Jumlah Penduduk Ber-KTP di Bojonegoro 1.184.000
Kamis, 06 Desember 2012 19:00:39

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Berdasarkan hasil Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) jumlah penduduk di Kabupaten Bojonegoro sekarang ini mencapai 1.184.000 jiwa. Angka tersebut menurun seribu dari total penduduk Bojonegoro yang mencapai 1.185.000 jiwa. Selisih tersebut diketahui setelah adanya program elektronik KTP (e-KTP), warga yang memiliki KTP ganda terdeteksi.

Hari ini Daftar agregat penduduk per kecamatan diserahkan kepada KPUD Bojonegoro untuk persiapan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2014. Penyerahan DAK2 hari ini dilakukan serentak se-Indonesia. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Bojonegoro, Suhono mengatakan, data yang diserahkan merupakan integrasi dari program E-KTP.  Sebelum Daftar Potensial Penduduk Pemilih Pemilu (DP4) dikerjakan pada 7 Februari 2013, pihaknya akan merampungkan perekaman KTP elektronik sampai akhir Desember 2013.

"Data itu yang terekam sampai 26 November, sedangkan batas akhir perekamanan massal e-KTP diperpanjang sampai 31 Desember 2012," jelasnya.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bojonegoro, Mundzar Fahman mengatakan, data yang diterima dari Dispendukcapil akan menjadi acuan untuk menyusun Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Bojonegoro.

Menurutnya, sekarang ini baru ada lima Dapil dan jumlah itu dinilai kurang proporsional. Hal ini dikarenakan perbedaan jumlah penduduk dan luas wilayah. "Sehingga perlu diadakan kajian lebih lanjut mengenai Dapil ini,"ungkap Mundzar.

Dicontohkan Dapil 4 misalnya, wilayahnya sangat luas sehingga calon legislatif akan kesulitan untuk memenuhi konstituennya demikian dengan kuota kursi. Mundzar menegaskan, akan mengusulkan tambahan jumlah Dapil menjadi tujuh. Diharapkan, jumlah kursi akan merata di masing-masing Dapil. Namun, ini semua masih sebatas usulan dan akan dibahas lebih lanjut dengan KPU tingkat Provinsi. [oel/lis]

Komentar Pembaca
  • Jumat, 07 Desember 2012 10:15:52 hajir
  • PELAYANAN TIDAK MEMUASKAN,KANTOR KECAMATAN KALITU...PETUGAS PELAYANAN UMUM BANYAK MENYEPELEKAN MASAYARAKAT,mau buat KTP / KK printernya rusak....?!

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
Redaksi
Minggu, 04 Desember 2016 22:00:13 BloKers Peduli Banjir 2016 Sukses Tahap 1, Siapkan Donasi Pasca Banjir Sukses Tahap 1, Siapkan Donasi Pasca Banjir
Aksi bersama untuk berbagi dengan korban banjir akibat luapan Bengawan Solo, tuntas digelar kemarin. Ternyata masih ada beberapa komunitas yang ingin menggelar pengumpulan dan pembagian bantuan pasca banjir. Sehingga, BloKers Peduli Banjir 2016 tetap menerima donasi sampai Jumat (9/12/2016) malam.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Sabtu, 03 Desember 2016 10:00:29 Perkuat Ideologi Kader, GP Ansor Gayam Datangkan Pengurus Wilayah Perkuat Ideologi Kader, GP Ansor Gayam Datangkan Pengurus Wilayah
Demi mempertajam dan menguatkan ideologi kader, PAC GP Ansor Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro melakukan kajian tentang kondisi ansor dan dinamika tantangan kedepan. dihadirkan sebagai pemateri tersebut M.Hasan Bisri dari Pengurus Wilayah GP Ansor Jawa Timur pada Jumat (2/12/2016) di Mushola Al Hasani Desa Cengungklung.
Info Tabloid bB
Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...