Janur Langka, Ketupat Pandan Wangi Jadi Solusi
Minggu, 26 Agustus 2012 16:00:17 Janur Langka, Ketupat Pandan Wangi Jadi Solusi

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Membuat ketupat lebaran dengan menggunakan daun kelapa atau janur mungkin sudah menjadi hal biasa. Namun ada yang unik dan kreatif pada momen tradisi kupatan kali ini, karena semakin langkanya janur seorang keluarga asal Desa/Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro berinisiatif membuat ketupat dengan menggunakan bahan dari daun pandan wangi.

Ide membuat ketupat dengan bahan dari daun pandan ini sebenarnya dilatarbelakangi kesulitan mencari bahan baku wadah ketupat, janur. Akhirnya, ide kreatifnya muncul lantaran di  belakang rumahnya terdapat banyak tanaman daun pandan wangi.

Meski demikian, membuat ketupat dengan bahan daun pandan wangi ini tidak berbeda dengan membuat dengan bahan janur. Awalnya, setelah pandan wangi dipotong dari batang pohonya, lalu daun pandan tersebut di cuci sampai bersih. Setelah dicuci, daun pandan yang biasanya di buat untuk bahan penyedap kolak ini langsung dipotong menjadi tiga bagian setiap daunya. "Namun yang di pakai hanya pinggir daunnya saja,"  tutur Imam.

Setelah itu proses pembuatan ketupat pun di mulai dengan menganyam seperti pembuatan ketupat pada umumnya. Hanya saja ketupat dengan bungkus daun pandan wangi ini berbeda warna dengan ketupat berbahan janur.

Keunggulannya, menurut Imam, membuat ketupat dengan daun pandan wangi ini rasanya lebih nikmat karena bercampur dengan harumnya daun pandan wangi. "Ya mungkin masyarakat bisa mencobanya di rumah," sarannya. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Sabtu, 22 Agustus 2015 18:00:00 HUT TNI Ke- 70 Kodim Gandeng bB Baksos di Temayang Kodim Gandeng bB Baksos di Temayang
    Dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke- 70, Kodim 0813 Kabupaten Bojonegoro akan menggelar bakti sosial (baksos) di Desa Soko, Kecamatan Temayang pada bulan September 2015 nanti. Dalam pelaksan baksos, Kodim 0813 bekerjasama dengan Jeep Adventure dan blokBojonegoro.com sebagai media partner.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 18 Agustus 2015 08:00:39 Meriah, Agustusan ala Mahasiswa Indonesia di Thailand Meriah, Agustusan ala Mahasiswa Indonesia di Thailand
    Dalam rangka memperingati HUT RI ke-70, persatuan mahasiswa Indonesia di Universitas Khon Kaen (ISU-KKU), Thailand mengadakan berbagai acara. Tahun ini, merupakan tahun yang paling ramai dibandingkan tahun sebelumnya. Karena, selain jumlah mahasiswa tetap yang menempuh pendidikan S2 maupun S3 makin banyak, juga karena pada Agustus ini Universitas Khon Kaen juga banyak melakukan pertukuran mahasiswa dari berbagai institusi di Indonesia.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar âAwasi Air Saat Musim Keringâ dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ...