Warga Sekitar Migas Pertahankan Tradisi Kupatan
Minggu, 26 Agustus 2012 12:00:37 Warga Sekitar Migas Pertahankan Tradisi Kupatan

Kontributor : Imam Hambali

blokBojonegoro.com - Kupatan masih menjadi tradisi di sejumlah desa sekitar proyek migas, Blok Cepu di Kecamatan Gayam, Bojonegoro. Pada Minggu (26/8/2012) pagi usai salat Subuh, warga berkumpul di musala dan masjid. Mereka menggelar tradisi Kupatan dengan membawa kupat untuk dimakan bareng.

Menurut Sufyan (53), Ketua Ta'mir Masjid Baitul Mutaqin Desa/Kecamatan Gayam tradisi kupatan tersebut harus tetap dipertahankan, karena merupakan warisan orang-orang terdahulu.

Meskipun di Desa sekitaran migas ini sudah mulai dimasuki budaya-budaya barat, tapi meneruskan tradisi tetap coba dipertahankan masyarakat. "Setiap H+7 Lebaran Idul Fitri, selalu ada kupatan di masjid ini," ungkapnya.

Senada diungkapkan oleh Yasir (50) warga Desa Mojodelik. Menurut dia,
tradisi Kupatan selama ini masih ada didesanya. Walaupun sulit mencari janur namun tak membuat tradisi ini hilang. Warga tetap saja membuat ketupat meskipun harus membeli Janur. "Demi tradisi membeli janur pun tetap dilakukan," ujarnya.

Tradisi Kupatan memang menjadi tradisi sebagian umat Islam di Jawa. Ada yang mengatakan bahwa kupatan berasal dari kata kaffatan (bahasa Arab) yang bermakna sempurna. Harapannya, setelah puasa sebulan di bulan Ramadan, ibadah akan semakin sempurna dengan tradisi Kupatan.[mam/ang]

Komentar Pembaca
  • Rabu, 29 Agustus 2012 21:03:47 dimas
  • kearifan lokal kabupaten bojonegoro harus di lestarikan....

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
Redaksi
Kamis, 21 Mei 2015 13:30:46 KPU Bojonegoro Kunjungi bB KPU Bojonegoro Kunjungi bB
Hari Kamis (21/5/2015), Kantor Redaksi blokBojonegoro (bB) Media, yang beralamatkan di Ruko Permata Jetak, Jl. MT Haryono, Nomor 5A, kedatangan tamu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Kamis, 21 Mei 2015 18:00:26 AIBS Mengikuti Silatnas ke-II Itmam di Sukoharjo AIBS Mengikuti Silatnas ke-II Itmam di Sukoharjo
Ittihadul Ma'ahid Al-Islamiyah (Itmam) Pusat menyelenggarakan Silaturahim Nasional (SILATNAS) ke-II Persatuan Pondok Pesantren
Info Tabloid bB
Rabu, 13 Mei 2015 15:31:35 Tabloid bB Edisi Maret 2015
Kabupaten Bojonegoro, sejauh ini baru dikenal sebagai daerah yang menyumbang lumayan besar minyak dan gas bumi (Migas), karena Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, dengan operator ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) belum benar-benar dioptimalkan produksinya sampai di atas 165.000 barel per hari (BPH). Juga, Lapangan Sukowati yang dijalankan Joint Operating Body Pertamina-Petrochina (JOB P-PEJ) mempunyai kec ...