Jumlah Penduduk Ber-KTP di Bojonegoro 1.184.000
Kamis, 06 Desember 2012 19:00:39

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Berdasarkan hasil Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) jumlah penduduk di Kabupaten Bojonegoro sekarang ini mencapai 1.184.000 jiwa. Angka tersebut menurun seribu dari total penduduk Bojonegoro yang mencapai 1.185.000 jiwa. Selisih tersebut diketahui setelah adanya program elektronik KTP (e-KTP), warga yang memiliki KTP ganda terdeteksi.

Hari ini Daftar agregat penduduk per kecamatan diserahkan kepada KPUD Bojonegoro untuk persiapan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2014. Penyerahan DAK2 hari ini dilakukan serentak se-Indonesia. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Bojonegoro, Suhono mengatakan, data yang diserahkan merupakan integrasi dari program E-KTP.  Sebelum Daftar Potensial Penduduk Pemilih Pemilu (DP4) dikerjakan pada 7 Februari 2013, pihaknya akan merampungkan perekaman KTP elektronik sampai akhir Desember 2013.

"Data itu yang terekam sampai 26 November, sedangkan batas akhir perekamanan massal e-KTP diperpanjang sampai 31 Desember 2012," jelasnya.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bojonegoro, Mundzar Fahman mengatakan, data yang diterima dari Dispendukcapil akan menjadi acuan untuk menyusun Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Bojonegoro.

Menurutnya, sekarang ini baru ada lima Dapil dan jumlah itu dinilai kurang proporsional. Hal ini dikarenakan perbedaan jumlah penduduk dan luas wilayah. "Sehingga perlu diadakan kajian lebih lanjut mengenai Dapil ini,"ungkap Mundzar.

Dicontohkan Dapil 4 misalnya, wilayahnya sangat luas sehingga calon legislatif akan kesulitan untuk memenuhi konstituennya demikian dengan kuota kursi. Mundzar menegaskan, akan mengusulkan tambahan jumlah Dapil menjadi tujuh. Diharapkan, jumlah kursi akan merata di masing-masing Dapil. Namun, ini semua masih sebatas usulan dan akan dibahas lebih lanjut dengan KPU tingkat Provinsi. [oel/lis]

Komentar Pembaca
  • Jumat, 07 Desember 2012 10:15:52 hajir
  • PELAYANAN TIDAK MEMUASKAN,KANTOR KECAMATAN KALITU...PETUGAS PELAYANAN UMUM BANYAK MENYEPELEKAN MASAYARAKAT,mau buat KTP / KK printernya rusak....?!

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
Redaksi
Selasa, 31 Maret 2015 14:00:21 Redaksi Kedatangan Tamu dari Poltek Negeri Bojonegoro Redaksi Kedatangan Tamu dari Poltek Negeri Bojonegoro
Kantor blokBojonegoro Media di Jalan MT.Haryono Nomor 5A Kelurahan Jetak, Kota Bojonegoro mendadak ramai, selasa (31/03/2015). Pasalnya, redaksi menerima kunjungan dari Akademi Komunitas Politeknik (Poltek) Negeri Bojonegoro.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
Info Tabloid bB
Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...