Pengairan Lahan Padi di Sepanjang Bengawan Solo Masih Aman
Kamis, 23 Agustus 2012 13:00:25

Reporter : Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Musim kemarau tahun ini diperkirakan berlangsung lama. Sejumlah kawasan pertanian mulai mengalami kekeringan. Namun, untuk daerah yang dilewati aliran Sungai Bengawan Solo masih terselamatkan karena bisa mengambil air dari sungai besar ini.

Seperti halnya yang terjadi di 11 desa yang berada di Kecamatan Kanor Bojonegoro. Para petani yang saat ini menanam tanaman padi tidak khawatir kekurangan air untuk lahan pertanian mereka. Pasalnya, air yang tersedia di sungai masih cukup untuk keperluan mengairi tanaman padi petani hingga masa panen tiba.

"Untuk pertanian tanaman padi yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo tidak ada masalah. Sampai saat ini, air yang ada masih mencukupi," kata Camat Kanor, Darmawan.

Sementara, lahan pertanian yang menggantungkan jatah air dari waduk pacal terpaksa tidak bisa melakukan penanaman padi karena adanya intruksi dari pemerintah untuk menghentikan pasokan, lantaran minimnya persediaan air di waduk tersebut.

"Intruksi dari pemerintah tersebut sudah diikuti oleh para petani. Sehingga, kondisi yang ada tidak terlalu mengkhawatirkan,' imbuhnya.

Menurutnya, lahan pertanian yang biasa mendapat jatah air dari Waduk Pacal, kali ini memilih untuk menanam tembakau dengan luas lahan sekitar 1.400 hektare. Sementara, untuk lahan pertanian yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo dengan tanaman padinya mencapai 3.000 hektare lebih. [ana/ang]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Kamis, 21 Mei 2015 13:30:46 KPU Bojonegoro Kunjungi bB KPU Bojonegoro Kunjungi bB
    Hari Kamis (21/5/2015), Kantor Redaksi blokBojonegoro (bB) Media, yang beralamatkan di Ruko Permata Jetak, Jl. MT Haryono, Nomor 5A, kedatangan tamu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Rabu, 27 Mei 2015 12:00:05 FKMB Bentuk Komunitas Jurnalistik SMA Bojonegoro FKMB Bentuk Komunitas Jurnalistik SMA Bojonegoro
    Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) UIN Sunan Ampel sukses menyelenggarakan Diklat Jurnalistik Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Se-Bojonegoro di Gedung MWC Nahdlatul Ulama Balen, Bojonegoro, Jumat hingga Minggu, (22-24/5/2015).
    Info Tabloid bB
    Rabu, 13 Mei 2015 15:31:35 Tabloid bB Edisi Maret 2015
    Kabupaten Bojonegoro, sejauh ini baru dikenal sebagai daerah yang menyumbang lumayan besar minyak dan gas bumi (Migas), karena Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, dengan operator ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) belum benar-benar dioptimalkan produksinya sampai di atas 165.000 barel per hari (BPH). Juga, Lapangan Sukowati yang dijalankan Joint Operating Body Pertamina-Petrochina (JOB P-PEJ) mempunyai kec ...