Janur Langka, Ketupat Pandan Wangi Jadi Solusi
Minggu, 26 Agustus 2012 16:00:17 Janur Langka, Ketupat Pandan Wangi Jadi Solusi

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Membuat ketupat lebaran dengan menggunakan daun kelapa atau janur mungkin sudah menjadi hal biasa. Namun ada yang unik dan kreatif pada momen tradisi kupatan kali ini, karena semakin langkanya janur seorang keluarga asal Desa/Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro berinisiatif membuat ketupat dengan menggunakan bahan dari daun pandan wangi.

Ide membuat ketupat dengan bahan dari daun pandan ini sebenarnya dilatarbelakangi kesulitan mencari bahan baku wadah ketupat, janur. Akhirnya, ide kreatifnya muncul lantaran di  belakang rumahnya terdapat banyak tanaman daun pandan wangi.

Meski demikian, membuat ketupat dengan bahan daun pandan wangi ini tidak berbeda dengan membuat dengan bahan janur. Awalnya, setelah pandan wangi dipotong dari batang pohonya, lalu daun pandan tersebut di cuci sampai bersih. Setelah dicuci, daun pandan yang biasanya di buat untuk bahan penyedap kolak ini langsung dipotong menjadi tiga bagian setiap daunya. "Namun yang di pakai hanya pinggir daunnya saja,"  tutur Imam.

Setelah itu proses pembuatan ketupat pun di mulai dengan menganyam seperti pembuatan ketupat pada umumnya. Hanya saja ketupat dengan bungkus daun pandan wangi ini berbeda warna dengan ketupat berbahan janur.

Keunggulannya, menurut Imam, membuat ketupat dengan daun pandan wangi ini rasanya lebih nikmat karena bercampur dengan harumnya daun pandan wangi. "Ya mungkin masyarakat bisa mencobanya di rumah," sarannya. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 14 Agustus 2014 12:05:02 Ratusan Warga Berebut Sesaji di Klenteng Hok Swie Bio
    Ratusan warga berebut sesaji Sembahyang Rebutan di Kelenteng Hok Swie Bio Bojonegoro
    Redaksi
    Minggu, 10 Agustus 2014 15:30:05 Selamat ya Mas Parto Sasmito Selamat ya Mas Parto Sasmito
    Reporter blokBojonegoro Media, Parto Sasmito, Minggu (10/8/2014) pagi mengakhiri masa lajang. Ia mempersunting gadis pujaannya, Ika Farihatunnisa Rahmawati.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 17 Agustus 2014 11:00:11 Peringati HUT RI, Warga Sekaran Jalan Sehat Peringati HUT RI, Warga Sekaran Jalan Sehat
    Berbagai cara dilakukan warga dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 69. Salah satunya di Desa Sekaran Kecamatan Balen Bojonegoro, Karang Taruna setempat mengadakan jalan sehat dan istighosah bersama.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...