Warga Sekitar Migas Pertahankan Tradisi Kupatan
Minggu, 26 Agustus 2012 12:00:37 Warga Sekitar Migas Pertahankan Tradisi Kupatan

Kontributor : Imam Hambali

blokBojonegoro.com - Kupatan masih menjadi tradisi di sejumlah desa sekitar proyek migas, Blok Cepu di Kecamatan Gayam, Bojonegoro. Pada Minggu (26/8/2012) pagi usai salat Subuh, warga berkumpul di musala dan masjid. Mereka menggelar tradisi Kupatan dengan membawa kupat untuk dimakan bareng.

Menurut Sufyan (53), Ketua Ta'mir Masjid Baitul Mutaqin Desa/Kecamatan Gayam tradisi kupatan tersebut harus tetap dipertahankan, karena merupakan warisan orang-orang terdahulu.

Meskipun di Desa sekitaran migas ini sudah mulai dimasuki budaya-budaya barat, tapi meneruskan tradisi tetap coba dipertahankan masyarakat. "Setiap H+7 Lebaran Idul Fitri, selalu ada kupatan di masjid ini," ungkapnya.

Senada diungkapkan oleh Yasir (50) warga Desa Mojodelik. Menurut dia,
tradisi Kupatan selama ini masih ada didesanya. Walaupun sulit mencari janur namun tak membuat tradisi ini hilang. Warga tetap saja membuat ketupat meskipun harus membeli Janur. "Demi tradisi membeli janur pun tetap dilakukan," ujarnya.

Tradisi Kupatan memang menjadi tradisi sebagian umat Islam di Jawa. Ada yang mengatakan bahwa kupatan berasal dari kata kaffatan (bahasa Arab) yang bermakna sempurna. Harapannya, setelah puasa sebulan di bulan Ramadan, ibadah akan semakin sempurna dengan tradisi Kupatan.[mam/ang]

Komentar Pembaca
  • Rabu, 29 Agustus 2012 21:03:47 dimas
  • kearifan lokal kabupaten bojonegoro harus di lestarikan....

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
Redaksi
Minggu, 15 Mei 2016 10:00:13 Gerakan Bojonegoro Menulis Gerakan Bojonegoro Menulis
Perkembangan ekonomi Kabupaten Bojonegoro cukup pesat. Hal itu tak lepas dari produksi minyak di Blok Cepu yang mencapai puncak 165.000 barel perhari (bph). Ladang Blok Cepu berada di wilayah selatan Bojonegoro. Industri migas itupun berdampak di bidang lain, mulai sosial, politik, pariwisata, dan pendidikan.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Sabtu, 28 Mei 2016 16:00:11 Lestarikan Budaya Islam, IPNU Kasiman Dukung Hadrah Rutinan Lestarikan Budaya Islam, IPNU Kasiman Dukung Hadrah Rutinan
Seni hadrah sudah dikenal sebagai salah satu bentuk kesenian yang menjadi bagian dalam melakukan penyebaran ajaran agama Islam. Seni inipun diketahui sudah digunakan oleh para ulama sejak jaman dahulu dalam berdakwah. Dengan melestarikan seni ini, diharapkan nilai dari ajaran Islam semakin dapat dirasakan-melalui pendekatan budaya-oleh seluruh masyarakat. Hal tersebut juga menjadi ihtiyar yang dilakukan oleh Pengurus Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PAC IPNU) Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro.
Info Tabloid bB
Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...