Pengairan Lahan Padi di Sepanjang Bengawan Solo Masih Aman
Kamis, 23 Agustus 2012 13:00:25

Reporter : Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Musim kemarau tahun ini diperkirakan berlangsung lama. Sejumlah kawasan pertanian mulai mengalami kekeringan. Namun, untuk daerah yang dilewati aliran Sungai Bengawan Solo masih terselamatkan karena bisa mengambil air dari sungai besar ini.

Seperti halnya yang terjadi di 11 desa yang berada di Kecamatan Kanor Bojonegoro. Para petani yang saat ini menanam tanaman padi tidak khawatir kekurangan air untuk lahan pertanian mereka. Pasalnya, air yang tersedia di sungai masih cukup untuk keperluan mengairi tanaman padi petani hingga masa panen tiba.

"Untuk pertanian tanaman padi yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo tidak ada masalah. Sampai saat ini, air yang ada masih mencukupi," kata Camat Kanor, Darmawan.

Sementara, lahan pertanian yang menggantungkan jatah air dari waduk pacal terpaksa tidak bisa melakukan penanaman padi karena adanya intruksi dari pemerintah untuk menghentikan pasokan, lantaran minimnya persediaan air di waduk tersebut.

"Intruksi dari pemerintah tersebut sudah diikuti oleh para petani. Sehingga, kondisi yang ada tidak terlalu mengkhawatirkan,' imbuhnya.

Menurutnya, lahan pertanian yang biasa mendapat jatah air dari Waduk Pacal, kali ini memilih untuk menanam tembakau dengan luas lahan sekitar 1.400 hektare. Sementara, untuk lahan pertanian yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo dengan tanaman padinya mencapai 3.000 hektare lebih. [ana/ang]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 10 April 2014 02:30:11 Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu
    Sebagai upaya pembelajaran dalam politik bagi generasi muda, adik-adik Saka Bhayangkara Polsek Kedungadem dilibatkan sebagai relawan Pemilu
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...