BKD Bojonegoro Gelar Sertifikasi Ahli Pengadaan
Selasa, 20 November 2012 22:00:22 BKD Bojonegoro Gelar Sertifikasi Ahli Pengadaan

Reporter: Desi Sabrina Ekawati

blokBojonegoro.com - Hari ini, Selasa (20/11/2012) sekitar 200 Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengikuti Bimbingan Teknis dan Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bojonegoro mulai pukul 07.30 hingga 17.00 WIB.

Kegiatan ini diadakan mulai hari Senin sampai dengan Rabu tanggal 19-21 November 2012 bertempat di gedung pertemuan kantor Dinas Pekerjaan Umum dengan jumlah peserta 100 orang per angkatan yang diikuti oleh berbagai instansi pemerintah se-Kabupaten Bojonegoro.

Kabid Diklat BKD, Supranata menyebutkan, sesuai Perpres nomor 70 Tahun 2012, pengertian Sertifikat Keahlian Pengadaan Barang/Jasa adalah tanda bukti pengakuan dari pemerintah atas kompetensi dan kemampuan profesi di bidang pengadaan barang/jasa.

"Jadi, bisa diartikan bahwa kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memberikan sertifikat tentang kompetensi dan kemampuan profesi seorang ahli pengadaan barang dan jasa pada lembaga pemerintah," jelasnya.

Ia menambahkan, hal tersebut merupakan upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro. Ia mengatakan saat ini panitia pengadaan barang dan jasa di Bojonegoro masih sedikit.

"Padahal jumlah satker yang ada di jajaran cukup banyak, namun terkadang mereka belum memiliki keahlian khusus dan masih sangat terbatas jumlahnya,” terang Supranata.

Karena itu untuk menambah kompetensi serta jumlah panitia pengadaan barang dan jasa, mulai ditingkatkan dengan catatan kualitas panitia pun harus mumpuni dengan cara memiliki sertifikat. Dalam kegiatan tersebut BKD bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Universitas Airlangga Surabaya sebagai tutor.

Selama masa pelatihan, peserta yang berjumlah 200 orang dengan angkatan berbeda akan diberikan materi terkait dengan barang dan jasa seperi pengantar pengadaan barang dan jasa, persiapan pengadaan barang jasa maupun free test dan Building Learning Comitmen (BLC). [eci/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Sabtu, 22 Agustus 2015 18:00:00 HUT TNI Ke- 70 Kodim Gandeng bB Baksos di Temayang Kodim Gandeng bB Baksos di Temayang
    Dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke- 70, Kodim 0813 Kabupaten Bojonegoro akan menggelar bakti sosial (baksos) di Desa Soko, Kecamatan Temayang pada bulan September 2015 nanti. Dalam pelaksan baksos, Kodim 0813 bekerjasama dengan Jeep Adventure dan blokBojonegoro.com sebagai media partner.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 18 Agustus 2015 08:00:39 Meriah, Agustusan ala Mahasiswa Indonesia di Thailand Meriah, Agustusan ala Mahasiswa Indonesia di Thailand
    Dalam rangka memperingati HUT RI ke-70, persatuan mahasiswa Indonesia di Universitas Khon Kaen (ISU-KKU), Thailand mengadakan berbagai acara. Tahun ini, merupakan tahun yang paling ramai dibandingkan tahun sebelumnya. Karena, selain jumlah mahasiswa tetap yang menempuh pendidikan S2 maupun S3 makin banyak, juga karena pada Agustus ini Universitas Khon Kaen juga banyak melakukan pertukuran mahasiswa dari berbagai institusi di Indonesia.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar âAwasi Air Saat Musim Keringâ dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ...