Janur Langka, Ketupat Pandan Wangi Jadi Solusi
Minggu, 26 Agustus 2012 16:00:17 Janur Langka, Ketupat Pandan Wangi Jadi Solusi

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Membuat ketupat lebaran dengan menggunakan daun kelapa atau janur mungkin sudah menjadi hal biasa. Namun ada yang unik dan kreatif pada momen tradisi kupatan kali ini, karena semakin langkanya janur seorang keluarga asal Desa/Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro berinisiatif membuat ketupat dengan menggunakan bahan dari daun pandan wangi.

Ide membuat ketupat dengan bahan dari daun pandan ini sebenarnya dilatarbelakangi kesulitan mencari bahan baku wadah ketupat, janur. Akhirnya, ide kreatifnya muncul lantaran di  belakang rumahnya terdapat banyak tanaman daun pandan wangi.

Meski demikian, membuat ketupat dengan bahan daun pandan wangi ini tidak berbeda dengan membuat dengan bahan janur. Awalnya, setelah pandan wangi dipotong dari batang pohonya, lalu daun pandan tersebut di cuci sampai bersih. Setelah dicuci, daun pandan yang biasanya di buat untuk bahan penyedap kolak ini langsung dipotong menjadi tiga bagian setiap daunya. "Namun yang di pakai hanya pinggir daunnya saja,"  tutur Imam.

Setelah itu proses pembuatan ketupat pun di mulai dengan menganyam seperti pembuatan ketupat pada umumnya. Hanya saja ketupat dengan bungkus daun pandan wangi ini berbeda warna dengan ketupat berbahan janur.

Keunggulannya, menurut Imam, membuat ketupat dengan daun pandan wangi ini rasanya lebih nikmat karena bercampur dengan harumnya daun pandan wangi. "Ya mungkin masyarakat bisa mencobanya di rumah," sarannya. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 10 April 2014 02:30:11 Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu
    Sebagai upaya pembelajaran dalam politik bagi generasi muda, adik-adik Saka Bhayangkara Polsek Kedungadem dilibatkan sebagai relawan Pemilu
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...