Warga Sekitar Migas Pertahankan Tradisi Kupatan
Minggu, 26 Agustus 2012 12:00:37 Warga Sekitar Migas Pertahankan Tradisi Kupatan

Kontributor : Imam Hambali

blokBojonegoro.com - Kupatan masih menjadi tradisi di sejumlah desa sekitar proyek migas, Blok Cepu di Kecamatan Gayam, Bojonegoro. Pada Minggu (26/8/2012) pagi usai salat Subuh, warga berkumpul di musala dan masjid. Mereka menggelar tradisi Kupatan dengan membawa kupat untuk dimakan bareng.

Menurut Sufyan (53), Ketua Ta'mir Masjid Baitul Mutaqin Desa/Kecamatan Gayam tradisi kupatan tersebut harus tetap dipertahankan, karena merupakan warisan orang-orang terdahulu.

Meskipun di Desa sekitaran migas ini sudah mulai dimasuki budaya-budaya barat, tapi meneruskan tradisi tetap coba dipertahankan masyarakat. "Setiap H+7 Lebaran Idul Fitri, selalu ada kupatan di masjid ini," ungkapnya.

Senada diungkapkan oleh Yasir (50) warga Desa Mojodelik. Menurut dia,
tradisi Kupatan selama ini masih ada didesanya. Walaupun sulit mencari janur namun tak membuat tradisi ini hilang. Warga tetap saja membuat ketupat meskipun harus membeli Janur. "Demi tradisi membeli janur pun tetap dilakukan," ujarnya.

Tradisi Kupatan memang menjadi tradisi sebagian umat Islam di Jawa. Ada yang mengatakan bahwa kupatan berasal dari kata kaffatan (bahasa Arab) yang bermakna sempurna. Harapannya, setelah puasa sebulan di bulan Ramadan, ibadah akan semakin sempurna dengan tradisi Kupatan.[mam/ang]

Komentar Pembaca
  • Rabu, 29 Agustus 2012 21:03:47 dimas
  • kearifan lokal kabupaten bojonegoro harus di lestarikan....

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Minggu, 03 Januari 2016 07:55:20 Uniknya Balap Ulat di Tuban
Balap sepeda atau balap merpati sudah menjadi hal yang lumrah dan sering kita jumpai. Namun perlombaan satu ini mungkin satu-satunya yang pernah ada di dunia, yaitu balap ulat daun jati. Lomba Unik itu diadakan masyarakat Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan hutan.
Redaksi
Jumat, 04 Desember 2015 13:30:00 Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB
Crew Media Kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan(IKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bojonegoro, Sinergi mengunjungi kantor Redaksi blokBojonegoro Media (tabloid blokBojonegoro & blokBojonegoro.com) di Jalan MT Haryono, Ruko Permata Jetak No. 5A Bojonegoro, Jumat (4/12/2015).
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Sabtu, 06 Februari 2016 21:30:13 Diskusi OBOR PAC GP Ansor Gayam Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi
Ramainya faham-faham radikal yang berkembang di masyarakat, dan adanya seruan dari ketua PBNU KH. Said Aqil Siroj, bahwa Indonesia dalam keadaan darurat wahabi. Hal itu mendorong sahabat-sahabat PAC GP Ansor Gayam dalam kegiatan kajian rutin OBOR (Obrolan Bareng Ansor), yang secara spesifik mengusung tema 'Mengupas Ekstrimisme Faham Wahabi dan Tantangan Bagi Kaum Nahdliyin' yang bertempat di masjid al-Muttaqin, Dusun Ledok, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
Info Tabloid bB
Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...