BKD Bojonegoro Gelar Sertifikasi Ahli Pengadaan
Selasa, 20 November 2012 22:00:22 BKD Bojonegoro Gelar Sertifikasi Ahli Pengadaan

Reporter: Desi Sabrina Ekawati

blokBojonegoro.com - Hari ini, Selasa (20/11/2012) sekitar 200 Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengikuti Bimbingan Teknis dan Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bojonegoro mulai pukul 07.30 hingga 17.00 WIB.

Kegiatan ini diadakan mulai hari Senin sampai dengan Rabu tanggal 19-21 November 2012 bertempat di gedung pertemuan kantor Dinas Pekerjaan Umum dengan jumlah peserta 100 orang per angkatan yang diikuti oleh berbagai instansi pemerintah se-Kabupaten Bojonegoro.

Kabid Diklat BKD, Supranata menyebutkan, sesuai Perpres nomor 70 Tahun 2012, pengertian Sertifikat Keahlian Pengadaan Barang/Jasa adalah tanda bukti pengakuan dari pemerintah atas kompetensi dan kemampuan profesi di bidang pengadaan barang/jasa.

"Jadi, bisa diartikan bahwa kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memberikan sertifikat tentang kompetensi dan kemampuan profesi seorang ahli pengadaan barang dan jasa pada lembaga pemerintah," jelasnya.

Ia menambahkan, hal tersebut merupakan upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro. Ia mengatakan saat ini panitia pengadaan barang dan jasa di Bojonegoro masih sedikit.

"Padahal jumlah satker yang ada di jajaran cukup banyak, namun terkadang mereka belum memiliki keahlian khusus dan masih sangat terbatas jumlahnya,” terang Supranata.

Karena itu untuk menambah kompetensi serta jumlah panitia pengadaan barang dan jasa, mulai ditingkatkan dengan catatan kualitas panitia pun harus mumpuni dengan cara memiliki sertifikat. Dalam kegiatan tersebut BKD bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Universitas Airlangga Surabaya sebagai tutor.

Selama masa pelatihan, peserta yang berjumlah 200 orang dengan angkatan berbeda akan diberikan materi terkait dengan barang dan jasa seperi pengantar pengadaan barang dan jasa, persiapan pengadaan barang jasa maupun free test dan Building Learning Comitmen (BLC). [eci/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Senin, 20 April 2015 19:30:19 Inilah Daftar Donasi Masuk untuk Kang Masnoen
    Di bawah ini daftar donasi yang telah masuk kepada tim bloKers (Pembaca Setia blokBojonegoro Media dan Sahabat Masnoen), baik yang ditransfer atau yang diserahkan langsung ke kantor blokBojonegoro Media.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 25 April 2015 21:00:48 Uji Ketangkasan MI Muntafa'ul Ulum Gelar ODMG Uji Ketangkasan MI Muntafa
    Untuk mengisi waktu usai melaksanakan Ujian Ma'arif dan Ujian Akhir Sekolah, 28 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muntafa'ul Ulum, Desa Ngemplak, Kabupaten Bojonegoro mengikuti kegiatan Outdoor Management Games (ODMG), Kamis (23/4/2015) lalu.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...