Janur Langka, Ketupat Pandan Wangi Jadi Solusi
Minggu, 26 Agustus 2012 16:00:17 Janur Langka, Ketupat Pandan Wangi Jadi Solusi

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Membuat ketupat lebaran dengan menggunakan daun kelapa atau janur mungkin sudah menjadi hal biasa. Namun ada yang unik dan kreatif pada momen tradisi kupatan kali ini, karena semakin langkanya janur seorang keluarga asal Desa/Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro berinisiatif membuat ketupat dengan menggunakan bahan dari daun pandan wangi.

Ide membuat ketupat dengan bahan dari daun pandan ini sebenarnya dilatarbelakangi kesulitan mencari bahan baku wadah ketupat, janur. Akhirnya, ide kreatifnya muncul lantaran di  belakang rumahnya terdapat banyak tanaman daun pandan wangi.

Meski demikian, membuat ketupat dengan bahan daun pandan wangi ini tidak berbeda dengan membuat dengan bahan janur. Awalnya, setelah pandan wangi dipotong dari batang pohonya, lalu daun pandan tersebut di cuci sampai bersih. Setelah dicuci, daun pandan yang biasanya di buat untuk bahan penyedap kolak ini langsung dipotong menjadi tiga bagian setiap daunya. "Namun yang di pakai hanya pinggir daunnya saja,"  tutur Imam.

Setelah itu proses pembuatan ketupat pun di mulai dengan menganyam seperti pembuatan ketupat pada umumnya. Hanya saja ketupat dengan bungkus daun pandan wangi ini berbeda warna dengan ketupat berbahan janur.

Keunggulannya, menurut Imam, membuat ketupat dengan daun pandan wangi ini rasanya lebih nikmat karena bercampur dengan harumnya daun pandan wangi. "Ya mungkin masyarakat bisa mencobanya di rumah," sarannya. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Sabtu, 13 September 2014 12:00:26 Kabarkan Melalui Info Center bB Media
    Melalui nomor ponsel 0811333451, pembaca bisa menginformasikan setiap kejadian atau kabar untuk bisa ditindaklanjuti wartawan bB, sebutan blokBojonegoro Media.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Rabu, 03 September 2014 13:00:42 Terapkan K-13, SMKN 2 Siapkan Guru Serba Bisa Terapkan K-13, SMKN 2 Siapkan Guru Serba Bisa
    Kurikulum 2013 sudah mulai diterapkan di sekolah-sekolah. Salah satunya di SMKN 2 Bojonegoro. Untuk menyiapkan guru yang serba bisa, hari ini Rabu (3/9/2014) dilaksanakan sosialisasi Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Kejuruan di Ruang Guru SMKN 2 Bojonegoro, Jalan Pattimura 3 Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Selasa, 01 Juli 2014 09:51:00 Tabloid bB Edisi Juli 2014
    Pada Juli 2014 atau bertepatan bulan dimana koperasi berdiri, awak redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengupas bagaimana koperasi menjadi penggerak ekonomi kerakyatan. Itu sesuai dengan prinsip yang ditanamkan sejak mulai digulirkan. Melalui tema besar di rubrik Investigasi “Koperasi atau Koper Isi” ingin digambarkan secara utuh bagaimana masyarakat disatu sisi terbantu dengan keber ...