosial, politik, pariwisata, dan pendidikan.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 23 Mei 2016 08:00:18 Puluhan Anak Ramaikan Jelajah Alam Kayangan Puluhan Anak Ramaikan Jelajah Alam Kayangan
    Puluhan anak di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengikuti jelajah alam kayangan bersama Sokola Alam Sahabat Inspirasi Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...