Jelang Idul Adha, Stok Hewan Kurban di Bojonegoro Aman
Senin, 08 Oktober 2012 10:00:35 Jelang Idul Adha, Stok Hewan Kurban di Bojonegoro Aman

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Menjelang hari raya Idul Adha, kebutuhan hewan kurban sapi dan kambing banyak diburu. Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan)  Bojonegoro memastikan stok hewan kurban mencukupi.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Tukiwan Yusa, mengatakan pihaknya terus melakukan pengawasan rutin dan membentuk tim pengawas di sejumlah pasar tradisional dan rumah potong hewan jelang Idul Adha.

"Masyarakat tidak perlu panik dengan stok sapi maupun kambing. Saat ini lebih dari cukup,” katanya.

Disnakan juga mengantisipasi masuknya daging yang bermasalah dengan pemeriksaan secara rutin di pintu-pintu masuk daerah. Termasuk, check point di wilayah barat di Kecamatan Padangan Bojonegoro yang berbatasan dengan Kabupaten Blora, Jateng.

Data di Badan Pusat Statistik (BPS) Bojonegoro menyebut jumlah ternak sapi saat ini mencapai 188.000 ekor. Sedangkan kebutuhan daging sapi pertahun 7.000 ekor.

Menurut Tukiwan, jumlah peternak setiap tahun mengalami peningkatan. Faktor itu dikarenakan harga sapi mengalami lonjakan hingga 20%. Otomatis lonjakan tersebut menarik minat masyarakat menjadi peternak. Jumlah peternak sapi di Bojonegoro sekarang mencapai 17.000, dengan angka kelahiran rata-rata  40.000 ekor sapi pertahun.[oel/ang]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
    Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
    Redaksi
    Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
    Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Minggu, 27 Juli 2014 23:30:13 Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng Malam Takbiran, Remaja Langgar Nyate Bareng
    Ada banyak cara yang dilakukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dukuh Sanggrahan, Desa Sekaran, Kecamatan Balen. Para remaja langgar Al-Azhar mengadakan acara bakar sate (nyate) bersama di malam takbiran.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
    Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...