Jelang Idul Adha, Stok Hewan Kurban di Bojonegoro Aman
Senin, 08 Oktober 2012 10:00:35 Jelang Idul Adha, Stok Hewan Kurban di Bojonegoro Aman

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Menjelang hari raya Idul Adha, kebutuhan hewan kurban sapi dan kambing banyak diburu. Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan)  Bojonegoro memastikan stok hewan kurban mencukupi.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Tukiwan Yusa, mengatakan pihaknya terus melakukan pengawasan rutin dan membentuk tim pengawas di sejumlah pasar tradisional dan rumah potong hewan jelang Idul Adha.

"Masyarakat tidak perlu panik dengan stok sapi maupun kambing. Saat ini lebih dari cukup,” katanya.

Disnakan juga mengantisipasi masuknya daging yang bermasalah dengan pemeriksaan secara rutin di pintu-pintu masuk daerah. Termasuk, check point di wilayah barat di Kecamatan Padangan Bojonegoro yang berbatasan dengan Kabupaten Blora, Jateng.

Data di Badan Pusat Statistik (BPS) Bojonegoro menyebut jumlah ternak sapi saat ini mencapai 188.000 ekor. Sedangkan kebutuhan daging sapi pertahun 7.000 ekor.

Menurut Tukiwan, jumlah peternak setiap tahun mengalami peningkatan. Faktor itu dikarenakan harga sapi mengalami lonjakan hingga 20%. Otomatis lonjakan tersebut menarik minat masyarakat menjadi peternak. Jumlah peternak sapi di Bojonegoro sekarang mencapai 17.000, dengan angka kelahiran rata-rata  40.000 ekor sapi pertahun.[oel/ang]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Senin, 16 Desember 2013 21:12:02 Banjir Menerjang Bojonegoro
    Naiknya permukaan air Sungai Bengawan Solo membuat beberapa daerah di Kabupaten Bojonegoro mulai kebanjiran.
    Redaksi
    Kamis, 17 April 2014 19:00:55 Sekretaris Redaksi bB Menikah Selamat Menempuh Hidup Baru Ya! Selamat Menempuh Hidup Baru Ya!
    Sekretaris Redaksi blokBojonegoro Media Nidhomatum Mukhlisotur Rohmah mengakiri masa lajangnya. Kamis (17/4/2014), dia dipersunting oleh Mahbib Khoiron.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Kamis, 10 April 2014 02:30:11 Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu Saka Bhayangkara Dilibatkan Jadi Relawan Pemilu
    Sebagai upaya pembelajaran dalam politik bagi generasi muda, adik-adik Saka Bhayangkara Polsek Kedungadem dilibatkan sebagai relawan Pemilu
    Info Tabloid bB
    Sabtu, 15 Maret 2014 13:02:38 Ulasan HIV/AIDS di Edisi Maret 2014
    Berita mendalam terus disajikan oleh redaksi Tabloid blokBojonegoro. Termasuk di edisi Maret Tahun 2014. Kabupaten Bojonegoro yang menurut data berada di peringkat delapan se Jawa Timur untuk kasus penyebaran HIV/AIDS menjadi tema utama. Disajikan dengan pola in depth interview dari berbagai perspektif membuat berita semakin lengkap. Untuk halaman fokus, tetap mengulas target minyak dan gas bumi ...