Warga Sekitar Migas Pertahankan Tradisi Kupatan
Minggu, 26 Agustus 2012 12:00:37 Warga Sekitar Migas Pertahankan Tradisi Kupatan

Kontributor : Imam Hambali

blokBojonegoro.com - Kupatan masih menjadi tradisi di sejumlah desa sekitar proyek migas, Blok Cepu di Kecamatan Gayam, Bojonegoro. Pada Minggu (26/8/2012) pagi usai salat Subuh, warga berkumpul di musala dan masjid. Mereka menggelar tradisi Kupatan dengan membawa kupat untuk dimakan bareng.

Menurut Sufyan (53), Ketua Ta'mir Masjid Baitul Mutaqin Desa/Kecamatan Gayam tradisi kupatan tersebut harus tetap dipertahankan, karena merupakan warisan orang-orang terdahulu.

Meskipun di Desa sekitaran migas ini sudah mulai dimasuki budaya-budaya barat, tapi meneruskan tradisi tetap coba dipertahankan masyarakat. "Setiap H+7 Lebaran Idul Fitri, selalu ada kupatan di masjid ini," ungkapnya.

Senada diungkapkan oleh Yasir (50) warga Desa Mojodelik. Menurut dia,
tradisi Kupatan selama ini masih ada didesanya. Walaupun sulit mencari janur namun tak membuat tradisi ini hilang. Warga tetap saja membuat ketupat meskipun harus membeli Janur. "Demi tradisi membeli janur pun tetap dilakukan," ujarnya.

Tradisi Kupatan memang menjadi tradisi sebagian umat Islam di Jawa. Ada yang mengatakan bahwa kupatan berasal dari kata kaffatan (bahasa Arab) yang bermakna sempurna. Harapannya, setelah puasa sebulan di bulan Ramadan, ibadah akan semakin sempurna dengan tradisi Kupatan.[mam/ang]

Komentar Pembaca
  • Rabu, 29 Agustus 2012 21:03:47 dimas
  • kearifan lokal kabupaten bojonegoro harus di lestarikan....

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Selasa, 20 Mei 2014 15:11:03 Konvoi Kelulusan, Polisi Tilang Motor Tak Tertib
Siswa yang melakukan konvoi kelulusan langsung ditilang di tempat oleh petugas Satlantas
Redaksi
Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Senin, 21 Juli 2014 19:30:35 Ponpes Al Falah Pacul Gelar Khotmil Kutub Ponpes Al Falah Pacul Gelar Khotmil Kutub
Bertepatan hari Minggu 20 Juli 2014, Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah Pacul Kota Bojonegoro melaksanakan kegiatan penutupan “ngaji pasan/ngaji posonan”
Info Tabloid bB
Senin, 05 Mei 2014 19:36:38 Tabloid bB Edisi Mei 2014
Dengan tema besar Guruku Sayang Guruku Malang, redaksi Tabloid blokBojonegoro di Bulan Mei 2014 ingin mengetengahkan realitas pengajar di lapangan untuk rubrik Investigasi. Khususnya untuk Kabupaten Bojonegoro. Sejak beberapa tahun belakangan ini, seiring kebijakan nasional, kesejahteraan guru terus ditingkatkan. Walaupun begitu, masih banyak tenaga pendidik yang jauh dari kata “sejahtera&rd ...