Janur Langka, Ketupat Pandan Wangi Jadi Solusi
Minggu, 26 Agustus 2012 16:00:17 Janur Langka, Ketupat Pandan Wangi Jadi Solusi

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Membuat ketupat lebaran dengan menggunakan daun kelapa atau janur mungkin sudah menjadi hal biasa. Namun ada yang unik dan kreatif pada momen tradisi kupatan kali ini, karena semakin langkanya janur seorang keluarga asal Desa/Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro berinisiatif membuat ketupat dengan menggunakan bahan dari daun pandan wangi.

Ide membuat ketupat dengan bahan dari daun pandan ini sebenarnya dilatarbelakangi kesulitan mencari bahan baku wadah ketupat, janur. Akhirnya, ide kreatifnya muncul lantaran di  belakang rumahnya terdapat banyak tanaman daun pandan wangi.

Meski demikian, membuat ketupat dengan bahan daun pandan wangi ini tidak berbeda dengan membuat dengan bahan janur. Awalnya, setelah pandan wangi dipotong dari batang pohonya, lalu daun pandan tersebut di cuci sampai bersih. Setelah dicuci, daun pandan yang biasanya di buat untuk bahan penyedap kolak ini langsung dipotong menjadi tiga bagian setiap daunya. "Namun yang di pakai hanya pinggir daunnya saja,"  tutur Imam.

Setelah itu proses pembuatan ketupat pun di mulai dengan menganyam seperti pembuatan ketupat pada umumnya. Hanya saja ketupat dengan bungkus daun pandan wangi ini berbeda warna dengan ketupat berbahan janur.

Keunggulannya, menurut Imam, membuat ketupat dengan daun pandan wangi ini rasanya lebih nikmat karena bercampur dengan harumnya daun pandan wangi. "Ya mungkin masyarakat bisa mencobanya di rumah," sarannya. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Senin, 20 April 2015 19:30:19 Inilah Daftar Donasi Masuk untuk Kang Masnoen
    Di bawah ini daftar donasi yang telah masuk kepada tim bloKers (Pembaca Setia blokBojonegoro Media dan Sahabat Masnoen), baik yang ditransfer atau yang diserahkan langsung ke kantor blokBojonegoro Media.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 13 April 2015 11:00:10 Ponpes Al-Falah Gelar Festival Anak Sholeh Ponpes Al-Falah Gelar Festival Anak Sholeh
    Minggu, (12/4/2015) Pondok Pesantren Al Falah Pacul Kota Bojonegoro sukses menyelenggarakan Festival Anak Shaleh (FASH) tingkat SD/MI/TPA/TPQ se-Bojonegoro dan sekitarnya. Kegiatan yang diikuti 39 lembaga dan 211 peserta ini merupakan rangkaian acara Haul KH.Masyhudi Hasan ke-5 .
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...