Jumlah Penduduk Ber-KTP di Bojonegoro 1.184.000
Kamis, 06 Desember 2012 19:00:39

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Berdasarkan hasil Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) jumlah penduduk di Kabupaten Bojonegoro sekarang ini mencapai 1.184.000 jiwa. Angka tersebut menurun seribu dari total penduduk Bojonegoro yang mencapai 1.185.000 jiwa. Selisih tersebut diketahui setelah adanya program elektronik KTP (e-KTP), warga yang memiliki KTP ganda terdeteksi.

Hari ini Daftar agregat penduduk per kecamatan diserahkan kepada KPUD Bojonegoro untuk persiapan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2014. Penyerahan DAK2 hari ini dilakukan serentak se-Indonesia. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Bojonegoro, Suhono mengatakan, data yang diserahkan merupakan integrasi dari program E-KTP.  Sebelum Daftar Potensial Penduduk Pemilih Pemilu (DP4) dikerjakan pada 7 Februari 2013, pihaknya akan merampungkan perekaman KTP elektronik sampai akhir Desember 2013.

"Data itu yang terekam sampai 26 November, sedangkan batas akhir perekamanan massal e-KTP diperpanjang sampai 31 Desember 2012," jelasnya.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bojonegoro, Mundzar Fahman mengatakan, data yang diterima dari Dispendukcapil akan menjadi acuan untuk menyusun Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Bojonegoro.

Menurutnya, sekarang ini baru ada lima Dapil dan jumlah itu dinilai kurang proporsional. Hal ini dikarenakan perbedaan jumlah penduduk dan luas wilayah. "Sehingga perlu diadakan kajian lebih lanjut mengenai Dapil ini,"ungkap Mundzar.

Dicontohkan Dapil 4 misalnya, wilayahnya sangat luas sehingga calon legislatif akan kesulitan untuk memenuhi konstituennya demikian dengan kuota kursi. Mundzar menegaskan, akan mengusulkan tambahan jumlah Dapil menjadi tujuh. Diharapkan, jumlah kursi akan merata di masing-masing Dapil. Namun, ini semua masih sebatas usulan dan akan dibahas lebih lanjut dengan KPU tingkat Provinsi. [oel/lis]

Komentar Pembaca
  • Jumat, 07 Desember 2012 10:15:52 hajir
  • PELAYANAN TIDAK MEMUASKAN,KANTOR KECAMATAN KALITU...PETUGAS PELAYANAN UMUM BANYAK MENYEPELEKAN MASAYARAKAT,mau buat KTP / KK printernya rusak....?!

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Rabu, 16 Maret 2016 06:28:41 Lezatnya Kuliner Kepiting Sawah
Berbicara tentang kepiting, yang muncul dipikiran Anda pasti hewan laut bercangkang keras dan banyak disajikan di warung-warung seafood tepi jalan. Namun apakah Anda pernah mencoba menu kuliner kepiting sawah atau biasa disebut yuyu?
Redaksi
Minggu, 15 Mei 2016 10:00:13 Gerakan Bojonegoro Menulis Gerakan Bojonegoro Menulis
Perkembangan ekonomi Kabupaten Bojonegoro cukup pesat. Hal itu tak lepas dari produksi minyak di Blok Cepu yang mencapai puncak 165.000 barel perhari (bph). Ladang Blok Cepu berada di wilayah selatan Bojonegoro. Industri migas itupun berdampak di bidang lain, mulai sosial, politik, pariwisata, dan pendidikan.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Sabtu, 28 Mei 2016 16:00:11 Lestarikan Budaya Islam, IPNU Kasiman Dukung Hadrah Rutinan Lestarikan Budaya Islam, IPNU Kasiman Dukung Hadrah Rutinan
Seni hadrah sudah dikenal sebagai salah satu bentuk kesenian yang menjadi bagian dalam melakukan penyebaran ajaran agama Islam. Seni inipun diketahui sudah digunakan oleh para ulama sejak jaman dahulu dalam berdakwah. Dengan melestarikan seni ini, diharapkan nilai dari ajaran Islam semakin dapat dirasakan-melalui pendekatan budaya-oleh seluruh masyarakat. Hal tersebut juga menjadi ihtiyar yang dilakukan oleh Pengurus Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PAC IPNU) Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro.
Info Tabloid bB
Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...