Jelang Idul Adha, Stok Hewan Kurban di Bojonegoro Aman
Senin, 08 Oktober 2012 10:00:35 Jelang Idul Adha, Stok Hewan Kurban di Bojonegoro Aman

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Menjelang hari raya Idul Adha, kebutuhan hewan kurban sapi dan kambing banyak diburu. Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan)  Bojonegoro memastikan stok hewan kurban mencukupi.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Tukiwan Yusa, mengatakan pihaknya terus melakukan pengawasan rutin dan membentuk tim pengawas di sejumlah pasar tradisional dan rumah potong hewan jelang Idul Adha.

"Masyarakat tidak perlu panik dengan stok sapi maupun kambing. Saat ini lebih dari cukup,” katanya.

Disnakan juga mengantisipasi masuknya daging yang bermasalah dengan pemeriksaan secara rutin di pintu-pintu masuk daerah. Termasuk, check point di wilayah barat di Kecamatan Padangan Bojonegoro yang berbatasan dengan Kabupaten Blora, Jateng.

Data di Badan Pusat Statistik (BPS) Bojonegoro menyebut jumlah ternak sapi saat ini mencapai 188.000 ekor. Sedangkan kebutuhan daging sapi pertahun 7.000 ekor.

Menurut Tukiwan, jumlah peternak setiap tahun mengalami peningkatan. Faktor itu dikarenakan harga sapi mengalami lonjakan hingga 20%. Otomatis lonjakan tersebut menarik minat masyarakat menjadi peternak. Jumlah peternak sapi di Bojonegoro sekarang mencapai 17.000, dengan angka kelahiran rata-rata  40.000 ekor sapi pertahun.[oel/ang]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Jumat, 07 November 2014 21:00:35 Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas
    Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas Jabamanusasi disabet reporter blokBojonegoro.com. Muhammad A. Qohhar yang memperoleh juara 1.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 03 Maret 2015 18:00:12 JAMAN Bojonegoro Sosialisasikan Padi Organik JAMAN Bojonegoro Sosialisasikan Padi Organik
    Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) Bojonegoro bersama Kelompok Tani Margi Rahayu ,Desa Jatiblimbing, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro melakukan kegiatan sosialisasi tanaman organik kepada anggota kelompok tani.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 19 Februari 2015 14:08:55 Tabloid bB Edisi Januari 2015
    Mengawali tahun baru 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengajak pembaca setia untuk menatap masa depan lebih indah. Hidup adalah sangat berharga dan jangan sampai berpikir pendek untuk mengakhirinya. Setiap tahun, berbagai persoalan muncul di masyarakat, dan kasus bunuh diri ternyata masih cukup tinggi di Bojonegoro. Oleh karena itu, melalui tema Investigasi âTali Gantung yang Ter ...