Pengairan Lahan Padi di Sepanjang Bengawan Solo Masih Aman
Kamis, 23 Agustus 2012 13:00:25

Reporter : Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Musim kemarau tahun ini diperkirakan berlangsung lama. Sejumlah kawasan pertanian mulai mengalami kekeringan. Namun, untuk daerah yang dilewati aliran Sungai Bengawan Solo masih terselamatkan karena bisa mengambil air dari sungai besar ini.

Seperti halnya yang terjadi di 11 desa yang berada di Kecamatan Kanor Bojonegoro. Para petani yang saat ini menanam tanaman padi tidak khawatir kekurangan air untuk lahan pertanian mereka. Pasalnya, air yang tersedia di sungai masih cukup untuk keperluan mengairi tanaman padi petani hingga masa panen tiba.

"Untuk pertanian tanaman padi yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo tidak ada masalah. Sampai saat ini, air yang ada masih mencukupi," kata Camat Kanor, Darmawan.

Sementara, lahan pertanian yang menggantungkan jatah air dari waduk pacal terpaksa tidak bisa melakukan penanaman padi karena adanya intruksi dari pemerintah untuk menghentikan pasokan, lantaran minimnya persediaan air di waduk tersebut.

"Intruksi dari pemerintah tersebut sudah diikuti oleh para petani. Sehingga, kondisi yang ada tidak terlalu mengkhawatirkan,' imbuhnya.

Menurutnya, lahan pertanian yang biasa mendapat jatah air dari Waduk Pacal, kali ini memilih untuk menanam tembakau dengan luas lahan sekitar 1.400 hektare. Sementara, untuk lahan pertanian yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo dengan tanaman padinya mencapai 3.000 hektare lebih. [ana/ang]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
    Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...