Warga Sekitar Migas Pertahankan Tradisi Kupatan
Minggu, 26 Agustus 2012 12:00:37 Warga Sekitar Migas Pertahankan Tradisi Kupatan

Kontributor : Imam Hambali

blokBojonegoro.com - Kupatan masih menjadi tradisi di sejumlah desa sekitar proyek migas, Blok Cepu di Kecamatan Gayam, Bojonegoro. Pada Minggu (26/8/2012) pagi usai salat Subuh, warga berkumpul di musala dan masjid. Mereka menggelar tradisi Kupatan dengan membawa kupat untuk dimakan bareng.

Menurut Sufyan (53), Ketua Ta'mir Masjid Baitul Mutaqin Desa/Kecamatan Gayam tradisi kupatan tersebut harus tetap dipertahankan, karena merupakan warisan orang-orang terdahulu.

Meskipun di Desa sekitaran migas ini sudah mulai dimasuki budaya-budaya barat, tapi meneruskan tradisi tetap coba dipertahankan masyarakat. "Setiap H+7 Lebaran Idul Fitri, selalu ada kupatan di masjid ini," ungkapnya.

Senada diungkapkan oleh Yasir (50) warga Desa Mojodelik. Menurut dia,
tradisi Kupatan selama ini masih ada didesanya. Walaupun sulit mencari janur namun tak membuat tradisi ini hilang. Warga tetap saja membuat ketupat meskipun harus membeli Janur. "Demi tradisi membeli janur pun tetap dilakukan," ujarnya.

Tradisi Kupatan memang menjadi tradisi sebagian umat Islam di Jawa. Ada yang mengatakan bahwa kupatan berasal dari kata kaffatan (bahasa Arab) yang bermakna sempurna. Harapannya, setelah puasa sebulan di bulan Ramadan, ibadah akan semakin sempurna dengan tradisi Kupatan.[mam/ang]

Komentar Pembaca
  • Rabu, 29 Agustus 2012 21:03:47 dimas
  • kearifan lokal kabupaten bojonegoro harus di lestarikan....

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
Redaksi
Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
Info Tabloid bB
Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...